Aneh Tapi Nyata, Pohon Ini Bisa ‘Berjalan’


Dunia ini masih menyimpan segudang misteri dan keajaiban. Mulai dari berbagai penampakan hingga fenomena berbagai fenomena alam. Salah satunya seperti yang terjadi di sebuah hutan di Ekuador ini. Di dalam hutan ini tumbuh sejenis pohon yang dipercaya bisa berjalan hingga berpindah tempat.

Pohon yang dinamakan Socratea Exorrhiza ini mengembangkan akar yang kuat dan kokoh yang tumbuh tidak di dalam tanah, melainkan menjangkung keluar di atas tanah (hanya sedikit bagian yang mengakar di tanah) mirip sebuah pohon yang memiliki kaki unik. Dari tampilan uniknya itu, orang-orang kemudian mulai berkeyakinan bahwa pohon Socratea Exorrhiza memang bisa berjalan untuk menyusuri hutan.

Pohon Socratea Exorrhiza (Odditycentral)
Pohon Socratea Exorrhiza (Odditycentral)

Kisah mengenai pohon berjalan ini juga diceritakan langsung oleh pemandu wisata kepada para turis yang berkunjung selama bertahun-tahun. Hingga akhirnya cerita ini tersebar luas dan menjadi berita utama di media cetak maupun elektronik.

Dilansir dari Odditycentral, Jumat (25/12/2015), diperkirakan pohon ini bisa bergerak 2-3 cm setiap harinya dan mencapai 20 meter per tahun. Pohon tersebut bergerak dengan cara menumbuhkan akar baru di tempat yang terjangkau sinar matahari dan akar yang telah tua akan mati.

Hutan Socratea Exorrhiza (Odditycentral)
Hutan Socratea Exorrhiza (Odditycentral)

Meski begitu, banyak juga ilmuwan yang tidak mempercayai cerita jika pohon tersebut bisa bergerak ke arah matahari. Mereka mengganggap tumbuhan tidak bisa berpindah kecuali karena didorong angin. Ilmuwan juga menyebut jika pohon “berjalan” tersebut hanyalah mitos belaka. Meski begitu, pohon tersebut tetap menjadi salah satu daya tarik yang membuat banyak wisatawan berkunjung ke Ekuador. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak