Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Makanan Hangat Lebih Enak Dimakan

Kebanyakan orang memilih untuk memakan makanan ketika makanannya masih panas atau hangat dibandingkan bila makanannya sudah dingin. Rupanya, alasan untuk hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Dilansir dari LiveScience, Senin (27/2/2017), berikut adalah beberapa alasan di balik makanan panas lebih menarik dibanding makanan dingin.

Pertama, aroma masakan yang masih panas atau hangat lebih mengundang. Manusia biasanya lebih tertarik mengonsumsi makanan yang akan memberikan sensasi nikmat di lidah. Hal ini juga melibatkan aroma yang dikeluarkan dari makanan tersebut sebelum masuk ke mulut. Aroma memainkan peran yang kuat dalam proses pemilihan makanan.

Ilustrasi makanan panas (Aktual)

â??Makanan yang disajikan dalam kondisi masih panas mengeluarkan aroma yang jauh lebih sedap dibandingkan yang udah dingin atau yang masih mentah,â? ungkap seorang professor di University of Alabama, Stephen Secor.

Yang kedua, ternyata otak juga memainkan peran penting untuk membuat makanan panas atau hangat lebih nikmat dimakan. Otak secara otomatis menginstruksi kita untuk memilih makanan panas atau hangat untuk di makan dan menghindari makanan yang sudah dingin.

â??Otak menginstruksi kita untuk memilih makanan yang lebih sehat dan bernutrisi. Tentunya dengan instruksi tersebut manusia akan secara otomatsi memilih makanan yang panas daripada yang dingin lantaran yang panas sudah diproses dengan jelas, Sementara makanan dingin atau mentah rentan terkenan bakteri atau kuman jahat yang bisa memicu timbulnya penyakit,â? kata seorang ahli biologi di Hardvard University, Richard Wrangham.

Ilustrasi makanan panas (Go-dok)

Yang terakhir, tekstur makanan panas lebih enak di lidah. Makanan yang sudah dingin atau masih mentah biasanya memiliki tekstur yang kurang nikmat. Bahkan ada makanan dingin juga yang sampai bikin kita jadi mual. Contoh dari makanan yang kurang enak saat dimakan dingin adalah burger. Jika sudah dingin, maka burger itu akan jadi kaku dan keras, sehingga susah dimakan.

Itulah alasan kenapa makanan panas atau hangat lebih enak dimakan dibandingkan makanan dingin. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Ini Dia Aktor Muslim Pertama yang Berhasil Raih Oscar

Saking Miripnya, 5 Bintang K-Pop Ini Bagai Kembaran