Shiva Ayyadurai, Sosok Pencipta Email yang Terlupakan

Selama ini, kita mengetahui kalau penemu email adalah pria bernama Raymond Samuel Tomlinson atau Ray Tomlinson. Namun, ternyata selain Ray, ada satu pria lagi yang pantas mendapat predikat sebagai pencipta email. Pria itu adalah pria India-Amerika bernama Shiva Ayyadurai.

Shiva Ayyadurai (Edubilla)
Shiva Ayyadurai (Edubilla)

Berbeda dengan Ray yang diklaim menemukan email pada umur 30 tahun (saat itu tahun 1971), Shiva mengklaim dirinya telah menemukan email pada umur 14 tahun. Berikut adalah kisah hidup dari Shiva, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Lahir dari keluarga Tamil di Bombay, India, di umur 7 tahun dia harus pergi dari India untuk mencari kehidupan yang lebih baik di Amerika Serikat. Selama 7 tahun berada di Amerika, Shiva yang seorang siswa Livington High School di New Jersey, mulai mengerjakan sistem email untuk University of Medicine and Dentistry of New Jersey. Kala itu, tugasnya hanyalah meniru sistem surat menyurat yang masih berbasis dokumen kertas menjadi sebuah software.

Shiva Ayyadurai (Mensxp)
Shiva Ayyadurai (Mensxp)

Sebuah sistem tersebut dia sebut sebagai ‘EMAIL.’ Sistem surat-menyurat antar kantor juga diubahnya menjadi digital, lengkap dengan fitur Inbox, Outbox Folder, Memo, Attachment terinspirasi dari lampiran yang dijepit dengan penjepit kertas, serta Address Book. Fitur ini juga masih dipakai hingga saat ini.

Setelah itu, dia membuat sebuah versi elektronik dari sistem ini, dengan lebih dari 50 ribu kode yang dia tulis. Dengan ini dia berhasil untuk mereplikasi sistem surat menyurat antar kantor secara elektronik.

Hak paten Shiva Ayyadurai untuk email temuannya (Mensxp)
Hak paten Shiva Ayyadurai untuk email temuannya (Mensxp)

Pada tanggal 30 Agustus 1982, Pemerintah Amerika Serikat secara resmi memperkenalkan Shiva Ayyadurai sebagai penemu email, dengan memberinya US Copyright untuk Email, dari penemuannya tahun 1978 tersebut. Meski demikian, namanya sudah dilupakan orang saat ini. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Mengintip 5 Dapur Rekaman Paling Legendaris di Dunia

Diciptakan Teknologi Cinema 3D, Nonton Film 3 Dimensi Tanpa Kacamata