Samsung Galaxy Z Flip 6 Menjalani Uji Ketahanan Ekstrim, Bagaimana Hasilnya?

Samsung resmi meluncurkan ponsel lipat terbarunya. Samsung Galaxy Z Flip 6 kini sudah membuka preorder, membawa sejumlah peningkatan yang sudah lama diinginkan oleh pengguna, seperti kapasitas baterai yang lebih baik.

Galaxy Z Flip 6 juga telah melewati ujian ketahanan dari JerryRigEverything, membuktikan bahwa Galaxy Z Flip 6 adalah salah satu ponsel lipat paling tangguh yang bisa kamu temukan. Ini bukan omong kosong, terutama setelah melihat berbagai tes berat yang harus dilalui oleh ponsel ini.

Ketangguhan Galaxy Z Flip 6 diuji

Video tersebut dimulai dengan menyoroti sedikit perbedaan desain antara Galaxy Z Flip 6 dan Galaxy Z Flip 5, terutama jika dibandingkan dengan model yang lebih besar (yang mengalami perubahan desain paling signifikan). Pada ponsel lipat model clamshell baru ini, terdapat lipatan yang kurang terlihat, desain lebih kotak di tepi luar, dan empat lubang mikrofon di bagian atas, bukan tiga.

Setelah itu, Zack dari JerryRigEverything mulai melakukan berbagai uji ketahanan yang kejam pada ponsel ini, yang tentu saja, ponsel ini tidak bisa membela dirinya. Ujian pertama adalah tes gores pada layar; kita sudah tahu bahwa layar utama pada ponsel lipat tidak terlalu tahan gores. Galaxy Z Flip 6 menunjukkan goresan yang terlihat pada level 2 dan terasa dengan jari pada level 3. Di sini, hasilnya sama dengan generasi sebelumnya.

Perbedaannya ada pada layar eksternal 3,4 inci. Goresan mulai terlihat pada level 6 dan terasa dengan jari pada level 7. Semua ini berkat lapisan Corning Gorilla Glass Victus 2, yang juga digunakan oleh ponsel flagship dari produsen lain.

Untuk ketahanan terhadap debu, tes dilakukan dengan cara ekstrem. Zack menutupi perangkat ini dengan pasir, termasuk bagian engselnya. Hasilnya, mekanisme ponsel ini tetap berfungsi dengan baik, meskipun engselnya mengeluarkan suara saat dilipat. Tapi tenang saja, ini bukan situasi penggunaan sehari-hari, jadi tidak perlu khawatir.

Kamera juga sangat tahan lama dan tidak akan rusak dengan penggunaan sehari-hari. Tes pembakaran menunjukkan bahwa layar dalam bisa bertahan selama 14 detik sebelum menunjukkan tanda-tanda kerusakan (meski tetap berfungsi dengan baik).

Galaxy Z Flip 6 menunjukkan ketangguhannya saat diuji lipat. Pada semua tes, ponsel ini tidak bisa dipatahkan menjadi dua: layar dan engselnya tidak mengalami kerusakan sama sekali.

Jadi, kesimpulannya, ini adalah ponsel yang tangguh dan akan bertahan untuk penggunaan sehari-hari tanpa masalah. Jadi, kamu tidak perlu ragu tentang daya tahannya jika berencana untuk membeli satu.

Written by Tantri Widya

Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.