Mengenal Laszlo Biro si Penemu Pulpen Modern Pertama di Dunia


Benda bernama pulpen atau bolpoin sudah digunakan di seluruh dunia. Tanpa adanya benda tersebut, kita jadi kesulitan untuk menulis. Orang yang berjasa menemukan pulpen itu adalah Laszlo Biro.

Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, Ladislao Jose Biro, atau biasa disebut Laszlo Biro, lahir pada 29 September 1899 di Budapest, Hongaria. Dia adalah penemu pulpen (ballpoint) modern. Produksi pulpen pertamanya ditampilkan pada suatu pameran internasional di Budapest, Hongaria pada tahun 1931.

Laszlo Biro (Alchetron)
Laszlo Biro (Alchetron)

Ciptaan ini dipatenkan di Paris pada tahun 1938. Biro memperhatikan bahwa tinta yang digunakan dalam percetakan surat kabar mengering dengan cepat dan tidak meninggalkan noda pada kertasnya. Kesulitan-kesulitan lain saat menggunakan pena untuk mengoreksi naskah-naskah yang ditulis pada kertas tipis antara lain tinta yang melebar, tumpah atau kertas yang sobek karena sabetan pena yang cukup tajam.

Bersama saudara lelakinya George, seorang kimiawan, dia mengembangkan ujung pen yang baru yang terdiri dari sebuah bola yang dapat berputar dengan bebas pada sebuah lubang. Saat berputar, bola tersebut akan mengambil tinta dari sebuah cartridge, tinta membasahi bola kecil yang mengalir secara kapiler dan dengan bantuan gravitasi, dan kemudian menggelinding untuk melekatkannya pada kertas.

Karena benda temuannya itu menggunakan bola (ball), maka dari itu disebut Ballpoint Pen, atau bahasa Indonesianya Bolpoin alias pulpen. Rancangan ini kemudian dipatenkan di Argentina pada 10 Juni 1943 dan dijual dengan merek Birome, yang masih bertahan hingga saat ini. Awalnya, alat tulis yang menggunakan tinta adalah pena dan tinta yang digunakan terpisah.

Laszlo Biro (The Scottish Sun)
Laszlo Biro (The Scottish Sun)

Berbagai model dan bentuk, banyak dibuat kala itu. Namun, model yang paling memuaskan adalah karya Laszlo Biro. Pulpen pernah sangat populer di Inggris terutama selama Perang Dunia II (1939-1940) yang kala itu banyak disukai para pilot tempur karena tidak bocor saat dibawa terbang.

Laszlo Biro meninggal pada tanggal 24 November 1985 di Buenos Aires, Argentina, pada umur 86 tahun. Meski demikian, temuannya masih digunakan hingga sekarang dan akan tetap abadi. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
51
Love
OMG OMG
41
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
61
Keren Nih
Ngakak Ngakak
91
Ngakak