Inilah Tipe Manusia yang Bisa Bertahan di Mars, Kamukah itu?


Mendiami planet lain bukanlah perkara mudah. Perlu orang-orang yang memiliki ciri tertentu untuk tinggal di sana. Orang-orang dengan kepribadian yang sangat khusus dan keterampilan yang relevan akan mampu melakukannya di lingkungan Mars.

Mars memang sudah lama disebut menjadi tempat yang bisa ditinggali manusia. Bahkan Badan Antariksa Amerika Serikat NASA berencana akan mengirim manusia ke Planet Merah tersebut.

Hidup di Mars akan memang sangat berbeda dibanding di Bumi. Tak seperti Bumi, Planet Mars mempunyai gravitasi yang lemah, orang akan mampu mengangkat benda berat dan obyek yang lebih besar.

Dr Jonathan Clarke, Presiden Mars Society Australia, seperti yang dikutip dari Tempo.co mengungkapkan beberapa keterampilan yang mampu membuat manusia bertahan di planet Mars.

Dr Clarke terlibat dalam misi analogâ??kegiatan yang dilakukan di bumi di berbagai lingkungan untuk mensimulasikan aspek misi manusia ke dunia lain. Misi analog pertamanya dilakukan di Australia tengah, kemudian di Utah. Dia kini akan kembali ke Utah dan Arktik Kanada.

Menurutnya orang-orang hanya akan bertahan hidup di Mars dengan tipe kepribadian tertentu. Ia mengilustrasikan tinggal di Mars dengan tinggal di ruangan sempit dengan beberapa orang di dalamnya. “Anda akan tinggal di sebuah ruang kecil, seukuran rumah dengan tiga kamar tidur kecil, dengan beberapa rekan, mungkin lima atau enam sesama astronaut,â? ujarnya, sebagaimana dikutip Dailymail, Rabu, 27 April 2016.

Tak sembarang orang bisa bertahan di lingkungan seperti itu. Kamu tak akan melaluinya sendiri, perlu orang-orang lain yang nantinya akan berakhir lebih seperti sebuah keluarga. “Anda akan membutuhkan sekelompok orang tidak hanya untuk beberapa hari atau beberapa bulan, tapi juga untuk bertahun-tahun.â? tambahnya.

alluremedia.com

Maka untuk dapat pergi ke Mars, seseorang harus mempunyai lebih dari satu keahlian. “Anda mungkin harus tahu dua atau tiga pekerjaan lain sehingga Anda bisa melakukannya dalam keadaan darurat.” Ujarnya.

Menurutnya keahlian seperti melakukan pertolongan pertama, merawat dan bisa membawa pesawat ruang angkasa ketika mendarat atau bisa mengemudikan rover, adalah salah satunya.

Tak hanya itu saja, kamu harus cerdas secara emosional. Kemampuan dalam mengatasi berbagai masalah yang muncul, bukan hanya masalah teknis, tapi juga masalah manusia, masalah sosial, dan masalah psikologis haruslah kamu kuasai.

Selain itu kamu perlu keahlian dalam memotivasi diri dan memiliki kepemimpinan yang tinggi, juga dapat bekerja sama dengan orang lain dan membiarkan mereka memimpin di bidang keahlian mereka.

Dr Clarke adalah satu dari tujuh orang di dunia yang telah dipilih untuk misi Mars 160, yang dijalankan Mars Society. â??Untuk program Mars 160, yang merupakan dua ekspedisi, saya akan menjadi ahli geologi kru,” katanya.

Ada tujuh orang yang ditetapkan untuk menjalani ekspedisi itu, termasuk insinyur, ahli biologi, wartawan, dan seorang dokter. Kelompok tersebut, menurut Dr Clarke, akan lebih seperti keluarga, teman dekat atau tim yang erat, bukannya sekelompok rekan kerja. Akan tetapi, pada saat yang sama itu akan menantang.

â??Ini akan menjadi pekerjaan yang mendorong Anda untuk membatasi, tapi akan juga waktu yang begitu memuaskan bagi orang-orang yang pergi ke sana,â? katanya.

Bagaimana denganmu, JBers? Mampukah kamu bisa bertahan di Mars?


Kalo Suka Share Dong!

745 shares

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
79
Love
OMG OMG
68
OMG
Yaelah Yaelah
102
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
11
Ngakak