Cara Cek Pesanan di Shopee Tanpa Aplikasi

Cara Cek Pesanan di Shopee Tanpa Aplikasi 1

Cek pesanan di Shopee tanpa aplikasi bisa kamu dapatkan cara mudahnya di artikel ini. Hal ini sangat penting bagi kamu yang tidak bisa mengecek pesanan Shopee di aplikasi handphone. Bisa saja karena memori HP kamu penuh sehingga tidak bisa menginstall banyak aplikasi. Jadi untuk kamu yang ingin mendapatkan panduannya baca artikel ini sampai selesai.

Saat berbelanja online di Shopee, dan menyelesaikan proses checkout berikutnya adalah membayar pesanan kamu. Tentu kamu bisa menggunakan pembayaran yang telah dipilih. Seperti dengan ShopeePay, virtual debit atau Indomaret.

Namun sebelum checkout kamu dapat memilih metode pembayaran berbeda. Ketika sudah terlanjur checkout tinggal melakukan pembayaran pesanan kamu tinggal menunggu proses pengepakan dan pengiriman. 

Selanjutnya kamu dapat melacak pesanan menggunakan nomor pelacakan yang disediakan. Dengan ini kamu dapat mengetahui pesanan di Shopee tanpa aplikasi.

BACA JUGA: Cara Mudah dan Aman Belanja di Shopee Pakai Kredivo

Bagaimana cara cek pesanan di Shopee tanpa aplikasi?

Cara Cek Pesanan di Shopee Tanpa Aplikasi
Illustrasi tampilan Shopee di desktop (Foto: Qoala.app)

Jika kamu melakukan transaksi pembelian di Shopee dan ingin memantau langsung proses pengiriman produk yang kamu beli. Di sini kamu dapat memeriksa lewat tanda terima untuk memverifikasi lokasi pesanan kamu secara berkala. 

Ada dua cara yaitu dengan menggunakan aplikasi Shopee dan menggunakan situs web Shopee. Adapun cara melihat pesanan kamu di Shopee tanpa aplikasi yang dapat di kerjakan melalui website dengan langkah berikut ini.

  1. Kamu bisa masuk melalui website shopee di shopee.co.id.
  2. Silahkan login terlebih dahulu ke akun Shopee kamu.
  3. Kemudian arahkan kursor ke nama akun Shopee kamu di pojok kanan atas halaman website Shopee. Lanjutkan dengan klik dan pilih menu Akun Saya.
  4. Pada halaman berikutnya kamu dapat melihat bahwa ada beberapa tab berlabel Unpaid, Packed, Shipped, Completed dan Canceled.

Kamu juga dapat memilih tab dikirim jika pesanan yang dipilih sudah pedagang kirim. Nomor pelacakan telah dikeluarkan bisa membantu kamu melacak keberadaan paket. Lain halnya jika pesanan paket belum terkirim akan muncul di tab yang dikemas.

Di tab label terkirim kamu dapat memilih pesanan yang ingin kamu lacak dan melihat progres pengiriman. Kamu juga dapat melacak nomor resi paket yang kamu beli di Shopee dengan menekan tombol “Lacak” di bagian detail pesanan. Dengan ini kamu akan melihat status pesanan yang dibeli dan memberikan detail pelacakan untuk nomor tanda terima.

Catatan: penting yang harus diperhatikan adalah jika status pesanan masih dalam tahap pengemasan. Itu berarti penjual sedang dalam proses pengepakan paket dan butuh waktu 3 hari untuk dikirim ke alamat tujuan. Jika penjual tidak melakukan pengiriman lebih dari 3 hari maka pesanan kamu akan otomatis dibatalkan dan dikembalikan dalam bentuk saldo ShopeePay kamu.

Saat kamu telah mengkonfirmasi status pesanan yang dikirim maka cukup menunggu paket tiba di rumah kamu sesuai dengan jadwal. Mengetahui pesanan di Shopee tanpa aplikasi mempermudah kamu untuk melacak pengiriman melalui nomor resi. Perlu kamu ketahui bahwa pesanan yang dikirim oleh penjual tidak dapat dibatalkan. 

Jadi kamu bisa menunggu sampai pesanan kamu tiba di rumah. Ketika memiliki masalah dengan pesanan kamu atau punya keluhan lain yang ingin kamu sampaikan. Kamu jangan ragu untuk menghubungi layanan call center Shopee 24/7.

BACA JUGA: Cara Melunasi Shopee PayLater Sekaligus dengan Mudah

Cara Cek Pesanan di Shopee Tanpa Aplikasi dari Luar Negeri

Cara cek pesanan kamu di Shopee tanpa menggunakan aplikasi dari luar negeri sangat gampang. Kamu bisa cek melalui resi dalam beberapa langkah untuk mengecek progres pengiriman. 

Dengan ini kamu bisa pilih item yang ingin kamu lacak secara detail dan klik untuk melihat progres pengiriman. Bahkan kamu juga dapat melihat perkiraan waktu yang dibutuhkan paket kamu untuk mencapai tujuannya.

Bagaimana cara membatalkan pesanan di Shopee?

Setelah kamu memahami cara cek pesanan di Shopee tanpa aplikasi. Mungkin kamu ingin membatalkan pesanan yang sudah di checkout. Namun statusnya belum dibayar dan barang belum terkirim ini masih bisa terjadi. Namun ketika barang yang sudah dikirim maka tidak dapat dibatalkan sekalipun cara pembayarannya cash on delivery. Ada cara bagi kamu untuk membatalkan pesanan COD di Shopee berikut ini.

Saat Pesanan Belum Terkirim

Jika pesanan kamu belum dikirim dapat menghubungi penjual untuk membatalkan pesanan berikut alasan. Bisa juga melalui proses pembatalan dengan cara berikut ini.

  1. Di aplikasi Shopee, masuk ke menu “Saya”.
  2. Kemudian lanjut masuk ke pesanan yang “dikemas”.
  3. Pilih produk yang ingin kamu batalkan.
  4. Kemudian klik tombol “Batal”.
  5. Selesai.

Saat Pesanan Sudah Tiba

Jika pesanan kamu sudah di rumah hanya perlu menginformasikan kepada kurir jika barang telah dibatalkan. Tapi kamu harus memeriksa bahwa telah mengkonfirmasi dengan penjual. Sehingga kurir akan mengirimkan barang kembali ke penjual.

Lalu bagaimana jika penjual menolak untuk membatalkan system COD Shopee? Sebagai penjual ada banyak alasan. Pesanan kamu telah dikirim dan sistem Shopee belum diperbarui. Untuk menjual produk kamu bisa mengatakan bahwa penjual telah mengirimkan produk sebelum prosedur pembatalan dilakukan.

Sebagai penjual poin kedua ini tidak layak untuk ditiru oleh penjual di mana pun. Karena sebagai penjual kamu membutuhkan profesionalisme dan sportifitas dalam melayani pelanggan agar tidak terjadi kekecewaan.

Itulah ulasan tentang cek pesanan di Shopee tanpa aplikasi. Semoga informasi di atas bermanfaat dan jangan lupa untuk bagikan informasi in jika kamu rasa bermanfaat ke sosial media pribadi kamu seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp. Dengan begitu kami akan terus semangat dalam membuat konten-konten bermanfaat lainnya. (jow)

BACA JUGA: Lupa PIN ShopeePay? Tenang Ini Cara Mengatasinya