Ajaib, Ada Sungai Panas dan Dingin di Sumatera Utara


Wisata alam memang sudah mulai populer di kalangan masyarakat. Terutama karena udara di sekitar masih asri dan dingin. Apalagi jika ada sungai dan air terjun, pastilah sangat diminati.

Umumnya, air sungai berasa dingin karena langsung mengalir dari pegunungan. Ada juga aliran air yang terasa panas, karena berada di sekitar kawah gunung berapi. Tapi di salah satu sungai Indonesia memiliki aliran air panas dan dingin sekaligus. Dimana itu?

Aliran sungai panas dan dingin ini berada di Negeri Suah, Deli Serdang, Sumatera Utara. Namanya adalah Sungai Dua Rasa. Sungai ini adalah sungai paling unik di Indonesia, karena pada satu bagian bersuhu panas, sementara satunya lagi bersuhu dingin walau berada di satu sungai.

Sungai Dua Rasa (Tabloidimaji)
Sungai Dua Rasa (Tabloidimaji)

Roha, penduduk, menuturkan air sungai dengan dua suhu ini berasal dari dua sumber air terjun yang berbeda suhu. Suhu panas berasal dari Air Terjun Sampuren Putih dan yang bersuhu dingin dari Sungai Lau Suruway.

Karena arus yang mengalir ke Sungai Dua Rasa memiliki dua suhu, wisatawan bisa meletakkan kaki kiri di arus air dingin dan kaki kanan di arus yang panas. Atau, mereka dapat membaringkan tubuh di antara dua arus tersebut, sensasi hangat dan dingin dari air akan membuat tubuh merinding.

“Jika wisatasan ingin merasakan air setelah dua aliran itu bersatu, berendamlah di aliran yang sedikit jauh dari dua aliran air tersebut, maka air yang dirasakan sudah berubah lagi, yakni tidak panas dan tidak dingin,” katanya seperti dikutip dari Tribunnewscom, Senin (10/10/2016).

Mengendarai sepeda motor atau mobil, wisata ini sedikit sulit untuk dijumpai, rambu-rambu penunjuk jalan menuju lokasi wisata belum terpampang jelas. Pengunjung harus bertanya kepada warga-warga agar tidak tersesat, ditambah lagi dengan kondisi jalan yang kurang mulus.

â??Saat ini memang kurang promosi, plang-plang di jalan untuk menuju kesini juga belum ada makanya agak susah nyari tempat ini,â? ungkap Jhon Ginting, sang pengelola wisata Sungai Dua Rasa.

Sungai Dua Rasa (Tribunnews)
Sungai Dua Rasa (Tribunnews)

Untuk masuk ke lokasi tersebut pengunjung akan dikenakan retribusi kebersihan sebesar Rp 2.000. Fasilitas seperti tempat makan dan kamar mandi telah tersedia di tempat ini. Tempat ini berjarak sekitar 50 km dari Medan dengan waktu sekitar lebih kurang 2 jam via Patumbak atau via Bandar Baru, atau 45 menit dari kecamatan Sibolangit.

Sungai Dua Rasa dapat ditempuh dengan berkendara pribadi, baik mobil atau motor dengan melewati kurang lebih 3 desa dengan kondisi jalan menuju kesana sudah cukup baik. Bagi yang menggunakan kendaraan umum, kamu harus naik angkutan dari Simpang Bukum, Bandar Baru ke jurusan Desa Suka Maju dengan waktu kurang lebih setengah jam.

Setelah tiba di Desa Cinta Rakyat, wisatawan bisa berhenti dan berjalan kaki menuju Desa Negeri Suah. Sebab, angkutan tidak bisa lewat, mengingat akses menuju Negeri Suah sangat kecil dan belum beraspal alias tanah yang licin. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak