5 Desa Terunik di Dunia, Ada yang Dihuni Orang-orang Pikun


Di berbagai belahan dunia mana pun, yang namanya desa pasti asri dan jauh dari hiruk-pikuk kota besar. Desa-desa tersebut juga memiliki ciri khasnya, bahkan ada yang termasuk ke kategori desa terunik sedunia. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 desa terunik sedunia.

Desa De Hogeweyk

Desa De Hogeweyk (CBC)

De Hogeweyk dioperasikan oleh panti jompo Hogeweyk yang letaknya di Weesp, Belanda. Desa ini dirancang khusus untuk orangtua dengan demensia (pikun). Ada berbagai fasilitas perawatan di sini. Satu keuntungan tinggal di desa ini adalah para manula ini akan melakukan terapi memori dengan dokter dan perawat. Sampai saat ini, ada lebih dari 150 warga yang tinggal di sini dan mendapatkan perawatan 24 jam.

Desa Asola-Fatehpur Beri

Desa Asola-Fatehpur Beri (JB)

Jika Desa Hogeweyk khusus untuk para manula, maka desa Asola-Fatehpur Beri di India mayoritas dihuni oleh pria muda yang kuat. Letak desa ini di Delhi bagian selatan. Dari 5 ribu warga desa, ada 200 lebih remaja pria dan ratusan pria dewasa yang kuat dan memiliki tubuh berotot. Selain memiliki fisik yang kuat, pria di desa ini juga bersih dari catatan kriminal. Sebab itu merupakan satu-satunya syarat agar mereka bisa bersekolah dan bekerja. Tubuh kuat mereka digunakan untuk menolong sesama dan warga perempuan yang butuh pertolongan.

Desa Uro

Desa Uro (Smart-pustaka)

Di desa ini bukan warganya yang unik, melainkan lokasi desa ini. Desa Uro atau bisa juga disebut Uros adalah sebuah desa terapung yang berada di tengah-tengah antara Danau Titicaca Peru dan Sungai Desaguadero Bolivia. Ada sekitar 2 ribu warga yang tinggal di atas desa terapung ini. Menariknya, desa ini bisa berpindah-pindah. Ini tergantung jika ada musuh yang mencoba menyerang desa Uro ini. Agar desa mereka tetap terapung, warga harus mengumpulkan ribuan alang-alang dan melapisi bagian bawah karena sewaktu-waktu alang-alang tersebut bisa hancur.

The Narcisse Snake Pits

The Narcisse Snake Pits (Amusingplanet)

Desa unik yang keempat ini tidak dihuni oleh manusia, melainkan ribuan ular. Desa The Narcisse Snake Pits terletak di Munisipalitas, Kanada. Total ada 75 ribu ular berbagai jenis di desa ini. Mereka rata-rata tinggal di sebuah lubang yang menjadi rumah mereka selama musim dingin melanda Kanada atau tinggal di rawa-rawa saat musim panas. Karena jumlahnya sangat banyak dan berbahaya, pemerintah Kanada melarang pengunjung datang ke tempat tersebut tanpa pawang ular.

Desa Green Bank

Desa Green Bank (Atlasobscura)

Ingin tinggal di desa tanpa sinyal ponsel dan Wi-Fi? Sebaiknya mencoba datang ke desa Green Bank di Virgina Barat. Di desa yang hanya ditinggali 143 orang ini tidak ada yang namanya sinyal ponsel, sinyal WiFi, dan juga sinyal Bluetooth. Sebab yang namanya sinyal wireless adalah ilegal. Selain tidak ada sinyal, warga desa sini juga tidak menggunakan pemancar elektronik sama sekali. Semua barang di sini dipakai secara manual. Untuk berhubungan dengan pemerintah pusat, warga desa Green Bank menggunakan dua teleksop radio. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak