Don't be Captious

Cara Mengatasi Gagal Seleksi Kartu Prakerja

Cara mengatasi gagal seleksi Kartu Prakerja bisa kamu dapatkan informasi lengkapnya di artikel ini. Simak sampai habis supaya kamu terbantu.

Kartu Prakerja merupakan program pemerintah yang menyediakan berbagai pelatihan guna meningkatkan keterampilan kerja. Supaya bisa mendapatkan pelatihan tersebut, tentu harus mengikuti seleksi terlebih dahulu. Hasil seleksinya pun ada yang lolos, ada yang tidak. Bagi yang sudah lolos, kamu berhak mendapat insentif non tunai yang akan digunakan untuk membeli pelatihan.

Bagi yang tidak lolos, umumnya dijelaskan alasannya pada bagian bawah pemberitahuan. Alasannya pun beragam. Sebagian besar tidak lolos karena alasan seperti berikut.

Penyebab Tidak Lolos Seleksi Kartu Prakerja

  1. Ketidaksesuaian antara NIK di KTP dan KK.
  2. Masuk kategori yang dilarang mendaftar Kartu Prakerja.
  3. Data yang dimasukkan tidak valid.
  4. Kuota gelombang sudah habis.
  5. Sudah melampaui batas maksimum KK.
  6. NIK terdaftar di lembaga lain.

Berdasarkan beberapa alasan di atas, kami akan jelaskan mengenai cara mengatasinya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Gagal Seleksi Kartu Prakerja karena Ketidaksesuaian NIK di KTP dan KK.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu menghubungi Direkrorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) melalui Whatsapp ke nomor di bawah ini.

  • 0811 1902 4156
  • 0811 1902 4157
  • 0811 1902 4158
  • 0811 1902 4159
  • 0811 1902 4160
  • 0811 1902 4161
  • 0811 1902 4162
  • 0811 1902 4163
  • 0811 1902 4164
  • 0811 1902 4165

Adapun cara menghubunginya dengan menggunakan format seperti berikut :

#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga(16 digit nomor)#Nomor_telepon#alamat_email#permasalahan, lalu kirim ke salah satu nomor di atas.

Sesudah mengirim pesan, pihak Dukcapil akan memberikan link untuk mengisi formulir untuk menampung informasi yang diminta. Isilah form tersebut dengan menggunakan bahasa baku dan kalimat yang efektif.

Apabila ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat, silakan hubungi call center Dukcapil di nomor 1500 537.

Cara Mengatasi Gagal Seleksi Kartu Prakerja
Illustrasi form pendaftaran prakerja

Cara Mengatasi Gagal Seleksi Kartu Prakerja karena Masuk Kategori yang Dilarang Mendaftar Kartu Prakerja

Kasus seperti ini diketahui setelah tertulis bahwa peserta masuk ke dalam salah satu kategori yang dilarang mendaftar Kartu Prakerja. Contoh kasusnya seperti ini:

“Kamu menyatakan diri sebagai direksi, komisaris, atau dewan pengawas BUMD.”

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Kartu Prakerja tidak diperuntukkan kepada Pejabat Negara, ASN, Pimpinan dan Anggota DPRD, Anggota Polri, Prajurit TNI, Kepala Desa dan perangkat desa, serta Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMD atau BUMN.

Apabila kamu merasa tidak termasuk ke dalam golongan di atas tetapi mendapat alasan yang sama, cobalah untuk memperbarui data dirimu. Caranya seperti ini.

  1. Masuk ke akun Kartu Prakerja terlebih dahulu.
  2. Apabila muncul tulisan untuk memperbarui data diri, silakan perbarui data dirimu.
  3. Isi semua data dirimu dengan tepat, terutama data pekerjaanmu.
  4. Setelah semua data sudah tepat, lanjut ke halaman berikutnya untuk melihat gelombang seleksi yang tersedia.

Cara Mengatasi Gagal Seleksi Kartu Prakerja karena Data Tidak Valid

Penyebab data tidak valid sebenarnya termasuk ketidaksesuaian NIK di KTP dan KK, tetapi masalah ketidakvalidan data ini bisa pula terjadi karena NIK yang belum diperbarui pada database Dukcapil, data KK belum diperbarui, salah mengetik nomor NIK, atau bahkan server situs Kartu Prakerja sedang down.

Apabila kamu merasa NIK-mu belum diperbarui, silakan konfirmasi melalui Whatsapp ke salah satu nomor Dukcapil yang telah tercantum sebelumnya atau bisa pula menghubungi call center ke nomor 1500 537. Lain halnya apabila data KK belum diperbarui karena kamu harus mendatangi kantor Dinas Dukcapil di daerahmu untuk memperbarui data tersebut.

Apabila kamu merasa salah mengetik nomor NIK, silakan memperbarui data dirimu. Umumnya, situs Kartu Prakerja akan memberitahukan perihal NIK-mu di halaman awal pembaruan data diri. Jika kamu mendapatkan pemberitahuan tersebut, silakan klik “ganti” lalu ketik dengan digit angka yang tepat.

Apabila ketidakvalidan data terjadi karena server down, kamu perlu ubah waktu untuk mengakses akun Kartu Prakerja. Pilihlah waktu saat situs tidak ramai diakses, seperti tengah malam atau pagi buta.

BACA JUGA: Cara Memperbarui Data Diri Kartu Prakerja

Cara Mengatasi Gagal Seleksi karena Kuota Gelombang Sudah Habis

Pada saat mengikuti gelombang sebelumnya, kuotanya mungkin terbatas dan kamu kurang cepat ketika mendaftar sehingga tidak lolos seleksi. Meskipun demikian, kamu jangan menyerah dan cobalah ikuti gelombang berikutnya.

Adapun cara mengetahui gelombang baru dengan mengikuti informasi terbaru melalui akun Instagram Kartu Prakerja. Selain cara tersebut, kamu bisa pula mengetahui gelombang terbaru dengan memperbarui data diri terlebih dahulu. Apabila gelombang baru sudah dibuka, segera ikuti seleksinya.

Cara Mengatasi Gagal Seleksi karena Sudah Melampaui Batas Maksimum NIK

Seperti diketahui, batas maksimum untuk daftar Kartu Prakerja adalah 2 NIK dalam 1 KK. Apabila kamu tidak bisa mendaftar karena kalah cepat dengan adik atau kakakmu, silakan buat Kartu Keluarga baru.

Ketika akan mengurus Kartu Keluarga baru, kamu perlu membawa dokumen berikut :

  1. Kartu Keluarga asli dari orangtua perempuan dan laki-laki
  2. Formulir F I-01 dari desa/kelurahan
  3. Fotokopi buku nikah atau akta nikah (apabila kamu sudah menikah)
  4. Surat Keterangan Domisili dari desa/kelurahan setempat (apabila kamu pindah desa/kelurahan)
  5. Fotokopi akta kelahiran (apabila kamu memiliki)
  6. Fotokopi ijazah SD/SMP/SMA (apabila kamu memiliki)

Setelah semua dokumen sudah lengkap, silakan urus di Dinas Dukcapil setempat dan ikuti prosedur yang berlaku.

BACA JUGA: Cara Masuk Akun Kartu Prakerja yang Lupa Password

Cara Mengatasi Gagal Lolos karena NIK Terdaftar di Lembaga Lain

Kasus seperti ini biasanya terjadi pada peserta Kartu Prakerja yang juga terdaftar sebagai penerima bantuan sosial. Apabila kamu mengalami hal serupa, cobalah atasi dengan cara berikut.

  1. Jika terdaftar sebagai penerima Bantuan Sosial Upah (BSU), silakan cek statusmu di www.bsu.kemnaker.go.id atau hubungi call center-nya di nomor 1500 630.
  2. Jika terdaftar sebagai penerima bansos PKH, BPNT, atau PBI, silakan lapor ke dtks.kemensos.go.id.
  3. Jika terdaftar sebagai penerima bansos untuk usaha mikro, silakan cek statusmu di eform.bri.co.id/bpum.
  4. Jika NIK terdaftar di Kemendikbud, silakan sek dan ubah statusmu di sekolah, perguruan tinggi terkait, atau Kemendikbud.

Saat ini, semua situs milik lembaga di atas masih bermasalah. Oleh karena itu, silakan menunggu sampai situs kembali berfungsi normal.

Cara Terakhir

Apabila kamu gagal karena alasan lain, laporkan melalui formulir pengaduan yang tersedia di situs Kartu Prakerja. Silakan klik link form pengaduan ini lalu isi data yang diminta. Aduan kamu akan dibalas melalui email yang telah kamu isi di form pengaduan. Apabila ingin segera mendapat solusi, cobalah konsultasikan melalui live chat Kartu Prakerja atau hubungi call center melalui nomor 08001503001.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi gagal seleksi Kartu Prakerja. Semoga semua informasi di atas mudah diterapkan dan berhasil. Semoga sukses.

BACA JUGA: Cara Mendaftar Kartu Prakerja Plus Tips Tambahan

Latest article