Ternyata Nama Indonesia Digunakan Ilmuwan sebagai Rumus


Negara Indonesia yang kita tinggali ini merupakan negara kepulauan dengan beragam budaya dan bahasa. Keberagaman ini membuat Indonesia jadi unik di mata dunia. Rupanya, keunikan Indonesia ini membuat para ilmuwan menjadikan Indonesia sebagai nama rumus.

Rumus itu dikenal sebagai Rumus Indonesia atau Poupon-Leveaux. Sesuai namanya, rumus ini diciptakan oleh Poupon dan Leveaux. Nama Indonesia yang disematkan ke dalam rumus ini disebabkan dua ilmuwan ini sedang mengolah data lapangan yang berasal dari Indonesia pada kasus pencarian minyak bumi.

Tanah Indonesia (Invonesia)
Tanah Indonesia (Invonesia)

Diketahui bahwa struktur kantong minyak bumi di Indonesia sangat berbeda dengan kantong minyak bumi di belahan dunia lainnya. Berdasarkan data yang diolah oleh dua ilmuwan itu, kantong minyak Indonesia lebih banyak mengandung air dan pasir-pasir bekas pengendapan dari lumpur, serta tanah liat yang telah mengalami pembekuan (menjadi keras).

Penasaran seperti apa rumus Indonesia ini? Coba lihat rumusnya berikut ini.

Rumus Indonesia (Petrowiki)
Rumus Indonesia (Petrowiki)

Dilansir dari Petrowiki, Senin (12/9/2016), rumus di atas digunakan sebagai rumus ‘water saturation determination’, yaitu rumus untuk mengetahui tingkat saturasi air.

Dari banyak rumus yang sekaliber dengan rumus Indonesia, rumus Indonesia sangat berlawanan dengan yang lainnya, dikarenakan rumus Indonesia tidak didasari oleh Konsep Resistor Paralel (Series Conductors) dan tidak memiliki dasar fisika yang kuat. Namun, dasar dari rumus ini langsung melakukan pengukuran pada parameter yang berkaitan. Banyak dari ilmuwan mengatakan bahwa rumus Indonesia merupakan rumus kedua setelah rumus yang dirumuskan oleh Archie.

Kini kamu tahu kalau Indonesia juga digunakan sebagai nama rumus. Kita patut bangga, meskipun rumusnya sendiri terlihat rumit bagi orang awam. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak