Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Mengembalikan WhatsApp yang Terhapus Sebelum di Backup!

WhatsApp merupakan sebuah aplikasi yang banyak digunakan di Indonesia untuk mengobrol dan saling berkomunikasi secara online. Pada aplikasi ini kita bisa dengan mudah bertukar informasi seperti pesan teks, gambar, video, dokumen, dan lain sebagainya. 

Mengingat pentingnya data yang mungkin ada pada WA maka jika kehilangan riwayat chat tanpa backup sebelumnya akan menjadi masalah tentunya. Jika kita masuk dalam kondisi dimana kehilangan riwayat chat dan tidak pernah melakukan backup sebelumnya, masih ada solusi lain untuk menanganinya. 

Seringkali, ketika chat WA tiba-tiba hilang karena disengaja atau tidak, pasti akan membuat kamu panik. Belum lagi, jika ada chat WA yang penting dan belum sempat disimpan. Salah satu solusi cepat dan mudah untuk mengembalikan pesan yang hilang yaitu dengan cara mengembalikan chat WA yang terhapus via aplikasi pencadangan.

Penggunaan Backup WhatsApp 

Sebelum memanfaatkan tools pemulihan, kamu bisa mencoba terlebih dulu mengembalikan pesan yang hilang dengan backup. Barangkali kamu sudah pernah melakukan backup sebelumnya karena fitur ini sebenarnya berjalan otomatis, dan beberapa pengguna terkadang tidak menyadarinya. 

Untuk pemakai HP Android, saat kamu ingin memulihkan chat dari backup maka bisa relogin nomor di aplikasi WA. Aktifitas ini akan memicu opsi pemulihan yang dapat dilakukan dengan menggunakan data backup yang pernah dilakukan. Memanfaatkan fitur backup bawaan dari WA merupakan salah satu cara yang direkomendasikan oleh pengembang untuk memulihkan pesan yang terhapus.

Yuk simak langkah-langkah untuk melakukan backup WhatsApp di bawah ini!

  • Langkah pertama silahkan kamu login kembali ke WhatsApp dengan nomor HP kemudian selesaikan tahap verifikasi. 
  • Lalu yang berikutnya tekan izinkan aplikasi WA untuk mengakses foto, media, file, dan lainnya sehingga data tersinkron dengan aplikasi.
  • Langkah yang terakhir akan terdapat opsi pemulihan dengan menggunakan akun Google yang terhubung di HP. Jika akun tersebut sudah sesuai, maka kita bisa melakukan pemulihan dengan tombol restore. 

Cara Restore Chat WhatsApp dengan Google Drive 

Cara restore chat WA yang sudah dihapus paling umum dan sering dipilih banyak pengguna. Semua data-data di WhatsApp kamu nantinya akan tersimpan di layanan cloud backup Google Drive.

Untuk Backup dan restore chat WhatsApp dengan Google ini terbilang cukup mudah. Namun sebelum itu, kamu perlu mengaktifkan fitur backup data di WhatsApp, Cara mengaktifkan fitur tersebut adalah sebagai berikut : 

  • Buka Aplikasi perpesanan WhatsApp pada ponsel kamu
  • Pada layar utama aplikasi, klik ikon menu (simbol titik tiga vertikal) di bagian kanan atas, kemudian pilih “Settings”
  • Pada bagian tersebut akan muncul beberapa pilihan menu, untuk restore dan backup data WA, silahkan klik menu “Chats”
  • Lalu, pilih “Chat Backup” pada tampilan layar, lalu klik kembali “Backup to Google Drive”
  • Pilihlah frekuensi backup data sesuai dengan keinginanmu, yang mana terdapat mulai dari harian (Daily), mingguan (Weekly), atau bulanan (Monthly)
  • Selain itu, kamu juga bisa memilih backup file vidio dengan catatan harus terhubung langsung ke jaringan WiFi 
  • Selanjutnya, kamu akan diminta memilih akun Google yang akan digunakan untuk backup semua riwayat chatting WhatsApp
  • Apabila langkah-langkah di atas sudah dilakukan, klik tombol “Backup” berwarna hijau untuk memulai proses backup data WA pada ponsel kamu
  • Ketika proses backup sudah selesai, hapus aplikasi WhatsApp kamu dan instal kembali
  • Buka kembali aplikasi perpesanan WhatsApp. Nantinya setelah klik tombol “Agree and Continue”, akan muncul permintaan restore semua riwayat chatting WA kamu. Lalu klik tombol “Restore” berwarna hijau
  • Apabila proses restore chat WhatsApp selesai, kamu akan menemukan semua chat WA sudah dipulihkan kembali 

Cara Restore Chat WhatsApp yang Terhapus Sebelum di Backup 

Apabila kamu dalam kondisi belum melakukan backup data pada aplikasi WA, kamu juga bisa melakukan langkah-langkah berikut ini. Kamu bisa menggunakan fitur Export Chat di aplikasi WhatsApp ponsel kamu. Berikut caranya : 

  • Pada layar utama WhatsApp, klik ikon menu (simbol titik tiga vertikal) di bagian kanan atas. Kemudian, klik pilihan menu “Settings”
  • Selanjutnya pada bagian tersebut akan muncul beberapa pilihan menu. Nah untuk mengembalikan chat WhatsApp yang sudah terhapus tanpa backup, silahkan klik menu “Chats”
  • Lalu, pilih “Chat History”, pada bagian ini klik “Export Chat”
  • Nantinya kamu akan diminta memilih percakapan WA mana yang ingin kamu simpan, baik itu chat dengan media ataupun tidak
  • Setelah itu, pilih “Save to Drive”, apabila sudah kamu lakukan, maka cek di folder Google Drive, dan akan terlihat semua isi chat WA yang sudah disimpan tadi dalam bentuk txt

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus di Android pada Pesan Lama Lewat Cadangan Lokal 

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus lama dapat diambil dari kumpulan file cadangan lokal. WA secara otomatis membuat cadangan lokal setiap hari sekitar pukul 02.00 waktu setempat dan disimpan pada memori internal dan eksternal.

Langkah yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut : 

  • Buka aplikasi pengelola file di gawai Android. Jika tidak ada aplikasi ini, kamu bisa mengunduh versi gratis di Play Store dan memasangnya di HP
  • Arahkan aplikasi pengelola file ke kartu SD dengan urutan Sdcard>WhatsApp>Databases. Jika tidak ada, mungkin file database tersimpan pada media penyimpanan internal HP
  • Ganti nama file cadangan yang ingin dipulihkan dari “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12” menjadi “msgstore.db.crypt12”. Hal tersebut dikarenakan mungkin file cadangan sebelumnya memakai ekstensi lama seperti .crypt9 atau .crypt10. Sehingga jangan ubah nomor ekstensi crypt tersebut saat mengganti nama file
  • Buka aplikasi Google Drive dan pilih “Backups”. Jika tampak file cadangan WhatsApp dengan nomor telepon kamu di dalamnya, lakukan ketuk menu tiga titik dan ketuk “Delete Backup”
  • Copot dan instal ulang aplikasi WhatsApp
  • Selama proses pengaturan akan diminta memulihkan dari file cadangan yang baru saja diedit. Ketuk “Restore” untuk memulihkan file cadangan

Cara Mengembalikan Chat WA dengan UltData WhatsApp Hacking Recovery

Aplikasi UltData WhatsApp Hacking Recovery bisa diunduh di internet secara bebas. Cara mengembalikan Chat WA yang terhapus tanpa instal ulang dapat dilakukan dengan aplikasi ini untuk Android dan IOS. Yuk simak langkah berikut ini :

  • Unduh dan pasang aplikasi UltData WhatsApp Hacking Recovery pada komputer. Koneksikan HP dengan komputer memakai kabel data
  • Di layar splash, pilih opsi perangkat dan biarkan aplikasi mencari HP secara otomatis
  • Saat terdeteksi, semua data dan lampiran WhatsApp yang dapat dipulihkan akan tampil di layar
  • Tentukan file yang ingin dipulihkan dan tekan tombol “Recovery”
  • Tunggu prosesnya, yang mungkin memakan waktu lama sampai semua file yang terhapus kembali, seperti database chat.

Tips Untuk Mencegah WhatsApp Terhapus 

Bagaimanapun juga sekalipun kamu mungkin saja masih bisa memulihkan pesan WA yang terhapus tanpa backup dengan bantuan tools recovery, mencadangkan data masih tetap dianjurkan. Hal ini sangat penting mengingat tingkat keberhasilan pemulihan tanpa backup bergantung juga pada kondisi bagaimana riwayat percakapan di WA yang hilang sebelumnya.

  • Mengaktifkan fitur pencadangan otomatis yang direkomendasikan pengembang
  • Mencadangkan pesan WA ke komputer dengan bantuan tools pemulihan
  • Memanfaatkan aplikasi untuk mencadangkan pesan WA secara Real-Time

Penutup 

Nah dari penjelasan sebelumnya, maka bisa disimpulkan bahwa cara mengembalikan chat WA yang terhapus belum di backup memang masih bisa dilakukan dengan bantuan tools recovery, tetapi kamu tetap perlu mengaktifkan fitur pencadangan untuk mencegah kehilangan datamu yang berharga. 

Apabila memang sudah terlanjur percakapan WhatsApp hilang, maka cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen tanpa dicadangkan hanya mungkin dilakukan dengan bantuan aplikasi pemulihan. Lalu untuk mengembalikan pesan WA yang terhapus tanpa backup kamu bisa gunakan chatsback yang mampu memindai data pada memori penyimpanan HP. 

Nah, itulah beberapa cara restore chat WhatsApp yang sudah terhapus, termasuk cara mengembalikan chat WhatsApp yang dihapus sebelum di backup. Semoga informasi ini dapat bermanfaat yaa!

Written by Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer