Burung Kolibri Unik Yang Terbang Mundur


Hanya ada satu spesies burung yang dapat terbang mundur. Setidaknya ini merupakan salah satu burung yang dapat dengan mudah dikenali dan disukai manusia. Burung tersebut adalah burung kolibri, jenis burung ini hanya dapat ditemui di benua Amerika dan merupakan salah satu hewan akrobatik udara yang sangat menakjubkan.

Apa itu burung Kolibri?

Kurang lebih terdapat 340 spesies burung kolibri di dunia dan kebanyakan dari mereka hidup dan berkembang biak di Amerika Selatan. Burung kolibri adalah burung yang suka bermigrasi dan mengembara dengan jarak yang sangat jauh hanya untuk bertelur. Setidaknya terdapat 16 spesies burung kolibri berkembang biak di Amerika Serikat.

Burung kolibri memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Dari burung kolibri dengan bulu yang polos sampai bulu yang berwarna warni dan memiliki sayap yang indah. Salah satu yang mudah dikenali adalah spesies burung kolibri yang hidup di Amerika Serikat yang biasa disebut burung kolibri leher rubi (Ruby-Throted Hummingbird).  Panjangnya sekitar tiga inchi dan memiliki bulu disekitar leher berwarna merah.

Jenis burung terkecil adalah burung kolibri lebah (Bee Hummingbird). Diberi nama seperti itu karena ukurannya yang hampir menyamai lebah. Jenis yang terbesar dari burung kolibri bernama burung kolibri raksasa (Giant Hummingbird) yang ukurannya 8 inchi lebih tinggi dari burung kolibri lebah.

Terdapat satu jenis burung kolibri yang paling jarang ditemukan yakni burung kolibri ekor indah (Marvellous Spatuletail Hummingbird). Burung jenis ini hidup di Peru dan dikenali dari bulu ekornya yang sangat panjang. Burung ini juga memiliki warna biru yang sangat mempesona dan biasanya digunakan untuk menarik perhatian para betina.

Umur burung kolibri mencapai 3 sampai 4 tahun. Makanan utamanya adalah serbuk sari yang manis dan mereka menggunakan lidahnya yang panjang untuk menjilat nektar yang ada didalam bunga. Selain nektar mereka juga biasanya memakan serangga-serangga kecil.

Disamping bentuknya yang lucu dan menggemaskan ternyata burung kolibri merupakan tipe burung yang sangat menjaga teritorialnya. Ketika mereka tidak pergi untuk mencari makan, mereka akan bertengger di ketinggian dan akan menyerang penyusup yang masuk ke wilayah mereka.

Bagaimana cara mereka terbang?

Sayap burung kolibri mengepak sangat cepat sehingga tidak mudah untuk melihatnya. Semakin kecil ukuran burung kolibri maka semakin cepat kepakan sayapnya. Sayap tersebut akan mengepak sebanyak 15 sampai 80 kali dalam satu detik tergantung jenis burung kolibri tersebut. Saat mengepak timbul suara berdengung, oleh sebab itu burung ini dalam bahasa inggris bernama hummingbird.

Marvellous Spatuletail Hummingbird
Marvellous Spatuletail Hummingbird

Burung kolibri memiliki gaya terbang yang berbeda dari burung-burung lainnya. Burung ini mampu bergerak keatas dan kebawah dengan cepat. Sehingga hal ini membuatnya mampu melakukan gerakan yang sulit dilakukan burung lain seperti terbang di tempat yang sama beberapa menit, terbang kedepan, terbang mundur, kesamping, dan dari atas ke bawah. Mereka mampu bertengger di satu pohon selama 5 menit dan kemudian dalam sekejap mata pindah ke pohon yang lain.

Kebanyakan buruk melakukan gerakan kebawah membutuhkan banyak energi sedangkan gerakan keatas membutuhkan sedikit energi. Dikarenakan burung kolibri melakukan gerakan keatas dan kebawah secara bersamaan maka dibutuhkan energi yang sangat banyak apalagi tanpa beristirahat.

Semakin Kecil Ukuran Semakin Cepat Mengepakkan Sayap
Semakin Kecil Ukuran Semakin Cepat Mengepakkan Sayap

Jika diumpamakan burung kolibri adalah manusia, setidaknya dibutuhkan 30.000 kalori sehari untuk melakukan gerakan akrobatiknya. Burung kolibri juga memiliki proporsi hati yang sangat besar di dalam tubuhnya dan juga memiliki detak jantung yang mencapai 1000 detak jantung per menit saat terbang dan 200 detak jantung per menit ketika tidur. Sungguh sangat menakjubkan.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak