Batu Terbesar di Dunia Ada di Indonesia


Berbicara tentang batu, ada banyak batu yang tersebar di dunia ini. Beberapa diklaim menjadi yang terbesar di dunia. Selama ini, banyak mengenal batu terbesar di dunia adalah Ayers Rock yang berada di Australia. Faktanya, batu terbesar di dunia rupanya ada di Indonesia. Batu ini bernama Bukit Kelam di Sintang, Kalimantan Barat.

Pemandangan Bukit Kelam (Kaskus)
Pemandangan Bukit Kelam (Kaskus)

Bukit Kelam memiliki tinggi 1.002 meter, jauh lebih tinggi dari Ayers Rock yang hanya memiliki tinggi 863 meter. Sayangnya, Bukit Kelam masih tidak diakui dunia sebagai batu terbesar di dunia.

Ayers Rock (Kaskus)
Ayers Rock (Kaskus)

Dilansir dari Detikcom, Selasa (23/8/2016), hampir keseluruhan bukit tersebut terdiri dari batu, membuatnya begitu unik sekaligus misterius. Menurut legenda yang beredar, Bukit Kelam adalah batu yang di angkat oleh pemuda Dayak bernama Bujang Beji yang ingin menutup Sungai Melawi dengan Sungai Kapuas. Tapi niatnya gagal setelah digoda oleh bidadari sehingga dia terperosok ke dalam lubang dan batu ini dibiarkan saja sampai sekarang.

Tugu Bujang Beji (Myblogfirstme)
Tugu Bujang Beji (Myblogfirstme)

Ada juga yang mengatakan bahwa Bukit Kelam adalah meteor yang jatuh ke bumi pada masa lalu. Sehingga banyak peneliti dari luar yang datang untuk meneliti bukit ini. Mungkin penjelasan itu muncul setelah melihat bentuk bukit yang lebih tampak menyerupai batu raksasa.

Bukit Kelam (Kaskus)
Bukit Kelam (Kaskus)

Terlepas dari segala mitos dan kisah misteri, tidak sedikit traveler yang naik ke puncak Bukit Kelam. Dalam perjalanan menuju puncak, traveler akan disuguhi pemandangan indah khas hutan Kalimantan. Bahkan ada beberapa pohon yang langka. Dari atas puncak bukit ini, terlihat Sintang dan hutan yang terhampar luas.

Mari kita berharap nantinya Bukit Kelam bisa diakui dunia sebagai batu terbesar di dunia. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak