Cara Mudah Beli Saham Blue Chip

Cara Mudah Beli Saham Blue Chip
Foto: www.emitennews.com

Cara mudah beli saham blue chip, bagaimana sih?. Untuk memperoleh keuntungan yang banyak, biasanya investor memilih beli saham jangka panjang. Anda pun harus memilih saham terbaik atau blue chip sehingga bisa disimpan jangka panjang.

Jika Anda ingin berinvestasi secara aman dengan profit yang stabil, maka Anda bisa memilih saham blue chip. Cara main saham blue chip juga sama seperti saham lainnya hanya saja Anda harus menyimpannya jangka panjang.

Pengertian Saham Blue Chip

Sebelum membahas cara mudah beli saham blue chip, maka Anda harus tahu lebih dulu pengertian saham blue chip. Saham blue chip ialah saham yang dikeluarkan oleh perusahaan dimana mempunyai reputasi tinggi.

Biasanya perusahaan emiten saham blue chip mempunyai aset besar dan kondisi perusahaan stabil bertahun-tahun. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan perusahaan membayar dividen tinggi pada seluruh pemegang saham.

BACA JUGA: Cara Aman Investasi Emas di Tahun 2022

Ciri-Ciri Saham Blue Chip

Sebuah perusahaan bisa dikatakan memiliki saham blue chip apabila memenuhi karakteristik berikut:

  1. Perusahaan mempunyai kapitalisasi perusahaan besar seperti nilai dan reputasinya yang baik, jarang terkena masalah, juga mempunyai produk dengan tingkat penjualan tinggi;
  2. Perusahaan telah aktif bertahun tahun pada Bursa Efek dan lot saham diperjualbelikan;
  3. Saham yang ditawarkan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan saham lain dan ramai diperjualbelikan;
  4. Perusahaan mempunyai market share tertinggi apabila dibandingkan dengan kompetitor lain pada industri sama;
  5. Mempunyai hubungan baik dengan investor terutama pembagian keuntungan.

Cara Membeli Saham Blue Chip bagi Investor Pemula

Selanjutnya, untuk Anda yang hendka membeli saham blue chip, maka berikut tips dan cara membeli yang dapat Anda coba:

1. Menyiapkan Budget Investasi yang Memadai

Sebelum membeli saham blue chip, Anda harus mempersiapkan budget investasi yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan memaksakan diri atau menghabiskan seluruh uang Anda, usahakan menggunakan uang dingin untuk investasi.

2. Melakukan riset mendalam pada saham blue chip terbaik

Anda juga perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih saham blue chip mana yang hendak Anda gunakan untuk investasi. Nyatanya, memang tidak seluruh perusahaan berkategori blue chip akan sesuai dengan minat saham Anda.

3. Melakukan Analisis Kinerja Tahunan Perusahaan

Setelah mendapatkan perusahaan blue chip yang sesuai minat Anda, maka Anda harus menganalisis kinerja tahunan perusahaan. Jangan sampai Anda memilih perusahaan dengan profil keuangan yang amburadul.

Jangan sampai juga Anda tertipu dengan perusahaan yang terlihat blue chip namun ternyata sistem perusahaan tidak berlangsung baik. Hal ini bisa berpengaruh pada pembagian deviden untuk para investornya.

4. Cara mudah beli saham blue chip yang sesuai dengan kemampuan

Anda juga harus membeli saham sesuai kemampuan Anda. Apabila dana tabungan Anda tidak memadai untuk membeli blue chip, maka jangan dipaksakan apalagi hingga menjual barang-barang.

Pilihlah jenis saham yang sesuai dengan kemampuan Anda. Saat ini juga sudah terdapat banyak investasi non blue chip yang lebih minim risiko sehingga bisa Anda coba.

Baiklah, mungkin itu saja pembahasan mengenai cara mudah beli saham blue chip. Adanya pembahasan tersebut semoga bisa menjadi panduan bagi Anda yang hendak membeli saham blue chip. Semoga bermanfaat! (jow)

BACA JUGA: Atur Strategi Kamu untuk Mulai Menjalankan Bisnis Saham