Deretan Hoax Ini Pernah Bikin Heboh Indonesia


ID:58908470

Di era digital ini, sebuah berita dengan mudah menyebar dan cepat diterima masyarakat. Namun sayang, kemudahan akses ini terkadang baik sengaja atau tidak dimanfaatkan sebagian orang untuk menyebarkan berita hoax (palsu) demi beragam alasan dan tujuan.

Oleh karena itu, kita sebagai pengguna internet, terutama media sosial, harus cerdas, dan bisa memilah berita mana yang benar dan mana yang hoax. Mari kita jadikan media sosial kita sehat dan #NoHOAX.

Berbicara tentang hoax, rupanya di Indonesia sendiri terdapat berita hoax yang sempat bikin heboh. Apa saja? Berikut deretan berita hoax-nya.

1. Penampakan Awan Berdoa di Pemakaman Ustadz Jefri al Buchori

Awan berdoa (Penulispro)

Kematian Ustadz Jefri al Buchori pada tahun 2013 membuat masyarakat Indonesia terkejut. Banyak yang merasa kehilangan dengan kepergian ustadz gaul itu. Tak berselang lama dunia maya dihebohkan dengan beredarnya foto penampakan awan bervisual seorang tengah berdoa yang kabarnya diambil di pemakaman sang ustadz. Tak sedikit yang percaya lalu mengaitkannya dengan keshalihan dai ternama ini. Sayangnya, kabar penampakan awan berdoa ini terbukti berita hoax. Diketahui, foto itu telah diunggah jauh sebelum hari kematian sang ustadz. Menurut Hanindita Setiadji (@mbakta) yang mengaku sebagai pemilik foto, dirinya mengunggah foto itu di Twitter 10 Maret 2013 lalu. Ia mengambil gambar itu pada 8 Maret 2013 di atas area kolam renang di kawasan Citos (Cilandak Town Square), Jakarta Selatan sekitar pukul 18.00 WIB.

2. Penampakan awan naga di Ciawi

Awan naga (Detik)

Pada Jumat, 21 Desember 2012, situs Detikcom menurunkan berita cukup menghebohkan, “Awan Berbentuk Ular Naga Menggantung di Langit Ciawi”. Diilustrasikan, gumpalan awan membentuk ular naga, lengkap dari badan hingga kepala, seolah hendak menerkam mangsa. Sontak fenomena alam menakjubkan itu menghebohkan warga dunia maya dan beredar luas melalui BBM. Namun sejam kemudian Detikcom meralat dan mengakui bahwa berita itu hanya berita hoax, apalagi banyak warga setempat mengaku tak tahu menahu dengan kejadian tersebut.

3. Penampakan malaikat di Citos

Pertengahan September 2011, dunia maya digegerkan video mengenai jatuhnya obyek misterius bercahaya putih di kompleks pertokoan Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan. Sosok yang terekam kamera CCTV pada malam hari itu diyakini sebagai malaikat, hal ini tampak dari gambar yang terekam sekilas mirip makhluk yang memiliki sayap. Beberapa hari setelahnya, media online besar menjelaskan bahwa kejadian itu hanya berita hoax yang merupakan viral marketing dari sebuah produk parfum pria. Hal itu diperkuat hasil analisa pakar telematika Abimanyu Wachyoewidajat yang meyakini video tersebut adalah hasil rekayasa.

4. Ular raksasa di Kalimantan

Ular raksasa (Enigma)

Masyarakat dunia pernah dihebohkan oleh sebuah foto penampakan ular raksasa yang berenang di sungai pedalaman hutan Kalimantan. Berawal dari foto yang dimuat di surat kabar Telegraph, London pada 20 Februari 2009 lalu. Dalam keterangannya, foto itu di ambil dengan menggunakan helikopter di atas sungai Baleh. Foto tersebut dengan cepat beredar di internet dengan kehebohan yang luar biasa. Namun akhirnya terbongkar bahwa itu merupakan berita hoax hasil rekayasa Photoshop. Gambar sungai dengan kerimbunan hutan di sekelilingnya ternyata diambil di sebuah website dari Kongo, Afrika.

5. Penampakan UFO di Blok M

UFO Blok M (Enigma)

Pada 16 Oktober 2009, ada kabar yang memperlihatkan penampakan UFO di Blok M. Benda yang diduga piring terbang itu difoto secara tidak sengaja oleh seorang warga di Jalan Pakubuwono VI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Namun tidak butuh lebih dari 24 jam berita hoax itu pun terbongkar. Foto itu terbukti hasil rekayasa photoshop. Ufonesia, sebuah organisasi peneliti UFO di Indonesia, mengatakan bahwa piring terbang pada foto tersebut adalah foto UFO yang terpotret di Green Bay, Wisconcin pada Januari 2007. Foto itu kemudian di crop dan digabung dengan foto sebuah gedung.

6. Dosen gaib di Yogyakarta

Kisah dosen gaib (Facebook)

Kabar yang sempat heboh pada tahun 2016 lalu di situs Facebook adalah adanya penampakan sesosok hantu yang diduga dan diklaim sebagai dosen gaib yang sedang asyik memberikan pengajaran di salah satu kelas di UAD (Universitas Ahmad Dahlan) Yogyakarta. Namun ada pihak resmi dari kampus mengatakan kepada awak media jika cerita tersebut hanyalah berita hoax yang tak bertanggung jawab. â??Cerita itu saya pastikan hanyalah berita Hoax, ini saya duga hanya sebagai euforia segelintir orang saja juga situs web yang mengharapkan agar webnya laris akan pengunjung, jadi saya tegaskan sekali lagi Dosen Gaib hanyalah berita hoax dan tidak benar,â? tegas Hadi Suyono, Kepala Humas UAD.

7. Manusia bertelur

Kakek bertelur (Merdeka)

Perlahan tapi pasti, kebohongan Sinin alias Kong Naim, warga Penjaringan, Jakarta Utara yang mengaku bisa mengeluarkan benda mirip telur ayam terbongkar. Hal itu diketahui setelah dilakukan pemeriksaan yang dilakukan Dinas Kesehatan Jakarta di Rumah Sakit Hewan Bogor. Sebelumnya, Sinin sempat membuat geger warga Penjaringan, Jakarta Utara. Pria ini berkali-kali mengeluarkan benda berwarna putih seperti telur dari anusnya. Dedi, Kepala dokter IGD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, telah mengaku ada kejanggalan atas pengakuan Kong Naim. Pasalnya, tak ada bekas merah atau lecet pada duburnya. “Harusnya ada. Makanya dirawat di sini untuk kami observasi, apa benar bertelur atau tidak. Nah, dua hari ini tidak ada tanda-tanda itu,” ujarnya.

8. Fenomena bulan kembar

Ilustrasi bulan kembar (Newsth)

Kabar mengenai fenomena bulan kembar sempat menghebohkan dunia maya tahun 2016 lalu. Kabar yang dikirim melalui pesan berantai ini mengatakan bahwa posisi Mars akan dekat dengan bumi, sehingga seolah-olah terlihat dua bulan. Melihat pesan berantai tersebut, seorang astronom tanah air Maâ??rufin Sudibyo menjelaskan pada laman Facebooknya, bahwa kabar berantai yang selalu ada setiap tahunnya menjelang bulan Agustus adalah berita Hoax. Menurutnya, kabar ini seperti ritual tahunan yang telah ada semenjak tahun 2003 silam.

9. Tak ada kata Minggu sebelum tahun 1960

Pernyataan kata Minggu tak ada sebelum tahun 1960 (Facebook)

Dari gambar screenshot di atas terdapat sejarah penggantian kata â??Ahadâ? menjadi kata â??Mingguâ?, dan postingan itu mengklaim tidak ada kata “Minggu” sebelum tahun 1960. Namun, pencarian terhadap dokumen-dokumen lama menemukan bahwa kata â??Mingguâ? sudah digunakan sebelum tahun 1960, tidak seperti klaim di atas, meskipun masih menggunakan ejaan lama. Contohnya seperti foto di bawah ini.

Kalender tahun 1946 (Turnbackhoax)

10. Iron Man Indonesia

Iron Man Indonesia (Ibtimes)

Beberapa waktu lalu Indonesia dihebohkan dengan adanya “Iron Man Indonesia” yang ada di Bali. Robot tersebut dirakit oleh I Wayan Sutawan asal Karangasem, Bali, dia merancang sendiri robot penggerak tangan. Tangan robotnya ini mampu membantu pekerjaannya sebagai tukang las. Namun ternyata kabar ini hanya hoax belaka. Banyak bukti-bukti yang disebutkan oleh akun Facebook bernama Neko Daisuki yang menunjukkan Iron Man Indonesia itu hanya bohong belaka.

Yuk, mari kita cek lagi kebenaran berita yang kita terima. Jadikan Indonesia ini #NoHOAX. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak