Terungkap, Ternyata Ada Teks Proklamasi Versi Sumatera

Teks Proklamasi yang dibaca oleh Presiden Pertama RI sudah sering terdengar di telinga kita, apalagi jika ada momen seperti HUT RI kemarin. Selain teks yang biasa kita dengar itu, ternyata ada teks proklamasi lainnya yang mungkin belum kamu tahu. Teks proklamasi itu adalah teks versi Sumatera. Bagaimana sejarahnya? Berikut ini sejarahnya seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Kaum Republiken di Padang, dimotori kaum muda dan laskar yang tergabung dalam Balai Penerangan Pemuda Indonesia (BPPI) serta Komite Nasional Indonesia (KNI) mendesak seorang pendidik terkemuka, Moehammad Sjafeâ??i, untuk membacakan naskah Proklamasi yang dibacakan Sukarno pada 17 Agustus 1945.

Mohammad Sjafei (Babatpost)
Mohammad Sjafe’i (Babatpost)

Menariknya, Sjafeâ??i, pendiri dan kepala sekolah Indonesisch Nederlansche School (INS) Kayu Tanam itu, tidak hanya membacakan naskah Proklamasi namun memberi tambahan naskah sebagai bentuk dukungan dari Sumatera.

Sejarawan Audrey Kahin menyebut, tanggal 29 Agustus 1945 atas nama rakyat Sumatera, Sjafeâ??i mengeluarkan pernyataan umum menerima kemerdekaan Indonesia dengan menambah bumbu-bumbu penegas rasa kemerdekaan tersebut.

Audrey Kahin (Aifis)
Audrey Kahin (Aifis)

Ketua Umum DHD 45 Sumatera Barat Zulwadi Dt Bagindo Kali mengatakan, pembacaan proklamasi secara resmi yang dilakukan Sjafeâ??i pada 29 Agustus 1945 merupakan pertama kali di Sumatera Barat, bahkan Sumatera.

â??Atas prakarsa para pemimpin, Sjafeâ??i pertama kali membacakan teks Proklamasi di rumah dr. Rasyiddin di Padangpanjang,â? tulis sejarawan Mestika Zed dalam bukunya yang berjudul “Sejarah Perjuangan Kemerdekaan 1945-1949 di Kota Padang dan Sekitarnya”. Pengumuman tersebut kemudian dicetak di Percetakan Nusantara Bukittinggi, milik bankir dan tokoh pergerakan Anwar Sutan Saidi.

Mestika Zed (Twitter)
Mestika Zed (Twitter)

Berikut naskah Proklamasi dan penegasan dukungan Sumatera yang diberi label â??Permakluman Kemerdekaan Indonesiaâ? tersebut. Yang dicetak tebal merupakan tambahan untuk versi Sumatera.

PERMAKLOEMAN KEMERDEKAAN INDONESIA

Mengikoeti dan mengoeatkan pernjataan kemerdekaan Indonesia oleh Bangsa Indonesia seperti PROKLAMASI pemimpin2 besar kita SOEKARNO-HATTA atas nama Bangsa Indonesia seperti berikoet:

PROKLAMASI

Kami Bangsa Indonesia dengan ini menjatakan

KEMERDEKAAN INDONESIA

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan dan lain2 diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat2nya.

Djakarta 17 boelan 8 tahoen 1945

Atas nama Bangsa Indonesia

Soekarno-Hatta

Maka kami Bangsa Indonesia di Soematera dengan ini mengakoei Kemerdekaan Indonesia seperti dimaksoed dalam Proklamasi di atas dan mendjoendjoeng keagoengan kedoea pemimpin Indonesia itoe.

Boekittinggi hari 29 bl 8 th 1945

Atas nama Bangsa Indonesia di Soematera

Moehammad Sjafei

(tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Fakta-fakta Unik Usain Bolt, Manusia Tercepat Sejagat

Lawakan Super Ajaib, Meme Humor Receh Ini Siap Buatmu Ngakak Cekikikan