Keren, Korea Ciptakan Robot Raksasa yang Bisa Dikendarai Manusia

Hutomo Dwi

Kamu pernah bermimpi untuk bisa mengendarai robot raksasa ala film “Pacific Rim”? Mimpi kamu itu akan terwujud, meskipun sedikit berbeda dengan filmnya.

Sebuah perusahaan robot asal Korea Selatan, yaitu Hankook Mirae Technology, baru-baru ini mendemonstrasikan robot barunya yang bisa dikendarai oleh manusia layaknya di film fiksi ilmiah. Robot bernama METHOD-2 tersebut mirip dengan robot yang ada di film “Avatar” dan hadir lengkap dengan bagian kokpit, kaki, dan tangan.

METHOD-2 (Reuters)

Dilansir dari Engadget, Jumat (30/12/2016), METHOD-2 memiliki tinggi hingga 4 meter dengan bobot mencapai 1,3 ton. Robot ini juga memiliki dua lengan khusus yang telah dibubuhi teknologi motion tracking. Tidak hanya itu, robot ini juga dikembangkan bersama dengan desainer SFX Holywood, Vitaly Bulgarov, yang merupakan desainer dari berbagai robot di berbagai film termasuk “Transformers”, “Robocop”, dan “Terminator”.

METHOD-2 (Reuters)

Meski terlihat keren untuk dijadikan pajangan, robot ini diciptakan secara khusus untuk tujuan tertentu yaitu memudahkan manusia untuk bekerja di lingkungan berbahaya.

“Robot ini diciptakan secara khusus agar manusia dapat bekerja di lingkungan ekstrem dan berbahaya bagi manusia,” ujar CEO Hankook Mirae Technology, Yang Jin-Ho.

METHOD-2 (Reuters)

Untuk mengembangkan METHOD-2, Hankook Mirae Technology telah menghabiskan dana hingga USD 200 juta atau sekitar Rp 2,6 triliun. METHOD-2 juga masih belum siap dipasarkan. Robot ini harus menjalani serangkaian pengembangan dan uji coba lebih jauh untuk memastikan performa serta fungsinya.

Berikut ini videonya.

(tom)

Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.