Salut, Pria Ini Mampu Panjat Tebing Meski Lumpuh dan Pakai Kursi Roda

Seorang pria berusia 33 tahun baru-baru ini mendapat acungan jempol dari publik Tiongkok. Pria bernama Lai Chi Wai itu berhasil memanjat tebing setinggi 1.624 kaki atau 500 meter di Hongkong meski lumpuh dan harus menggunakan kursi roda.

Pada 9 Desember 2011 lalu, pemanjat handal Lai Chi-wai mengalami kecelakaan sepeda motor yang membuatnya lumpuh. Namun, kejadian itu tak membuatnya putus semangat untuk terus melakukan hobi memanjatnya.

Lai Chi-wai (Odditycentral)

Lai Chi-wai pernah menjuarai empat kali dari pertandingan kejuaraan Panjat Tebing se-Asia. Lima tahun yang lalu, karir atletiknya begitu menjanjikan, tetapi takdir berkata lain, kecelakaan sepeda motor telah membuat impian Lai hancur.

“Ketika saya bangun, saya sudah berada di rumah sakit dan telah dioperasi. Staf mengatakan kepada saya, saya lumpuh dari pinggang ke bawah dan akan berada di kursi roda seumur hidup saya,” ujar Lai, seperti dikutip dari Odditycentral, Senin (19/12/2016).

Keluarga dan teman-temannya menganggap kecelakaan tragis itu tidak bisa membuat Lai untuk melakukan panjat tebing lagi. Namun, Lai Chi-wai tidak siap untuk menyerah.

Setelah pulih dari kecelakaan itu, ia memilih olahraga tinju dengan masih menggunakan kursi roda, olahraga yang menurutnya dapat meningkatkan fokus mental dan kebugaran fisiknya yang lumpuh dan meningkatkan kepercayaan diri, tetapi ia juga terus berlatih dengan teman-teman lamanya sesama pendaki gunung.

Lai Chi-wai (Odditycentral)

Pada 2014, ia bersumpah untuk mendaki tebing Lion Rock di Hong Kong yang memiliki ketinggian 495 meter. Tentunya kali inimenggunakan kursi roda. Sumpahnya itu menimbulkan kekhawatiran teman-temannya, karena belum pernah dilakukan sebelumnya. Tapi akhirya mereka mendukung keputusan Lai. Dan pada tanggal 9 Desember 2016, Lai Chi-wai memenuhi janjinya dan menjadi orang lumpuh pertama yang mendaki tebing Lion Rock.

“Saya sudah memenuhi tujuan saya. Saya bilang saya akan me anjat Lion Rock, dan saya sudah melakukannya sekarang! Di tengah malam pada tanggal 9 Desember 2011, saya mengalami kecelakaan lalu lintas dan harus menjalani serangkaian operasi darurat. Lima tahun kemudian, saya naik ke puncak Lion Rock! Sekali lagi, saya duduk di puncak gunung,” tulisnya di akun Facebook miliknya.

Lai Chi-wai (Odditycentral)

Berkat tekadnya yang kokoh, banyak netizen yang dibuat berdecak kagum atas prestasi Lai Chi-wai. Mereka mengatakan bahwa Lai melambangkan pemuda Hong Kong yang memiliki semangat dalam menghadapi kesulitan, bahkan ia juga mendapat pujian dari para ahli panjat tebing. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Lagu Terbaik Dialog Dini Hari yang Bikin Kamu Adem

Restoran Canggih Masa Depan, Tak Perlu Pelayan dan Kasir