Superhero kostum merah (Fotojet)

Ada berapa banyak superhero buatan Marvel atau DC yang kamu tahu? Mungkin lumayan banyak, atau mungkin baru sebagian saja. Namun seberapa banyak dari kamu yang sadar bahwa kebanyakan superhero itu memakai kostum berwarna merah?

Sebut saja Spider-Man, Captain America, dan Iron Man dari komik Marvels. Lalu, dari film yang baru-baru ini rilis, “Justice League”, juga menampilkan kelompok superhero dari komik DC dengan sematan warna merah di tubuhnya, seperti The Flash atau Wonder Woman. Ada apa sebenarnya dengan warna merah sehingga sering digunakan sebagai kostum superhero?

The Flash (Metro)

Ternyata, pemilihan warna merah ini bukan kebetulan semata. Makna soal warna bisa dipelajari melalui psikologi warna. Merah menggambarkan banyak hal, mulai dari kemarahan, gairah, keinginan, kegembiraan, energi, kecepatan, kekuatan, kekuasaan, panas, cinta, agresi, bahaya, api, darah, perang, hingga kekerasan.

Penjelasan senada ada dalam buku “More Alive with Color” karya Leatrice Eiseman yang menyebutkan bahwa merah berarti kuat, berani, percaya diri, dan gairah. Lagi-lagi, ia menjelaskan bahwa merah menggambarkan banyak makna, mulai dari cinta hingga kekerasan perang. Barangkali itulah yang menjadi sebab pilihan kostum para pahlawan super jatuh pada nuansa merah, karena kebanyakan superhero memiliki sifat yang berani dan nggak kenal takut.

Spider-Man (Theverge)

Penggunaan warna merah pada kostum superhero kekinian juga sebenarnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan fashion. Selain psikologi warna yang sudah diceritakan di atas, di dunia fashion, merah dianggap sebagai simbol keberanian, perasaan penuh semangat, juga percaya diri. Bahkan, warna itu dinilai dapat menonjolkan karakter.

Sebelum tokoh-tokoh fiksi itu dibuat, nyatanya warna merah sudah dipakai lebih dulu sebagai pakaian para petarung di masa Romawi Kuno. Bahkan, dekorasi berwarna merah juga merupakan dekorasi dari arena gladiator pada masa itu.

Ilustrasi petarung Romawi kuno (Kaskus)

Selain menunjukkan keberanian, merah rupanya juga menyiratkan kemewahan. Masih pada zaman itu, pakaian, hiasan rambut, aksesori, dan riasan mewah biasanya memakai warna tersebut. Kisah itu diceritakan oleh sejarawan abad pertengahan Michel Pastoreau dalam buku “Red The History of Color” terbitan Princeton University Press.

Penggunaan warna merah yang dinilai terlalu berani sebenarnya terjadi karena warna-warna seperti hitam, silver, atau putih sudah dianggap terlalu klasik. Lagi pula, penggunaan warna merah lagi-lagi dijadikan cara untuk menonjolkan karakter. Penggunaan aksesori atau riasan sekalipun yang memakai warna merah biasanya bertujuan untuk menegaskan sesuatu atau menjadi pembeda.

Meskipun nggak ada penjelasan resmi terkait pemilihan kostum para superhero yang berwarna merah, paling nggak penjelasan di atas sudah bisa dijadikan alasan yang kuat kenapa banyak superhero berkostum merah. Bagaimana menurut kamu? (tom)