Kenali 10 Bumbu Dapur Indonesia yang Wajib Ada Saat Masak


Selain teknik masak, bumbu dapur merupakan salah satu kunci utama dari kelezatan pada setiap hidangan. Apalagi, santapan Indonesia telah dikenal dengan khas masakan yang kaya akan rempah. Tidak heran bila kita memiliki banyak sekali bumbu di dapur kita. 

Namun, seringkali kita menemukan bentuk bumbu yang terlihat mirip, bak kata pepatah “serupa tetapi tak sama.” Kalau kita perhatikan dengan lebih baik, sebenarnya bumbu masakan tersebut memiliki karakteristik dan rasa yang berbeda-beda.

Sebenarnya untuk membuat masakan terasa nikmat, kita hanya memerlukan beberapa bumbu. Agar tidak bingung, simak bumbu-bumbu dapur khas Indonesia yang wajib ada saat masak di bawah ini.

1.Garam

Bahan yang satu ini pasti tidak pernah absen dari lemari dapur di rumah Anda. Penyedap rasa satu ini mampu memberi rasa asin dan gurih pada setiap masakan yang disajikan. 

2.Merica atau Lada

Sebagian orang pasti akan setuju bahwa masakan akan terasa hambar dan kurang nikmat di lidah tanpa kehadiran pedasnya merica, yang dikenal dengan sebutan lada. 

3.Bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay

Ketiga jenis bawang ini tidak boleh terlupakan karena bisa menambah aroma dan memberikan rasa gurih pada setiap masakan yang Anda buat. Anda bisa menggunakan tiga bahan ini untuk berbagai olahan masakan, mulai dari makanan yang digoreng hingga yang berkuah. 

4.Cabai

Siapa yang setuju bahwa makanan akan terasa kurang tanpa kehadiran bahan yang satu ini? Ya, bumbu satu ini memang bisa memberikan rasa nikmat, terutama untuk pecinta makanan pedas. Tidak heran kalau ada orang yang dapat makan nasi putih dengan lahap, meski hanya dengan sambal cabai ini.

5.Kunyit

Masakan Indonesia memang tidak pernah jauh-jauh dari kandungan rempah kunyit. Misalnya, saat membuat soto khas Indonesia, yang pasti memakai kunyit untuk memberikan rasa yang lebih nikmat. Meskipun selama proses memasak, tulang ayam yang menjadi kaldu sudah menciptakan rasa yang gurih. 

6.Jahe

Tidak hanya enak sebagai bumbu makanan, jahe juga menyehatkan. Bahan satu ini kerap digunakan untuk memberikan kehangatan bagi tubuh saat musim hujan. Anda tidak hanya dapat mengolahnya sebagai minuman hangat, tetapi juga bisa sebagai bumbu masakan, seperti sup ayam jahe tradisional yang lezat. 

7.Kencur

Pecinta seblak pasti sudah tidak asing lagi dengan wangi bumbu kencur. Ternyata, untuk membuat masakan pedas, tidak hanya terbuat dari satu bahan cabai saja, loh. Anda pun membutuhkan olahan kencur, yang mampu menghasilkan aroma kuat dengan sensasi rasa pahit dan pedas yang lebih nikmat.

8.Lengkuas

Lengkuas hampir memiliki bentuk yang mirip dengan jahe, tidak jarang banyak orang suka tertukar. Padahal, keduanya memiliki rasa dan aroma yang sangat berbeda. Namun, lengkuas juga memiliki efek yang baik kesehatan tubuh, seperti mengurangi peradangan.

9.Daun salam

Daun salam biasanya dapat memberikan aroma kuat pada setiap masakan. Umumnya, sering digunakan pada masakan yang mengandung santan, seperti soto, opor, lodeh, dan sebagainya. Bahkan, tak jarang daun salam digunakan untuk menghilangkan aroma amis pada hidangan seafood atau masakan laut.

10.Kayu manis

Bumbu dapur yang satu ini banyak digunakan untuk menambah citarasa pada berbagai makanan dan minuman. Hal ini dikarenakan aroma dan rasanya yang mampu menambah kelezatan pada setiap masakan yang dibuat, seperti pada cinnamon roll atau kue kayu manis, yang sedang jadi tren masa kini.

Itu dia bumbu-bumbu dapur Indonesia yang wajib ada saat memasak agar setiap olahan akan terasa enak dan juga wangi. Supaya proses memasak semakin menyenangkan, pastikan Anda menggunakan peralatan kebutuhan dapur yang berkualitas bagus, seperti alat penghalus bumbu, nampan, teflon, dan sebagainya.Nah, Anda bisa mendapatkan berbagai kebutuhan rumah tangga berkualitas premium tersebtu hanya melalui Ruparupa.com. Situs e-commerce satu ini juga menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga dan furnitur terbaik dari merek ternama, seperti ACE Hardware, Informa, dan juga Selma. Yuk, segera kunjungi situs Ruparupa dan dapatkan promo menarik. Selamat berbelanja.


What's Your Reaction?

Love Love
56
Love
OMG OMG
45
OMG
Yaelah Yaelah
79
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
68
Keren Nih
Ngakak Ngakak
102
Ngakak