Kisah Toleransi Umat Beragama di Bali yang Menyejukkan Hati


Setiap hari ada saja berita-berita negatif tentang situasi politik tanah air. Apalagi belakangan ini isu toleransi antar umat beragama lagi sensitif banget dimana-mana. Sebagai media yang mendukung konten-konten positif, tentunya jadiBerita menghindari tema-tema negatif soal agama yang bisa memperkeruh suasana. Buat kamu yang mulai termakan oleh informasi-informasi hoax dimana-mana, ada baiknya kamu baca kisah berikut ini dulu ya.

Beberapa waktu lalu muncul sebuah postingan dari akun facebook Ratna. Di sana ia mengunggah sebuah foto yang menyejukkan hati toleransi antar umat beragama di Indonesia. Ia menuliskan dalam postingannya, di tempatnya saja ia bisa hidup berdampingan dengan agama lain dengan rukun, kenapa di daerah lain tidak?.

Kerukunan antar umat beragama di Bali

Fenomena positif ini terjadi di Bali. Terlihat dalam foto tersebut, sebuah keranda dengan lafazh Tauhid yang sedang digotong warga yang akan mengantarkannya ke makam. Namun tidak hanya warga muslim saja yang turut serta, warga sekitar yang mayoritas agama hindu pun ikut membantu. Rupanya, dari mulai persiapan, pemandian jenazah hingga penguburan. Warga muslim dan hindu saling gotong royong. Di Bali memang pemandangan seperti ini bukanlah hal yang aneh, mengingat toleransi agama di pulau dewata itu masih sangat tinggi hingga saat ini. Situasi politik dan isu sara yang kini tengah menerpa Indonesia tidak menyurutkan kebersamaan yang sudah terjalin selama ini antar warga Bali.

Sekecil apapun bentuk kebaikan, tentu mendapatkan respon positif. Netizen di ranah sosial media pun kemudian membagikan foto yang menyejukkan hati itu kepada yang lainnya, Hingga akhirnya foto unggahan dari Ratna ini jadi berita dimana-mana.

Bali memang mayoritas warganya pemeluk agama Hindu, namun warga di sana tetap menghargai toleransi agama lain seperti Islam dan Kristen. Setiap hari raya nyepi contohnya, umat Islam ikut membantu para pecalang untuk menciptakan keamanan di Bali. Begitu juga sebaliknya, setiap perayaan Idul Fitri, umat Hindu di Bali pun ikut mengamankan kegiatan ibadah umat Islam agar tetap dalam keadaan aman dan nyaman.

Kerukunan antar umat beragama di Bali

Bagikan informasi positif ini agar tidak hanya berhenti di kamu saja. Ayo ciptakan rasa kebersamaan dan toleransi antar umat beragama di Indonesia. (Jow)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak