Mengenal Melanie Maras, WNI yang Sukses Jadi Komika di Amrik

unspecified 13

Komika kini sepertinya bisa menjadi pilihan profesi orang Indonesia yang gemar melawak. Banyak yang sudah sukses jadi komika, seperti misalnya Raditya Dika atau Muhadkly Acho. Selain dua orang itu, ternyata ada juga komika WNI yang sukses di Amerika Serikat. Dia adalah Melanie Maras.

Melanie Maras adalah WNI yang berkecimpung di dunia standup comic atau komika di Los Angeles, Amerika Serikat. Belakangan ia menjadi perbincangan, karena ternyata ia merupakan semi finalis Laugh Factory’s Funniest Person in the World Competition 2016 yang digelar di Helsinki, Finlandia.

WNI itu meraih posisi 5 besar di ajang tersebut. Selain itu, Melanie juga punya banyak prestasi sebagai komika dan penulis.

Melanie Maras Missbish
Melanie Maras (Missbish)

“Sebuah kehormatan besar berdiri di panggung dunia di Helsinki di ajang Laugh Factory’s Funniest Person in the World Competition 2016 mewakili Indonesia,” kata Melanie seperti dikutip dari VOANews, Kamis (23/3/2017).

Meski baru 2 tahun belakangan mendalami dunia komika, pengalaman yang didapati Melanie di atas panggung cukup banyak. “Pekerjaan yang sangat gila berdiri di atas panggung dan berbicara tentang diri sendiri. Ada pengalaman baik dan buruk, kadang-kadang bingung, kadang bertanya juga kenapa jadi komedian tampil di panggung,” bebernya.

Berlatar belakang keluarga berdarah campuran, Melanie justru menggapnya sebagai suatu kelebihan karakter dalam selera humornya. “Ayah saya dari Indonesia dari Kota Lahat di Sumatra dan ibu dari Amerika, di Haskell, Oklahoma,” tuturnya. Menurut Melanie, kehidupan keluarganya sangat seru dan dulu Jakarta sangat berbeda dengan saat ini.

Melanie yang berdarah campuran Indonesia-Amerika, dalam humornya kerap bercerita tentang masa kecilnya semasa tinggal di Indonesia. Kenangan masa kecil Melanie itu menjadi inspirasinya saat tampil di atas panggung.

Melanie Maras YouTube
Melanie Maras (YouTube)

“Banyak kenangan tentang Indonesia seperti pergi ke pasar dengan teman, tukang jualan meledek teman saya ‘gendut’ dan ayam diangkat ke muka teman saya,” kenangnya sambil tersenyum.

Meski tinggal di Amerika dan kerap tampil di Negeri Paman Sam, Melanie berharap bisa unjuk gigi di panggung komika Indonesia. “Ingin sejali tampil di kota asal saya Jakarta. Itu impian saya. Tahun lalu saya tampil di acara amal ‘Red Nose Foundation di Hotel Raffles Jakarta’,” kata dia.

“Seru sekali dan saya ingin tampil lagi, jadi silahkan hubungi saya,” imbuhnya. (tom)