Tak Cuma Mobil, Kini Diciptakan Kaca Spion Pintar


Semakin banyak saja barang-barang yang kemudian ditambah kata ‘pintar’ untuk menunjukkan kecanggihannya. Selain mobil, baru-baru ini telah diciptakan kaca spion pintar bagi pengendara sepeda motor. Kaca spion pintar itu dibuat oleh perusahaan bernama Zercado.

Zercado adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang desainer, termasuk aspek desain untuk dunia otomotif. Didirikan oleh seorang desainer yang bernama Bartosz Ambrozkiewicz, bersama dengan timnya mereka berhasil menciptakan kaca spion ‘pintar’ yang revolusioner.

Bartosz Ambrozkiewicz (PB)
Bartosz Ambrozkiewicz (PB)

Kaca spion super canggih ini tercipta atas dasar pengalaman pahit sang pendiri perusahaan. Waktu itu Bartosz mengalami kecelakaan sepeda motor yang salah satunya diakibatkan oleh daya visibilitas kaca spion yang terbatas atau sempit terhadap objek di belakang kendaraannya.

Ia menyadari bahwa kaca spion memang diciptakan sebagai salah satu fitur atau aspek keselamatan pengendara saat melakukan perjalan di lalu lintas umum. Berawal dari itu ia bersama timnya mulai meningkatkan fungsi dan sistem kerja kaca spion.

Kaca spion pintar (Motorbikewriter)
Kaca spion pintar (Motorbikewriter)

Dilansir dari situs resminya, Zercado menciptakan kaca spion dengan daya visibilitas yang tidak lagi sempit atau terbatas bahkan meskipun objek di belakang terhalang oleh tubuh pengendaranya. Singkatnya hal ini berkat teknologi yang ada pada smartphone. Sebuah alat serupa berukuran mini ini disematkan pada jaket pengendara, kemudian sensor ini mampu mendeteksi posisi pergerakan pengendaranya dan mampu menyesuaikannya.

Zecardo mengklaim bahwa permukaan kaca spion aspeherical ini efektif mengurangi blind spot dan mampu meningkatkan visibilitas objek di belakang pengendara. Kaca spion ini juga dibekali dengan lampu LED yang terintegrasi dengan lampu sein.

Kaca spion pintar (Zercado)
Kaca spion pintar (Zercado)

Sedianya unit kaca spion pintar ini akan diproduksi secara massal dalam waktu dekat. Dikabarkan banderol harganya mencapai USD 250 atau setara dengan Rp 3 jutaan.

Berikut video singkat mengenai cara kerja kaca spion ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak