Hindari Perpeloncoan, Kampus Ini Minta Mahasiswa Baru Bikin Robot


Masa orientasi siswa atau mahasiswa baru, kerap menjadi ajang untuk memperolok para junior dengan memberikan beragam tugas aneh. Perpeloncoan seolah-olah menjadi hal wajib untuk membina mental, sehingga kerap menciptakan aksi kekerasan. Mengantisipasi hal ini, pemerintah sudah mengeluarkan serangkaian larangan.

Untuk tingkat perguruan tinggi, ada Peraturan Dirjen Dikti Nomor 274 Tahun 2014, yang melarang mahasiswa menjadi ketua panitia. Sementara untuk tingkat sekolah, melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Salah satu kampus yang patuh pada peraturan itu adalah Sekolah Tinggi Teknik Surabaya. Meski tetap mengadakan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau dikenal dengan Ospek, namun Ospek di kampus ini bisa dibilang unik dan kreatif. Pasalnya, perguruan tinggi ini meminta para mahasiswa barunya membuat robot.

Ketua Panitia Ospek di STTS, Bryan Rega Zuhdi mengatakan, kegiatan itu dipilih untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa baru untuk bebas berkreasi. Sebab, robot itu bisa dibuat dengan beragam bahan sederhana.

Para mahasiswa baru STTS membuat robot sederhana (Biangnews)
Para mahasiswa baru STTS membuat robot sederhana (Biangnews)

â??Bahan-bahannya cukup sederhana, dan barangkali ada di sekitar kita, misalnya kayu, bambu, dan styrofoam,â? kata Bryan di Surabaya, seperti dikutip dari Vivacoid, Kamis (25/8/2016).

Setelah berhasil merakit robot, mereka harus mengikutsertakan karya itu dalam lomba yang diadakan panitia. Ada beberapa kriteria yang menjadi bahan pertimbangan dewan juri. Di antaranya kompleksitas mekanisme, kecepatan gerakan, dan keunikan rancangan.

Bryan melanjutkan, kegiatan semacam itu sudah berjalan selama 16 tahun di kampusnya. Tujuannya, untuk menciptakan iklim Ospek yang berbeda, dan jauh dari kesan negatif. â??Responnya dari mahasiswa baru juga positif, karena mereka bisa mengembangkan kreatifitasnya, serta masih berkaitan dengan kegiatan perkuliahan mereka nanti.â?

Kapan kampus lain akan menyusul kegiatan Ospek yang positif seperti STTS ini? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak