Cara Menggunakan BPJS Faskes Tingkat 1, Ternyata Mudah

Bagaimana sih cara menggunakan BPJS faskes tingkat 1?.Bagi sebagian orang, ternyata masih ada saja yang merasa kebingungan mengenai cara berobat menggunakan BPJS. Pasalnya, dengan BPJS, peserta tak perlu membayar biaya pengobatan karena sudah tercover oleh BPJS Kesehatan.

Buat Anda yang masih kebingungan terkait apakah BPJS bisa digunakan di puskesmas mana saja, maka artikel berikut mungkin bisa membantu menjawab rasa penasaran Anda. Nah, di bawah ini akan dijelaskan mengnai cara penggunaan BPJS sesuai faskes.

Mengenal Fasilitas Kesehatan Tingkat 1

Fasilitas kesehatan pada tingkat pertama atau disebut faskes tingkat 1 ialah tempat pertama yang bisa menjadi rujukan, atau harus didatangi oleh peserta BPJS sebagai tempat untuk berobat.

Faskes tingkat 1 ini biasanya meliputi klinik kesehatan, dokter umum, ataupun puskesmas dimana telah bermitra dengan BPJS Kesehatan. Biasanya Faskes tingkat ini disebut juga dengan Faskes primer.

Ketika peserta BPJS hendak berobat ke rumah sakit, maka Anda harus memperoleh rujukan terlebih dahulu dari faskes tingkat 1. Faskes tingkat 1 ini juga sudah Anda pilih sebelumnya ketika mendaftar kepesertaan BPJS Kesehatan.

Dengan demikian, Anda tidak bisa sembarangan mendatangi faskes tingkat 1 untuk mendapatkan rujukan. Lantas bagaimana sih cara menggunakan BPJS Faskes tingkat 1 ini? Berikut adalah langkah-langkahnya.

BACA JUGA: Cara Mudah Dapat Kacamata dari BPJS Kesehatan

Persyaratan Cara Menggunakan BPJS Faskes Tingkat 1

Jika Anda hendak berobat pada faskes tingkat 1 sebagai peserta BPJS Kesehatan, maka Anda harus memenuhi dokumen prasyaratan administrasi sebagai berikut :

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi
  2. Kartu BPJS Kesehatan asli dan fotokopi
  3. Kartu Keluarga

Setelah membawa syarat tersebut, maka selanjutnya Anda bisa langsung menggunakan BPJS Kesehatan Faskes 1.

Cara Menggunakan BPJS Faskes Tingkat 1, Ternyata Mudah
Illustrasi Pelayanan BPJS Kesehatan Faskes Tingkat 1 (Detik Finance)

Cara Menggunakan BPJS Kesehatan di Faskes Tingkat 1

Berikut ialah proses pengobatan pada faskes tingkat 1 yang memang harus Anda ikuti dengan baik untuk memproses pengobatan;

  1. Kunjungilah faskes tingkat 1 yang telah Anda pilih ketika registrasi kepesertaan;
  2. Lakukan registrasi atau pendaftaran terlebih dahulu pada ruang yang tersedia di klinik ataupun puskesmas;
  3. Tunjukkan kartu BPJS Kesehatan Anda beserta KTP;
  4. Nantinya, petugas akan melakukan pengecekan terhadap masa aktif kepesertaan BPJS Anda;
  5. Apabila Anda masih aktif terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, maka Anda akan memperoleh penanganan pertama di faskes tingkat 1 seperti cek tekanan darah, anamnesa terkait pertanyaan seputar riwayat kesehatan Anda;
  6. Nantinya, apabila sudah tiba giliran Anda maka Anda akan dipanggil, kemudian dokter menentukan hasil pemeriksaan dimana pengobatan dapat dilakukan dengan merujuk ke Faskes lanjutan, atau bisa ditangani oleh Faskes tingkat 1;
  7. Selanjutnya, Anda akan diberikan resep obat apabila bisa ditangani pada Faskes tingkat 1. Namun, apabila Anda perlu diberikan dilanjutkan ke Faskes lanjutan maka Anda akan diberikan surat rujukan;
  8. Jika Anda memperoleh resep, maka Anda bisa membawa resep tersebut untuk menebus obat di apotek Klinik ataupun apotek yang terdapat di puskesmas;
  9. Sementara jika Anda mendapatkan surat rujukan, maka Anda bisa segera menuju faskes lanjutan yang Anda pilih sesuai rekomendasi dokter;
  10. Ketika administrasi telah selesai, maka Anda sebagai pasien sudah diperbolehkan untuk pulang.

Dari langkah-langkah tersebut dapat dipahami bahwa ketika Anda memperoleh resep obat, maka Anda bisa mencari pada apotek di Faskes 1. Apabila obat tersebut tidak tersedia, maka cobalah untuk mencari pada apotek lain yang bermitra dengan BPJS.

Sementara itu, ketika penyakit yang Anda derita tidak bisa ditangani oleh dokter di faskes tingkat 1, dan membutuhkan dokter spesialis di faskes lanjutan seperti rumah sakit, maka dokter pada faskes tingkat 1 akan memberikan Anda surat pengantar agar bisa dirujukan ke rumah sakit.

Bagaimana? Mudah bukan cara berobat di faskes tingkat 1 melalui puskesmas atau klinik sebagai faskes primer dengan kartu BPJS. Dari sini Anda perlu memahami bahwa Anda tidak bisa asal berobat ke fasilitas kesehatan di luar yang Anda pilih sebelumnya.

Mungkin itu saja, yang bisa disampaikan mengenai cara menggunakan bpjs faskes tingkat 1. Semoga dengan tutorial yang disampaikan di atas Anda tak sembarangan lagi mengunjungi fasilitas kesehatan untuk berobat ataupun memeriksakan kesehatan Anda. (jow)

BACA JUGA: Ini Dia Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan secara Online

Written by Dimas Drajat

Anak UI yang lagi membangun personal branding

10 Game Penghasil Uang Terbaru yang Wajib Kamu Coba

Cara Mengurus BPJS Kesehatan Pindah Faskes dengan Mudah