Bansos BPNT Masih Disalurkan Tahun Ini, Segera Daftar!

Simak informasi lengkap dan langkah-langkah mendapatkannya di sini

Bansos BPNT Masih Disalurkan Tahun Ini, Segera Daftar!
Ilustrasi penyaluran bansos. Sumber Foto: ANTARA FOTO/Yusran Uccang

Dilansir dari akun Instagram resmi Kemensos, bansos akan terus disalurkan pada tahun 2022. Salah satu bansos tersebut adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Adapun BPNT akan disalurkan kepada 18 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Lalu, bagaimana cara mendapatkan BPNT?

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Bansos BPNT tidak dapat dicairkan. Hal ini dikarenakan bansos jenis ini hanya dapat digunakan untuk membeli bahan-bahan pokok seperti telur dan beras secara non tunai. Bahan-bahan pokok tersebut dibeli di warung atau toko yang telah terdaftar sebagai e-warong.

BACA JUGA: Cara Daftar Bansos PKH Bulan Ini Melalui Aplikasi Berikut

Perlu diingat bahwa penerima Bansos BPNT harus terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Untuk mengecek nama Anda di dalam DTKS, silakan akses ke situs cekbansos.kemensos.go.id dan ikuti langkah-langkahnya. Selain itu, Anda bisa pula mengeceknya melalui Aplikasi Cek Bansos dengan klik menu “Cari Data”.

Apabila belum terdaftar di dalam DTKS, Anda bisa mendaftarkan diri ke kantor desa/kelurahan setempat. Jangan lupa untuk membawa dokumen berupa KTP dan KK. Namun demikian, prosesnya cukup panjang karena harus melalui tahap-tahap birokrasi dari mulai musyawarah desa/kelurahan hingga sampai ke Menteri Sosial.

BACA JUGA: 3 Cara Daftar DTKS Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

Selain datang ke kantor desa/kelurahan, Anda bisa pula mendaftar melalui Aplikasi Cek Bansos. Caranya sebagai berikut.

  1. Buka “Aplikasi Cek Bansos”
  2. Klik tombol menu ‘Daftar Usulan” pada halaman menu.
  3. Klik “Tambah Usulan”
  4. Isi form sesuai data kependudukan yang Anda miliki.
  5. Pilih jenis bantuan, yaitu BPNT.
  6. Unggah 2 foto yang terdiri dari foto KTP serta foto bagian rumah tampak depan.

Setelah terdaftar di DTKS, Anda bisa datang ke kantor desa/kelurahan guna pencocokan data dari KTP dan KK dengan daftar KPM. Apabila sudah sesuai, Anda bisa membuka tabuingan dengan tahapan sebagai berikut.

  1. Isilah formulir pembukaan rekening tabungan.
  2. Tandatangani formulir pembukaan rekening tabungan Anda.
  3. Aktivasi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Kartu Kombo yang nantinya akan berfungsi sebagai uang elektronik.
  4. Setelah diaktivasi, Anda akan menerima nomor PIN. Harap catat atau simpan nomor PIN tersebut supaya transaksi lancar.
  5. KKS pun sudah menjadi milik Anda.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, KKS difungsikan sebagai uang elektronik karena digunakan untuk membeli beras dan/atau telur sesuai yang Anda inginkan. Pembelian dapat dilakukan di toko atau warung yang telah terdaftar sebagai e-warong. Ketika berada di e-warong, lakukan transaksi dengan langkah-langkah berikut.

  1. Lakukan pengecekan saldo di dalam KKS melalui mesin EDC dengan memasukkan nomor PIN terlebih dahulu.
  2. Pilih jenis bahan pangan, seperti beras dan telur. Pilih sesuai jumlah yang dibutuhkan.
  3. Belilah bahan pangan dengan memasukkan nominal harga beserta nomor PIN pada EDC.
  4. Terima bahan pangan yang telah dibeli beserta bukti transaksi Anda.

Pembelian bahan pangan tidak harus sampai menghabiskan saldo. Apabila saldo masih tersisa sementara jumlah bahan pangan sudah sesuai kebutuhan, maka sisa saldo tersebut masih bisa digunakan untuk transaksi berikutnya.

Perlu pula diketahui bahwa transfer dana Bansos BPNT dilakukan setiap tanggal 25 pada setiap bulan. Jadi, apabila Anda ingin menambah saldo Bansos BPNT, harap bersabar hingga tanggal 25 tiba.

Setiap hendak melakukan transaksi, pastikan KKS selalu berada di dalam dompet supaya tidak hilang. Jika KKS hilang, Anda harus mengurusnya di kantor bank pusat. Waktu pengurusannya pun hingga 15 hari kerja. Tentunya ini akan menyita waktu, tenaga, serta uang Anda. (jow)

BACA JUGA: 6 Bansos dari Pemerintah yang akan cair tahun 2022

Written by Alfat Eprizal