Indonesia tak hanya mempunyai pantai-pantai cantik dan gunung-gunung indah saja, tapi ada sungai yang mengalir luas. Namun sayang, kini hampir sulit menemukan sungai yang masih bening dan asri, apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta.

Hampir semua sungai di kota-kota besar sudah berubah warna. Bukan hanya itu, sungai-sungai pun sudah mengeluarkan bau yang amat tidak sedap karena menjadi tempat pembuangan limbah.

Namun tidak dengan sungai yang ada di Desa Sawai, Kecamatan Seram Utara, Pulau Seram, Maluku Tengah ini. Meski sungai tersebut melintasi perkampungan dan dipakai untuk kegiatan sehari-hari seperti mencuci, mandi bahkan bermain air untuk anak-anak, nyatanya sungai ini tetap jernih dan segar.

goresanjingga.wordpress.com
goresanjingga.wordpress.com

Namanya Air Asinahu Sawai. Sungai ini mendadak ramai diperbincangkan setelah diposting melalui media sosial beberapa waktu lalu. Keindahan dan jernihnya air yang mengalir dengan aktifitas masyarakat yang mandi maupun mencuci pakaian seakan hanyalah hasil editan saja. Padahal ini nyata adanya, lho!

lihat.co.id
lihat.co.id

Pinggiran sungai dilapisi oleh keramik berwarna biru, sehingga terlihat lebih asri dan tampak seperti tempat wisata. Penduduk setempat yang rata-rata adalah nelayan tahu bagaimana menjaga lingkungan agar tetap terjaga indah dan sehat. Tak heran jika sungai unik ini dijuluki sungai terjenih di Indonesia.

newshub.id
newshub.id

Uniknya, air yang mengalir di sungai ini, bersumber dari bebatuan yang ada di bawah tebing dan berbatasan dengan hutan. Sungai ini lokasinya memang berbatasan langsung dengan rumah warga Desa Sawai sehingga menambah keindahannya. Sekilas, tempat ini pun mempunyai penampilan yang mirip dengan suasana di Venezia Itali.

newshub.id
newshub.id

Tertarik berkunjung ke sana? Kalau berkunjung ke Maluku jangan lewatkan wisata satu ini. Ada banyak penginapan dengan harga mulai dari Rp250.000 saja di sekitar lokasi. Yuk, jelajahi alam Indonesia!