Daftar Penerima BLT BBM Tahap 2, Nov-Des 2022 Cek di Sini

BLT BBM tahap 2

Kapan BLT BBM Tahap 2 Cair?, itulah hasil pencarian yang kini sedang trending di google. Rupanya BLT BBM Tahap 2 akan cair pada November – Desember 2022 oleh pemerintah. Maka dari itu simak ulasan lengkapnya di sini untuk mendapatkan informasi terkini mengenai cara daftar hingga cara mencairkan BLT BBM yang bisa Anda nikmati sebentar lagi.

Menurut informasi yang dihimpun oleh tim jadiberita.com, pemerintah akan mulai memberikan BLT BBM yang sudah memasuki tahap 2 melalui PT Pos Indonesia. Kabarnya proses penyaluran kepada masyarakat akan berlangsung mulai dari 23 November 2022.

“Pada Rabu, Kamis, Jumat (23-25 November 2022) telah tersalurkan kepada 3 juta KPM (keluarga penerima manfaat). Rata-rata per hari kita salurkan kepada satu jutaan KPM,” ujar Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia Haris dalam keterangannya kepada media di Jakarta, Minggu, 27 November 2022.

Mengenai besaran uang yang akan diterima oleh masyarakat untuk bantuan BLT BBM Tahap 2 ini adalah Rp 600.000. Namun para penerima bantuan tidak langsung menerima dalam jumlah tersebut melainkan Rp150.000 per bulan.

Maka dari itu proses pencairan BLT BBM Tahap 2 berlangsung selama dua bulan yakni mulai November hingga Desember 2022.

Sehingga pada penerimaan BLT BBM Tahap 2 ini, mereka yang akan menerima uang secara total adalah Rp300.000.

Apa sih BLT BBM itu dan apa manfaatnya untuk Masyarakat?

Memasuki pencairan tahap 2, program BLT BBM dari pemerintah pada kenyataannya masih belum paham secara menyeluruh oleh masyarakat. Terutama mereka yang tidak mendapatkan akses informasi yang cukup memadai. Oleh karena itu kami akan kembali menjelaskan kepada Anda secara singkat tentang BLT BBM dan manfaatnya bagi masyarakat.

Mengutip laman resmi kemensos.go.id, Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak atau BLT BBM bertujuan untuk meringankan beban ekonomi dan menjaga daya beli masyarakat miskin yang terdampak langsung karena kenaikan harga BBM secara global.

Sehingga masyakarat miskin yang mengalami dampak langsung akibat kenaikan harga BBM dapat terbantu dengan adanya BLT BBM ini. Agar tepat sasaran tentunya pemerintah akan mengatur syarat dan tata cara penerimaan BLT BBM agar tidak disalahgunakan.

BLT BBM Tahap 2
Infografis penjelasan BLT BBM (Foto: kemensos.go.id)

Syarat menerima BLT BBM Bulan Desember 2022

Agar Anda dapat menerima BLT BBM di Desember 2022 sebaiknya baca Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2022 yang didalamnya menyebutkan siapa saja masyarakat yang layak untuk menerima Bantuan Langsung Tunai BBM.

  1. Warga negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Bukan aparatur sipil negara (ASN), TNI, atau Polri.
  3. Peserta aktif mengikuti program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai Juli 2022.
  4. Setidaknya peserta menerima gaji paling banyak sebesar Rp3,5 juta.
  5. Apabila tidak memiliki pekerjaan tetap, peserta yang termasuk kategori miskin, harus sudah tercatat datanya sebagai penerima manfaat bantuan di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).

BACA JUGA: 6 Bansos dari Pemerintah yang akan cair tahun 2022

Cara mendaftar BLT BBM Bulan Desember 2022 Melalui HP

  1. Pertama-tama install atau download aplikasi resmi cek bansos yang tersedia di Google Play.
  2. Lalu setelah aplikasi terinstall dan dibuka, pilih BUAT AKUN BARU kemudian isi semua kolom yang tersedia. Jangan sampai ada yang tidak diisi karena ini adalah salah satu tahapan penting untuk menentukan Anda akan mendapatkan bantuan langsung tunai atau tidak.
  3. Setelah semua data seperti Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk KTP, swafoto dengan KTP dan foto KTP Anda isi, lalu data tersebut akan di cek oleh Kemensos. Pada tahapan ini Anda cukup menunggu prosesnya selesai.
  4. Jika berhasil maka pendaftaran Anda akan terbukti dengan akun dan user ID yang sudah aktif di aplikasi cek bansos.
  5. Tahap berikutnya adalah Login dengan user ID dan kata sandi milik Anda.
  6. Lalu pilih pada menu DAFTAR USULAN. Isi semua data yang sesuai dengan KTP Anda.
  7. Lalu di tahapan ini Anda juga jangan lupa untuk melampirkan foto kondisi rumah terkini. Hal ini guna memastikan bahwa Anda adalah benar-benar layak untuk menerima BLT BBM bulan Desember 2022.
  8. Kemudian masuk ke tahapan validasi dan verifikasi data oleh Kementrian Sosial.
  9. Terakhir, Anda dapat mengecek apakah pengajuan disetujui atau tidaknya melalui menu CEK BANSOS di aplikasi yang sama.

Saya sudah mendaftar BLT BBM, bagaimana cara mengeceknya?

Banyak sekali masyarakat yang belum paham proses untuk mendapatkan BLT BBM dari pemerintah. Terutama setelah proses pendaftaran seperti telah dibahas diatas. Namun Anda tidak perlu khawatir, kami akan berikan langkah-langkah cara mengeceknya dibawah ini.

  1. Buka browser dan masuk ke laman https://cekbansos.kemensos.go.id/.
  2. Masukkan data wilayah penerima yang terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa.
  3. Setelah itu, masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP.
  4. Masukkan kode Captcha yang terdiri dari 8 digit huruf
  5. Setelah data yang dimasukkan benar, klik tombol CARI DATA dan klik.
  6. Jika nama Anda muncul, maka Anda sudah terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat dalam DTKS dan berhak mendapatkan BLT BBM Rp 600 ribu.

Jika Sudah Terdaftar Ini Cara Mencairkan BLT BBM

Setelah proses pendaftaran dan informasi kepastian bahwa Anda sudah layak mendapatkan BLT BBM saatnya datang ke Kantor Pos terdekat untuk proses penerimaan bantuan. Namun sebelum datang siapkan beberapa dokumen penting yang jangan sampai ketinggalan serta proses tahapan pencairannya berikut ini.

  1. Membawa surat undangan pencairan, KTP, dan KK ke kantor pos terdekat (undangan pencairan diberikan pemerintah desa atau RT/RW setempat
  2. Datang ke kantor pos sesuai jadwal undangan
  3. Ambil nomor antrian
  4. Serahkan berkas
  5. Setelah berkas mendapatkan verifikasi, Anda bisa mendapatkan BLT BBM

BACA JUGA: Cara mengecek bantuan blt, penjelasan lengkapnya, hingga jenis-jenis bansos tahun 2022