Hyperion, Pohon Tertinggi di Dunia yang Jadi Berita


Sebuah pohon biasanya berukuran setinggi 20 meter, namun bagaimana jika tinggi pohon tersebut melebihi 100 meter? Baru-baru ini ditemukan sebuah pohon yang tingginya mencapai 115,5 meter. Hyperion, pohon yang terletak di Taman Nasional Redwood California berhasil menyandang predikat sebagai pohon tertinggi di dunia mengalahkan pohon tertinggi di dunia sebelumnya yang dipegang oleh California Redwood (Sequoia sempervirens). Tinggi pohon ini hanya selisih sedikit dengan Hyperion.

California Redwood (National Geographic)
California Redwood (National Geographic)

Tinggi California Redwood mencapai 112,4 meter. Pohon yang terletak di kawasan Humboldt Redwoods State Park, California ini lebih dikenal dengan nama stratosphere giant. Tingginya memiliki tinggi dua kali lipat dari patung liberty (tanpa bagian dasarnya). Bisa kamu bayangkan betapa menjulang tinggi kedua pohon tersebut.

Dilansir dari National Geographic, awalnya dua orang ahli alam yang bernama Chris Atkins dan Michael Taylor menemukan sekelompok pohon yang tumbuh menjulang sangat tinggi di Taman Nasional Redwood California. Mereka melakukan pengukuran awal menggunakan peralatan laser profesional. Mereka juga mengukurnya berdasarkan ilmu ukur sudut. Hasilnya mereka tidak cuma menemukan satu pohon melainkan tiga pohon yang lebih tinggi daripada California Redwood. Di antara semua yang tertinggi, ada sebuah pohon yang bernama Hyperion.

Ketika Atkins dan Taylor mengumumkan penemuan mereka, tim ilmuwan yang dipimpin oleh Humboldt State University, ahli ekologi yang bernama Steve Sillett melakukan pengukuran kembali. Pengukuran kembali ini dilakukan dengan tujuan agar lebih akurat. Mereka melakukan pengukuran dengan cara manual, yakni memanjat naik pohon tersebut dan menjatuhkan alat ukur.

Hyperion (crashmacduff.wordpress.com)
Hyperion (crashmacduff.wordpress.com)

Menurut Sillett, cara terbaik untuk mengukur tinggi pohon adalah dengan mendaki ke puncak pohon lalu menurunkan alat ukur langsung tanah. Ini tentu saja bukan cara yang mudah, mengingat pohon ini ukurannya melebihi 100 meter. Untuk mencapai puncak pohon, Sillett dan timnya harus menggunakan alat panah (crossbow) yang sangat kuat untuk melontarkan tali ke atas melewati cabang pohon. Mereka kemudian menggunakan tali tersebut untuk mengikat tali panjat ke pohon. Setelah siap mereka mulai memanjat dan menjatuhkan pita penanda setiap 100 meter. Hasil pengukuran mereka membuktikan bahwa pohon Hyperion mempunyai tinggi 115,5 meter.

Hyperion merupakan pohon yang ‘sangat beruntung,’ pasalnya pohon ini lolos dari penebangan liar di masa lalu. Dan dengan standar pertumbuhan pohon, Hyperion termasuk pohon yang masih muda dan bisa tumbuh. Sillet mengatakan pohon ini masih berusia 600 tahun, atau sekitar usia 20 tahun pada usia manusia.

Lokasi persis pohon tertinggi di dunia saat ini belum pernah diungkapkan. Tujuannya untuk melindungi dari wisatawan penasaran yang mungkin mencoba memanjat dan merusaknya. Wah, semoga Hyperion akan terus tumbuh menjulang tinggi JBers! (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak