Tahun 2029 Bakal Muncul Manusia Super, Seperti Apa?

Harvard Research Team Reveals The SHOCKING â??Superhumanu2019 Abilities Of The Tibetan Monks

Manusia super memang selama ini dianggap hanya ada dalam film fiksi ilmiah saja. Tapi seseorang bernama Ray Kurzweil punya pendapat yang berbeda. Cowok yang juga Direktur Teknik Google ini berpendapat bahwa 12 tahun ke depan akan ada manusia super yang akan lahir.

Kurzweil mengatakan bahwa pada tahun 2029 nanti akan ada manusia super yang punya teknologi singularitas. Menurut definisinya, singularitas adalah ketika karbon dan silicon berbasis intelijen yang bergabung untuk membentuk kesadaran global tunggal. Singkatnya, singularitas merupakan gabungan antara otak manusia dan mesin, sehingga membuat manusia super ini jauh lebih cerdas dan lebih aktif bergerak daripada sekarang.

Terminator Hai Online
Terminator (Hai-Online)

Tak hanya itu, Kurzweil juga mengatakan saat ini kita sedang hidup di cybernetic society, dimana nantinya memungkinkan manusia punya komputer di dalam otak yang membuat manusia tipe ini akan lebih cerdas daripada manusia biasa.

â??Pada tahun 2029, akan ada komputer dengan kecerdasan seperti manusia,â? kata Kurzweil seperti dikutip dari Dailymail, Senin (27/3/2017).

Menurut Kurzweil, selama ini dengan kehadiran teknologi canggih saja sudah bikin manusia jadi lebih pintar, seperti kemudahan dalam mengakses informasi misalnya. Tentunya kemudahan itu akan bertambah jika ada teknologi buatan yang bisa berhubungan dengan otak manusia secara langsung. Kurzweil percaya jika  menanamkan komputer ke dalam otak akan meningkatkan kemampuan manusia.

Ilustrasi teknologi singularitas Shutterstock
Ilustrasi teknologi singularitas (Shutterstock)

â??Kita akan mendapatkan lebih banyak neocorteks. Kita akan jadi lebih lucu, lebih baik dalam bidang musik, dan lebih seksiâ?, kata Kurzweil.

Boleh percaya atau tidak, tapi sejak tahun 1990, Ray Kurzweil sudah membuat 147 prediksi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi. Dan hasilnya 86 persen dari prediksinya benar-benar terjadi seiring berjalannya waktu. Lalu, apakah ‘ramalan’ miliknya kali ini juga bakal menjadi kenyataan? Kita nantikan saja. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.