3 Cara Daftar DTKS Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

DTKS Adalah syarat utama untuk Anda bisa menerima Bansos dari Pemerintah

Cara Daftar DTKS Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

Cara daftar DTKS Data Terpadu Kesejahteraan Sosial merupakan langkah awal Anda untuk bisa menerima beragam manfaat Bantuan Sosial (Bansos) dari pemerintah. Hingga saat ini pemerintah setidaknya terus menyalurkan Bansos PKH Rp3juta dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai). Tetapi masih banyak masyarakat yang belum memahami syarat penting untuk menerima Bansos tersebut yakni terdaftar dalam DTKS.

Sehingga masyarakat yang seharusnya bisa merasakan manfaat Bansos pun harus gigit jari karena infomasi yang kurang dipahami. Dalam artikel ini jadiberita.com telah menyusun tata cara untuk mendaftar DTKS baik online maupun offline. Ikuti dan baca artikel ini sampai selesai agar tidak salah dalam melakukan pendaftaran DTKS.

Apa itu DTKS ?

Illustrasi Apa itu DTKS?
Illustrasi Apa itu DTKS?

Menurut informasi yang didapatkan jadiberita.com melalui laman resmi DTKS Kemensos RI, DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial adalah pusat data yang menjadi acuan apakah seseorang layak menerima Bansos atau tidak. Jadi bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat Bantuan Sosial dari Pemerintah wajib terdaftar di DTKS dulu.

Adapun manfaat Bantuan Sosial yang akan diterima oleh mereka yang terdaftar di DTKS yaitu Kartu Sembako, PKH, PBIJK, termasuk KIP Kuliah.

Jadi apa itu DTKS meliputi Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). DTKS memuat data sekitar 40% penduduk yang mempunyai status kesejahteraan sosial terendah di Indonesia.

Syarat daftar DTKS


Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.