Pemberian Bansos Minyak Goreng Dipercepat

Bansos yang akan dirapel pencairannya adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng Rp 100.000 per bulan dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Rp 200.000 per bulan.

Pemberian Bansos Minyak Goreng Dipercepat
Ilustrasi Penerima Bansos Minyak Goreng via Ayo Semarang

Bansos Minyak Goreng akan disalurkan lebih cepat jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Kali ini pemerintah akan menyalurkan langsung dalam tiga bulan untuk masyarakat yang membutuhkan yakni April-Mei 2022. Jadi bagi mereka yang akan mendapatkan manfaat dari bansos ini akan di serahkan pada April 2022.

Adapun jenis Bantuan Sosial yang akan di cairkan adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam bentuk minyak goreng Rp100rb per bulan. Lalu ada pula Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Rp200rb per bulan.

Sehingga pemberian Bansos yang dirapel dari tiga bulan akan menjadi Rp300rb dan BPNT senilai Rp600rb. Dengan begitu masyarakat akan langsung mendapatkan Rp900rb yang bisa digunakan selama 3 bulan.

BACA JUGA: Bantuan BLT Khusus UMKM Rp600rb Cair, Daftar di Sini

Menurut informasi yang diterima oleh Jadiberita.com, proses distribusi Bansos akan dilakukan oleh PT Pos Indonesia. Prosesnya pun akan dipercepat dari biasanya guna memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang hari raya.

“Jadi untuk tiga bulan ke depan diberikan untuk bulan April sekaligus. Sehingga mereka yang mengalami kejutan inflasi tidak mengalami konstraksi yang berlebihan. Karena itu ini segera kita bantu terutama untuk menyambut Idul Fitri,” ujar Muhadjir seperti dikutip jadiberita.com melalui kompas.com dari keterangan tertulisnya, Senin (18/4/2022)

Presiden Jokowi Pemberian Bansos Minyak Goreng
Presiden Jokowi Pemberian Bansos Minyak Goreng via Antara

Sebagaimana yang Anda ketahui sebelumnya, BLT minyak goreng diberikan kepada 23 juta orang. Pembagiannya adalah 20,5 juta keluarga yang dianggap termasuk daftar penerima BPNT. Lalu ada juga Program Keluarga Harapan (PHK). Serta tidak lupa untuk para Pedagang Kaki Lima (PKL)

BACA JUGA: Cara Cek dan Daftar Bantuan Subsidi Gaji Rp1jt Bagi Pekerja

Perlu diketahui, BLT minyak goreng diberikan kepada 23 juta orang. Rinciannya, 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar penerima BPNT dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta Pedagang Kaki Lima (PKL).

Cek status penerimaan Anda untuk Bansos Minyak goreng dengan cara sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi Cek Bansos yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) KLIK DI SINI
  2. Lakukan registrasi dengan mengisi data yang diperlukan, mulai dari nama lengkap, alamat, e-mail, nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), hingga foto.
  3. Tunggu proses verifikasi dari pihak Kemensos. Jika sudah terverifikasi, maka bisa langsung mengakses menu-menu yang ada di aplikasi Cek Bansos

Bagaimana jika Anda belum terdaftar sebagai penerima Bansos?


Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.