Don't be Captious

Pizza Ternyata Bukan Berasal dari Italia

Pizza merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Porsinya yang besar cocok sekali dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka makan bersama. Tak ayal, pizza pun sering jadi pilihan manakala berkumpul bersama keluarga atau teman-teman.

Jika ditanya mengenai asal pizza, kebanyakan akan menjawab pizza berasal dari salah satu negara Eropa, yaitu Italia. Padahal kenyataannya bukanlah demikian. Pizza memang terkenal di Italia, namun bukan berasal dari sana. Penasaran pizza sebenarnya datang dari mana? Baca terus tulisan ini.

Asal mula pizza memang masih diperdebatkan hingga saat ini. Namun menurut penelusuran jadiBerita, asal pizza kemungkinan berasal dari tiga negara, yaitu Mesir, Yunani, dan tentu saja Italia.

Pizza (Mysticpizza)
Pizza (Mysticpizza)

Kita mulai dari yang pertama, yaitu pizza datang dari Mesir. Hal ini diungkapkan oleh Chef Endang Sunardi selaku Executive Chef Pizza Marzano di Citywalk, Sudirman, Jakarta Pusat, seperti dilansir dari Okefoodcom, Kamis (7/4/2016).

“Dulu saat di Mesir, pizza masih dibentuk sangat plain tanpa rasa. Bentuknya juga masih klasik banget, masih tradisional,” jelasnya.

Masyarakat Mesir dalam mengonsumsi roti, katanya, tanpa menggunakan ragi di dalamnya. “Kalau di Mesir, roti itu benar-benar dibentuk secara alami saja. Tujuannya, roti benar-benar dikonsumsi oleh tubuh menjadi sehat karena faktor gizi yang tinggi untuk manusia,” lanjutnya.

Pernyataan chef tersebut didukung juga oleh artikel yang terdapat di situs passion-4-pizza.com. Situs tersebut menyebutkan pizza berasal dari Mesir saat tahun-tahun sebelum Masehi, hanya saja bentuknya tidak seperti yang kita kenal sekarang, melainkan hanya roti biasa tanpa topping.

Kini kita beralih ke kemungkinan kedua, yaitu pizza berasal dari Yunani. Menurut History, pizza ditemukan di Yunani pada tahun 600 SM. Namun saat itu namanya masih belum pizza, melainkan plakous. Saat itu, plakous merupakan roti yang ditambahkan ramuan, minyak dan keju.

Pizza (Mirror)
Pizza (Mirror)

Meskipun telah diketahui kemungkinan pizza datang dari Mesir dan Yunani, masih belum diketahui bagaimana pizza bisa dibawa ke Italia. Yang jelas, pizza kemudian menjadi makanan rakyat yang populer di Italia.

Kata pizza berasal dari bahasa Italia kuno yaitu “pizzicare” yang berarti “memetik” yang mengacu pada proses pembuatan pizza yang dipetik dengan cepat dari oven. Istilah pizza kemudian diresmikan pertama kali di Gaeta, Italia, pada tahun 997 M.

Pizza sendiri telah menjadi makanan sehari-hari di Italia selama berabad-abad, tepatnya sejak Zaman Batu. Bentuk paling awal dari pizza adalah roti panggang mentah di bawah batu-batu api dan dibumbui dengan berbagai topping yang berbeda.

Namun, roti pizza dengan bentuk pipih muncul ketika orang-orang mulai menggunakan tomat sebagai topping, ketika tomat pertama kali dibawa ke Eropa pada abad ke-16. Warga di kawasan miskin dari daerah sekitar Naples terbiasa membuat pizza dengan tomat. Zaman dulu, Naples masih masuk ke Kerajaan Romawi, sehingga bisa dibilang pizza juga berasal dari Romawi.

Pada abad ke-18 hidangan pizza mendapatkan popularitas dan menjadi daya tarik wisata sehingga banyak pengunjung yang pergi ke daerah-daerah miskin kota untuk mencoba pizza lokal daerah tersebut.

Meskipun pizza merupakan makanan rakyat jelata yang lahir di pinggiran kota yang lahir di pinggiran kota Napoli, Italia bagian Utara, sekitar tahun 1720-an, makanan ini juga populer di kalangan kerajaan. Dengan alasan agar tidak mengurangi wibawa kerajaan, saat itu Ratu bahkan melarang pizza masuk istana dan melarang para bangsawan memakannya. Tapi diam-diam Raja Ferdinand I (1751-1825) justru sangat menyukainya. Sampai ia harus menyamar menjadi rakyat jelata dan diam-diam mendatangi sebuah wilayah kumuh untuk mendapatkannya.

Raja Ferdinand I (Widifdla)
Raja Ferdinand I (Widifdla)

Sedangkan pizaa yang modern dengan bentuk dan jenis toping yang umum saat ini banyak dikaitkan dengan ahli roti bernama Raffaele Esposito of Naples, yang memiliki sebuah restoran yang disebut Pizzeria di Pietro. Pada tahun 1871, ia mempersiapkan apa yang ia sebut “pizza” terutama untuk menjamu kunjungan Raja Italia Umberto I dan Ratu Margherita.

Meski masih diperdebatkan, kini kamu tahu sejarah dari pizza yang ternyata bukan berasal dari Italia. Semoga info ini bermanfaat. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...