Selain Mirip Yuan, Rupiah Baru Juga Serupa dengan Mata Uang 5 Negara Ini


Republika.com

Bank Indonesia (BI) secara resmi meluncurkan uang rupiah baru dengan tahun emisi 2016. Uang rupiah baru tersebut terdiri dari tujuh pecahan uang rupiah baru berbentuk kertas dan empat pecahan uang rupiah logam.

Uang rupiah kertas yang diterbitkan terdiri dari nilai nominal Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sedangkan uang rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200 dan Rp 100. Seperti diketahui, uang rupiah baru ini menampilkan 12 gambar pahlawan nasional.

Netizen ramai membicarakan desain dan warna uang rupiah baru yang mirip dengan mata uang China, yuan. Padahal jika kamu teliti, desain mata uang rupiah baru ini bukan hanya mirip Yuan, tapi mirip beberapa mata uang di negara lainnya. Bahkan, disinyalir mata uang Indonesia lebih bagus karena menunjukan keberagaman sebagai mana ciri khas negara Indonesia.

Tak percaya? Ini 5 mata uang negara yang mirip dengan Indonesia. Yuk mulai cintai rupiah!

Dolar Kanada.

Twitter

Sejak tahun 1858, dolar Kanada menjadi mata uang resmi negara ini untuk menggantikan Pound Kanada. Mata uang ini setiap satu-satunya dibagi menjadi 100 sen Kanada. Mata uang ini terbagi menjadi $5, $10, $20, $50, $100. Dolar Kanada memiliki simbol berupa hewan atau tumbuhan dunia dan potret tokoh-tokoh Kanada di bagian depan.

Peso, Filipina.

billyjawboiles.wordpress.com
uangindonesia.com

Sama seperti mata uang lainnya, peso juga memiliki simbol atau lambang uang yang biasanya ditulis di depan sebuah numerik sebagai tanda bahwa angka tersebut merupakan harga atau sejumlah uang dalam satuan peso, seperti misalnya ?100.

Baht, Thailand.

dreamstime.com

Baht dulunya bernama Siam. Sama seperti mata uang negara lainnya di dunia, baht juga mempunyai simbol atau lambang yang biasanya ditulis di depan nominal angkanya, yakni karakter khusus ?. Jika rupiah masing-masing nominal terdapat gambar wajah Pahlawan yang berbeda, sedangkan baht pada salah satu sisinya hanya bergambar Raja Bhumibol Adulyadej untuk semua nominal

Shekel, Israel.

Twitter

Shekel merupakan mata uang resmi yang tidak hanya digunakan untuk transaksi jual dan beli di negara Israel saja, tapi juga di Teritori Palestina. Melansir dari uangindonesia.com, bangsa Israel mempunyai huruf atau font sendiri untuk menuliskan nama mata uangnya. Sementara itu, simbol mata uang shekel baru Israel adalah ?. Lambang ini terbentuk dari huruf awal kata shekel dalam huruf Ibrani (?) dan ?adash (?). Hasilnya terlihat sangat unik memang.

Euro.

liputan6

Masyarakat Indonesia patut bangga dengan rupiah. Apalagi rupiah termasuk daftar 15 uang terkeren di dunia. Indonesia memiliki desain uang kertas terbaik, lho. DIberitakan Liputan6.com, Penasihat Senior Bidang Ekonomi Bursa Efek Indonesia (BEI) Poltak Hotradero menyebut jika rupiah hampir mirip dengan Euro, tapi lebih keren. Menuruti dia, euro tidak pernah ada gambar orang, melainkan gambar gapura dan jembatan saja.

Nah, sekarang tidak perlu ada perdebatan lagi kalau Rupiah mirip Yuan saja, ya JBers.

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak