Kisah Orang-orang Muslim yang Jadi Penyelamat Yahudi Saat Perang Dunia II

Perang Dunia II merupakan perang yang paling terkenal dalam sejarah. Perang yang identik dengan sosok Adolf Hitler ini memang banyak menyisakan cerita bagi yang pernah mengalaminya. Salah satu kisah yang cukup memilukan adalah kejadian pembantaian Yahudi atau Holocaust.

Meski sebagian besar Yahudi telah dibantai dalam peristiwa itu, namun ada juga yang berhasil selamat dari pembantaian itu. Yang berjasa menyelamatkan orang-orang Yahudi itu adalah sosok bernama Oskar Schindler.

Oskar Schindler (Daily Mail)

Kisah Schindler menyelamatkan ribuan Yahudi saat kampanye anti-semit NAZI selama periode Perang Dunia II memang begitu melegenda. Apalagi setelah Steven Spielberg meriwayatkannya kembali ke panggung Hollywood melalui film “Schindlerâ??s List” pada 1993.

â??Mereka telah mempertaruhkan hidup mereka untuk menyelamatkan kami,â? kenang Johanna Neumann, Yahudi berusia 86 tahun, mengenang orang-orang hebat tersebut, sepert dikutip dari Time, Senin (8/5/2017).

Upaya menyelamatkan 1.300 Yahudi di Polandia oleh Schindler ini hanyalah satu dari banyak kisah penyelamatan ratusan ribu (beberapa sumber menyebut jutaan) Yahudi yang dibantai. Neumann juga sedang mengenang juga aksi orang-orang muslim di banyak wilayah yang membantu menyelamatkan orang-orang Yahudi dari tragedi Holocaust. Kisah-kisah mereka tak banyak direkam sejarah. Salah satunya adalah kisah Abdol Hossein Sardari, seorang diplomat Iran.

Abdol Hossein Sardari (BBC)

Apa yang dilakukan Konsulat Iran untuk Prancis ini sama heroiknya dengan aksi Schindler. Itulah mengapa Sardari juga dijuluki â??Schindler dari Iranâ? oleh orang-orang Yahudi yang berhasil ia selamatkan. Cara Sardari mengelabui petinggi-petinggi NAZI di Prancis memang berisiko, tapi sungguh brilian. Jika Schindler awalnya memanfaatkan orang-orang Yahudi sebagai â??budakâ? untuk pabriknya, maka Sardari menggunakan celah undang-undang anti-semit NAZI untuk menyelamatkanâ??setidaknyaâ??lebih dari 2 ribu orang Yahudi Prancis.

Sejak Prancis diduduki oleh NAZI pada 1940 dan undang-undang anti-Yahudi mulai diterapkan, Sardari mencoba meyakinkan petinggi-petinggi NAZI di Perancis bahwa Yahudi Prancis sebenarnya adalah warga negara Iran. Dengan argumentasi sejarah, Sardari meyakinkan bahwa Yahudi Prancis (yang berhasil ia selamatkan) adalah Ras Arya yang sebenar-benarnya karena nenek moyang mereka berasal dari Iran.

Dari bangunan logika demikian, artinya Yahudi-Yahudi yang disebut orang Iran ini bukanlah orang-orang yang harus tunduk pada â??The Reichâ??s Racial Lawsâ? atau Hukum Ras Reich bikinan NAZI sendiri. Dan untuk semakin melengkapi tipuannya, Sardari tidak keberatan mengeluarkan ribuan paspor Iran untuk Yahudi-Yahudi Prancis itu. Paspor pun menjadi batas antara kematian dengan kehidupan.

Untuk itulah nama Sardari masuk pada â??Holocaust Remembrance Dayâ? di Jenewa dalam peringatan mengenang salah satu genosida paling kelam dalam sejarah Eropa.

Selain Sardari, ada juga nama Khaled Abdul Wahab, muslim Arab, dan menjadi orang Arab pertama yang dihargai karena jasanya menyelamatkan lebih dari dua lusin Yahudi Tunisia. Khaled berumur 32 tahun saat NAZI menduduki Tunisia pada November 1942. Pada periode tersebut, ada sekitar ratusan ribu Yahudi yang tinggal di Tunisia. Mereka diharuskan mengenakan atribut Bintang Daud danâ??seperti yang terjadi di Eropa pada tahun-tahun sebelumnyaâ??harta kekayaan mereka juga diambil paksa oleh NAZI sebelum akhirnya mereka dibantai.

Khaled Abdul Wahab (BBC)

Faiza Abdul-Wahab, putri Khaled, pada 2007 silam menceritakan kesaksian ayahnya sebelum meninggal pada 1997. “Ya, saya menyembunyikan beberapa keluarga di ladang pertanian selama perang, keluarga Yahudi,â? kata Khaled seperti ditirukan Faiza.

“Tak masalah, sebab kami semua hidup bersama di Tunisiaâ??Yahudi, bukan Yahudi, orang Italia, orang Prancis, orang Arab,â? kata Faiza seperti direkam United States Holocaust Memorial Museum. “Ikatan utama kami yang pertama adalah kami orang Tunisia. Kami makan makanan yang sama, kami memiliki hal yang sama dan berbagi banyak hal. Jadi bagi saya, ketika dia mengatakan itu, saya tidak tahu dia telah mengambil resiko dengan hidupnyaâ??tentu sajaâ??karena ayah saya tidak memberitahukan semuanya kepada saya. Baginya itu normal, dan itu saja.â?

Kisah penyelamatan juga dilakukan Saide Arifova, seorang guru taman kanak-kanak di Bakhchisaray, Crimea (saat ini masuk wilayah Ukraina). Wilayah Crimea adalah salah satu area brutal pada Perang Dunia Kedua karena menjadi pertempuran berdarah antara tentara Soviet dengan NAZI.

Saide Arifova (Islam.in)

Dengan sekuat tenaga, perempuan muslim beretnis Turki ini menyelamatkan anak didiknya yang Yahudi dengan membuat identitas palsu untuk mereka. Arifova juga dengan berani memberikan kesaksian palsu bahwa anak-anak di sekolahnya bukanlah anak-anak Yahudi. Meski ia harus mengalami berbagai siksaan dahsyat saat interogasi Gestapo (Polisi NAZI Jerman), tapi Arifova kukuh merahasiakan ihwal anak-anak Yahudi yang ia sembunyikan. Karena keteguhannya, Arifova berhasil menyelamatkan 88 Yahudi Crimea beserta 70 anak asuhnya.

Kisah penyelamatan semacam ini kemudian diabadikan oleh orang-orang Yahudi melalui Yad Vashem di Israel. Sebuah museum peringatan akan peristiwa Holocaust sekaligus merupakan penghargaan bagi 20 ribuan orang-orang pahlawan non-Yahudi dari berbagai negara atas jasa mereka menyelamatkan orang-orang Yahudi.

Beberapa nama seperti Sardadi, Khaled, dan Arifova adalah beberapa di antara banyak nama muslim yang jumlahnya mencapai 70 orang. Sebanyak 63 orang adalah orang Albania. Pada 2007 silam, untuk pertama kalinya dalam sejarah diadakan pameran fotografi mengenang khusus para muslim atas jasa mereka menyelamatkan orang-orang Yahudi. Pemeran ini menyasar beberapa keluarga muslim Albania yang mempertaruhkan keselamatan keluarganya untuk menyembunyikan keluarga-keluarga Yahudi.

Ketika NAZI masuk ke Albania pada 1943, negeri ini menjadi satu-satunya negara yang penduduknya menolak untuk mematuhi undang-undang anti-semit NAZI. Hal inilah yang mengakibatkan jumlah Yahudi Albania justru melonjak semasa perang karena pencari suaka memilih lari ke Albania.

Hampir semua orang Yahudi yang tinggal di negara tersebut berhasil diselamatkan. â??Ini adalah kisah yang jarang dipublikasikan, kisah tentang suatu negara yang menyelamatkan semua orang Yahudi,â? kata Yaâ??acov Altarat, salah satu Yahudi yang selamat.

10 tahun kemudian, warga Yahudi di New York, Amerika Serikat kembali mengenang para tokoh muslim yang mereka anggap pahlawan. â??Peringatan ini menunjukkan bahwa kita masih bisa memiliki harapan bahkan pada saat-saat seperti Holocaust,â? kata Mehnaz Afridi, Profesor Manhattan College, menyambut upacara tersebut. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Negara Ini Wajibkan Bahasa Indonesia Jadi Mata Pelajaran

5 Band Rock Luar Negeri dengan Nama Berunsur Indonesia