5 Manfaat Menggunakan Top Level Domain untuk Bisnis Online

5 Manfaat Menggunakan Top Level Domain untuk Bisnis Online

Anda adalah seorang yang memiliki bisnis online dan sedang bingung menentukan domain yang tepat untuk website Anda?

Sebenarnya, bukal hal yang aneh ketika Anda masih bingung dengan banyaknya domain yang beredar. Namun sebagai pemilik bisnis khususnya bisnis online, mengetahui hal ini menjadi cukup penting karena seperti yang kita tahu bahwa domain yang Anda gunakan juga bisa menunjukkan identitas bisnis Anda.

Domain sendiri terdiri dari beberapa bagian, di mana salah satu bagian yang perlu Anda ketahui adalah domain TLD atau Top Level Domain, karena dengan menggunakan top level domain ini ada banyak manfaat yang bisa meningkatkan bisnis yang Anda jalankan.

Apa Itu Top Level Domain (TLD)?

Top level domain  merupakan bagian dari domain yang menjadi identitas atau fungsi dari website yang Anda miliki. Top level domain biasanya terdapat di bagian akhir nama domain yang terletak setelah tanda titik atau “dot” terakhir pada domain.

Top level domain membantu pengunjung website Anda dalam mengidentifikasi website yang Anda miliki, seperti dari negara mana atau di negara mana Anda ingin website bisnis Anda digunakan oleh user pengguna internet, apakah website Anda termasuk milik umum atau suatu lembaga tertentu seperti pemerintah, dan masih banyak lagi.

Secara umum, top level domain dibagi menjadi 3 golongan sesuai dengan fungsinya. Berikut ini adalah 3 golongan yang perlu Anda ketahui.

Generic Top Level Domain (gTLD)

Generic top level domain adalah domain paling umum yang memungkinkan berbagai macam user untuk menggunakannya. Contoh umum dari tipe top-level domain ini adalah .com, .org, .net, .xyz, .name, .biz, .info.

Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Country code top level domain biasa digunakan sebagai penunjuk negara untuk website bisnis Anda. Code yang digunakan juga berasal dari kode ISO untuk suatu negara. Contohnya antara lain .es (Spanyol), .ru (Rusia), .us (Amerika Serikat), .ca (Kanada), .nl (Belanda), .de (Jerman), .fr (Perancis), .in (India), .ch (Switzerland), .jp (Jepang), .cn (Tiongkok), .br (Brazil), .id (Indonesia), dan lain sebagainya.

Sponsored top level domain adalah jenis generic top level domain yang digunakan untuk keperluan organisasi privat. Pengguna yang ingin mendaftarkan situsnya dengan domain ini harus mengikuti aturan tertentu. Contoh dari domain ini antara lain .gov, .edu, .int, .mil, .mobi, .jobs, .tel, .post, .asia.

Manfaat Menggunakan Top Level Domain untuk Bisnis Online

Setelah mengetahui apa itu top level domain, sekarang mari kita cari tahu apa saja manfaat menggunakan top level domain untuk kebutuhan bisnis online milik Anda.

1.Lebih Dipercaya

Saat Anda hendak membuat website, tentu Anda berharap bahwa segala informasi yang Anda sampaikan bisa dipercaya oleh pengunjung website bukan? Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung adalah dengan menggunakan top level domain untuk website Anda.

2.Profesional

Manfaat selanjutnya dari penggunaan top level domain adalah bisnis yang Anda jalankan akan dipandang sebagai bisnis yang profesional oleh pelanggan Anda. hal ini sebab identitas bisnis Anda lebih jelas dibanding jika menggunakan domain gratisan.

3.Mudah Diingat

Menggunakan top level domain untuk website Anda mungkin tidak memberikan pengaruh langsung terhadap SEO. Namun menggunakan domain TLD bisa mempengaruhi ingatan pengunjung website Anda. mereka akan lebih mudah mengingat bisnis yang Anda jalankan termasuk produk yang Anda tawarkan. Salah satu domain TLD yang sudah sangat familier bagi banyak orang adalah domain .com.

4.Meningkatkan Nilai Jual Produk Anda

Apakah bisa membayangkan bagaimana jika website yang Anda kelola sudah lebih dikenal banyak orang dan semakin berkembang? Ya, tentu hal tersebut akan membantu Anda dalam meningkatkan nilai jual produk yang Anda tawarkan. Salah satu hal yang bisa membuat website Anda berkembang hingga mendapatkan nilai jual yang tinggi adalah dengan menggunakan top level domain.

5.Rasa Kepemilikan yang Lebih Besar

Bagaimana rasanya menggunakan barang gratisan dengan sesuatu yang dikelola dengan profesional? Tentu dua hal tersebut memiliki perbedaan bukan? Hal tersebut sama dengan pengelolaan website yang Anda miliki. Pengelolaan website secara gratisan akan sangat berbeda dengan website yang didapat dengan cara berbayar. Meski tidak semua, namun website gratisan biasanya dikelola dengan lebih asal-asalan. Sedangkan website berbayar biasanya dikelola lebih serius dan profesional. Saat Anda menggunakan top level domain pada website Anda, besar kemungkinan Anda akan mengelola dan merawatnya lebih serius, karena ada rasa kepemilikan yang lebih besar terhadap website tersebut.

Nah itulah tadi informasi terkait top level domain dan manfaat yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan domain TLD. jadi apakah Anda mulai tertarik untuk membuat website dengan  domain TLD?

Sebagai penyedia layanan hosting dan domain, Jetorbit menyediakan domain murah untuk Anda. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Ada juga domain protection yang bisa menyembunyikan data pribadi Anda. Untuk bisa mendapatkan domain protection ini, Anda bisa melihat panduannya di cara order domain protection.

Tidak hanya itu, ada pula produk lain dari Jetorbit yang tidak kalah menarik seperti paket web hosting, email hosting, wordpress hosting, cloud vps managed, jasa pembuatan website, dan lain-lain. Jadi, yuk kembangkan bisnis Anda bersama Jetorbit sekarang juga! (jow)