Ini Alasan Perempuan Lebih Panjang Umur daripada Laki-laki


Yang namanya umur adalah rahasia Tuhan. Tidak ada yang tahu pasti berapa lama umur seseorang. Akan tetapi menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat, mengatakan bahwa seorang cewek rata-rata memiliki umur 5-7 tahun lebih panjang dari cowok. Kenapa hal ini bisa terjadi? Dilansir dari About, Rabu (8/2/2017), berikut adalah 5 penjelasan ilmiahnya.

Faktor genetik

DNA (T24)

Genetik adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi hal ini. Cewek cenderung berumur lebih panjang salah satunya juga karena gen yang dimiliki. Peneliti meyakini bahwa mutasi gen pada mitokondria cewek yang lebih besar sehingga energi yang diperlukan sel-sel buat berfungsi menjadi lebih baik.

Kecuali sel darah, semua sel dalam tubuh manusia memiliki mitokondria. Dalam proses reproduksi, keturunan menerima gen dari ayah dan ibu, Akan tetapi khusus buat DNA mitokondria hanya diteruskan melalui ibu. Mutasi gen tersebut terus dipantau sehingga gen-gen yang diturunkan adalah gen yang baik dan menguntungkan.

Sedangkan mutasi gen mitokondria pada cowok jauh berbeda dengan milik cewek. Itulah yang menyebabkan gen cewek mempengaruhi usia yang dimiliki.

Mutasi gen seksual

Ilustrasi mutasi gen (Pinkkorset)

Mutasi di sini bukan yang terjadi seperti mutasi dalam film “X-Men”. Mutasi dalam hal ini lebih ke mutasi gen dalam kromosom, yang juga mempengaruhi angka harapan hidup seseorang. Sel-sel yang diproduksi oleh kelenjar reproduksi mengandung kromosom X dan Y. Faktanya cewek memiliki dua kromosom X sedangkan laki-laki hanya memiliki satu kromosom X.

Mutasi gen pada kromosm X ini bisa mengakibatkan penyakit yang menyebabkan kematian dini. Namun, karena cewek punya dua kromosom X, mutasi gen pada satu kromosom X lainnya bisa menutupi ancaman penyakit yang mematikan.

Hormon

Hormon estrogen (Prenagen)

Perbedaan lainnya adalah kelenjar reproduksi yang memiliki pengaruh dalam proses hormon seksual. Hormon testosteron cowok bisa meningkatkan level kolesterol jahat alias Low-Density Cholesterol (LDL) yang bisa meningkatkan resiko jantung dan stroke. Sedangkan hormon estrogen yang dimiliki cewek justru bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, alias High-Density Lipoproteins (HDL) yang bisa menurunkan resiko penyakit jantung.

Sistem imun tubuh

Ilustrasi sitem imun (Nusaherbal)

Sistem imun cowok cenderung lebih cepat mengalami penurunan fungsi daripada cewek. Seiring usia, sel darah putih manusia akan menurun. Namun, khusus sel darah merah, penurunan cowok lebih cepat daripada cewek.

Kegiatan berisiko

Cewek di rumah (Rimanews)

Cowok cenderung lebih menyukai aktivitas dan hobi berbahaya. Dengan demikian, resiko mengalami kecelakaan pada cowok juga cenderung lebih tinggi. Hal ini berbeda dengan cewek yang biasanya lebih sering beraktivitas di dalam rumah atau tidak melakukan hal-hal ekstrem layaknya cowok. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak