10 Peluang Bisnis Tahun 2023 untuk yang Hobi Main Game

Peluang Bisnis Tahun 2023 untuk yang Hobi Main Game
Foto: Freepik.com

Lagi cari rekomendasi peluang bisnis tahun 2023 untuk yang hobi main game?, jika iya, kamu sedang berada di tempat yang tepat. Sebab kami akan mengulas secara lengkap bagaimana cara merubah hobi main game kamu jadi cuan di tahun ini.

Sebuah hobi diperlukan untuk melepas penat, termasuk bermain game. Saat bermain game, beban pikiran seolah tersedot oleh dunia virtual di dalam game. Hal ini menjadi sesuatu yang menyenangkan, apalagi jika meraih kemenangan.

Tak hanya bisa melepas penat, game juga bisa mendatangkan untung di dunia nyata. Ada pepatah yang bilang kalau pekerjaan paling enak di dunia adalah hobi yang dibayar. Dengan begitu kamu akan mengerjakannya dengan penuh suka cita dan tetap mendatangkan cuan.

Jadiberita.com telah merangkum 10 daftar peluang bisnis menjanjikan di tahun 2023 bagi kamu yang punya hobi main game. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Youtuber Game

Peluang bisnis youtuber game
Youtuber Game Terpopuler di Indonesia MiawAug (Foto: sonora.id)

Bagi kamu yang telah lama menjadi gamer dan ingin mendapatkan penghasilan, bisnis youtuber bisa kamu coba. Melalui channel YouTube, kamu bisa membagikan semua pengalaman dan pengetahuanmu soal game.

Tak hanya membagikan pengetahuan dan pengalaman, hiasilah kontenmu dengan hal-hal menarik, entah dengan unboxing produk, live streaming game, atau dengan parodi. Hal itu supaya penonton tidak merasa bosan dan jumlah subscriber terus bertambah. Saat subscriber bertambah, di situlah penghasilan juga bertambah melalui Adsense dan jasa endorsement.

Supaya mendapat gambaran, kamu bisa menonton Youtuber game sukses seperti MiawAug, Jess No Limit, Dyland Pros, dan Windah Basudara.

2. Peluang Bisnis Jasa Joki Game tahun 2023

Peluang Bisnis Tahun 2023 membuka jasa joki game
Salah satu Joki Game Sukses di Indonesia Bangkit Pratama (foto: Tribun)

Apabila kamu jago dalam bermain game dan ingin mendapat penghasilan, joki game bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menaikkan level milik orang lain dengan kemampuanmu. Jasa joki game merupakan peluang bisnis tahun 2023 yang cukup menjanjikan hingga beberapa tahun kedepan. Sebab, perkembangan game online dan game di mobile akan semakin maju. Banyak developer game yang bermunculan serta banyak juga kompetisi game online yang diadakan di Indonesia seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

Setelah berhasil menaikkan level, klien akan membayarmu. Jumlah bayarannya bergantung pada tingkat level yang dicapai. Semakin tinggi levelnya, semakin besar pula bayarannya. Bahkan, kamu bisa pula meraih jutaan rupiah apabila berhasil meraih level tingkat dunia.

Jasa joki game sebenarnya bukan hal baru di Indonesia. Sudah ada nama seperti Haikal dan Segaf. Mereka adalah joki game online yang sudah meraih omzet hingga 80 juta rupiah. Kesuksesan mereka bisa kamu jadikan inspirasi.

3. Reseller Top Up Game

Peluang bisnis Reseller Top Up Game
Ilustrasi jasa layanan top up game (foto: arenalte.com)

Bisnis ini sistemnya sama seperti bisnis pulsa. Cukup sediakan voucher top up dengan beragam metode pembayaran, kamu sudah bisa mendapat penghasilan.

Terkait harga, voucher top up memiliki harga yang terjangkau. Berdasarkan hasil penelusuran kami, harga termurah untuk voucher top up adalah Rp 1.000,- untuk mendapatkan 5 diamonds Free Fire.

Apabila berminat menjadi reseller, kamu bisa mendaftar di marketplace atau platform terpercaya seperti Bukalapak, Dunia Games, UniPin, Tokopedia, dan Uniplay. Ikuti semua langkah-langkahnya dan belilah produk-produk voucher game sesuai modal yang kamu miliki.

BACA JUGA: Cara Jualan Online Tanpa Stok Produk di Tahun 2023

4. Jasa Pengisian Game

Peluang bisnis Jasa Pengisian Game
Ilustrasi jasa pengisian game

Bagi kamu yang gemar bermain PS dan mempunyai teman atau saudara yang kegemarannya sama, jasa ini bisa dicoba. Jasa ini berguna karena tidak semua penggemar PS3 atau PS4 yang mampu mengisi game sendiri.

Terdapat contoh yang bisa kamu amati dan modifikasi. Seperti di forum Kaskus. Di sana, terdapat jasa isi game PS3 dengan harga yang terjangkau. Setelah perhatikan cara promosi mereka, kamu bisa membuat suatu hal yang sedikit berbeda, seperti mengisi game dengan harga Rp 10.000,- per game dan gratis flashdisk.

5. Jasa Rakit PC Gaming

Peluang Bisnis Jasa Rakit PC Gaming
Ilustrasi jasa rakit PC gaming

Apabila ada teman atau saudaramu yang membeli komponen PC gaming, tetapi tidak bisa merakit sendiri, di situlah kamu bisa menawarkan jasamu. Modalnya hanya keterampilan yang kamu gunakan saat merakit PC milikmu.

Terkait harga jasa, kamu bisa sesuaikan dengan harga barang yang dirakit. Umumnya, harga setiap komponen PC gaming seharga ratusan hingga jutaan rupiah. Oleh sebab itu, kamu bisa mematok harga jasa berkisar 100-500 ribu rupiah.

6. Bisnis Warnet Gaming

Peluang Bisnis Bisnis Warnet Gaming
Ilustrasi usaha bisnis warnet gaming (Foto: patriotdesadigital.id)

Saat game online ponsel sedang merebak, game PC tetap menjadi pilihan bagi sebagian penyuka game. Meskipun penggemarnya tidak sebanyak game ponsel, game PC tidak akan cepat meredup karena inovasi yang terus dilakukan oleh pengembang. Peluang ini patut kamu ambil untuk membuka bisnis warnet khusus gamer.

Modal untuk membuka warnet memang terbilang besar, yakni kurang lebih 29 juta rupiah. Jumlah tersebut tidak termasuk sewa tempat apabila kamu memiliki ruang kosong di rumah.

Meskipun modalnya besar, kamu bisa meraih keuntungan bersih berkisar 26 juta apabila warnet jarang sepi pengunjung. Oleh sebab itu, kamu mesti mempromosikan warnetmu supaya tidak sepi.

7. Mentor Gaming

Peluang Bisnis Mentor Gaming
Ilustrasi Mentor Gaming yang kini tengah populer sebagai salah satu profesi yang dibayar mahal di Indonesia (Foto: oneesports.id)

Peluang bisnis tahun 2023 untuk yang hobi main game berikutnya adalah bisnis ini cocok untukmu yang sudah mahir dalam bermain game. Dengan menjadi mentor, kamu bisa membagikan ilmu dan teknik dalam menaikkan level, mendapatkan suatu item, menyelesaikan misi, hingga memenangkan suatu kompetisi e-sports.

Sebagai permulaan, kamu bisa menawarkan jasamu di platform seperti Superprof. Di sana, terdapat puluhan guru gaming yang menawarkan jasanya. Bahkan, adapula yang mendapatkan ulasan positif. Meskipun demikian, kamu bisa mengungguli guru lainnya dari segi harga sehingga pasanglah harga minimal 30 ribu rupiah per jam.

8. Blogger Niche Game

Peluang bisnis Blogger Niche Game
Ilustrasi blogger niche game (foto: medium.com)

Apabila kamu terampil menulis dan hobi bermain game, bisnis ini cocok untukmu. Kamu bisa menuliskan pengalaman dalam memainkan suatu game. Siapa tahu, pengalamanmu dianggap berguna bagi pemain lain.

Tak hanya pengalaman dalam bermain game, apabila kamu pernah menggunakan suatu perangkat game, silakan tulis di blogmu. Tulislah dengan jujur dan tidak bertele-tele. Jika kamu konsisten, tawaran endorsement akan datang padamu. Terimalah tawaran tersebut supaya mendapat penghasilan.

Tak hanya endorse, penghasilan juga bisa didapat dari iklan. Daftarkan blogmu di Google Adsense dan dapatkan penghasilan dari iklan yang diklik oleh pengunjung blogmu.

9. Bisnis Penjual Akun Game

Peluang Bisnis Tahun 2023 menjual akun game
Itemku salah satu website marketplace untuk jual beli akun game (foto:itemku.com)

Pilihan bisnis lainnya adalah penjual akun game. Bisnis ini cocok apabila kamu memiliki lebih dari satu akun. Kamu bisa menjualnya di platform marketplace serta komunitas gamer di media sosial.

Saat berjualan, pasanglah harga yang sesuai dengan pencapaian akunmu. Semakin tinggi level yang dicapai, semakin mahal harganya. Meskipun mahal, ada saja orang yang berminat karena keinginan meraih level tinggi secara instan.

10. Bisnis Rental PS

Peluang bisnis Penjual Akun Game
Ilustrasi bisnis rental PS di tahun 2023 (foto: dialganesha.com)

Meskipun tren game online masih booming, game konsol tetap diminati masyarakat, terutama anak muda. Terbukti dari video dari channel YouTube Ferry Pratondo yang menunjukkan sejumlah rental PS yang masih ramai meski di tahun 2022. Oleh sebab itu, bagi kamu yang gemar bermain PS, bisnis ini cocok untukmu.

Terkait modal, bisnis ini memerlukan modal yang tidak sedikit. Rental PS memerlukan modal hingga sekitar 40 juta rupiah untuk rental PS3. Modal tersebut bisa bertambah apabila jenis PS yang dipasang merupakan PS4 dan PS5. Selain jenis PS, modal bisa juga bertambah dengan adanya biaya lain seperti sewa tempat dan gaji karyawan.

Supaya modalmu tidak sia-sia, sediakan fasilitas yang maksimal supaya rental selalu ramai. Fasilitas tersebut bisa berupa lahan parkir serta layanan perbaikan perangkat PS. Bila perlu, buat pula suasana tempat yang nyaman dengan bantal dan AC.

Penutup

Supaya keuntunganmu maksimal, konsistenlah saat menjalankan bisnis. Tetap berpikir kreatif meski tren bisnis bisa berubah sewaktu-waktu.

Demikian artikel mengenai peluang bisnis tahun 2023 untuk yang hobi main game. Pilihlah bisnis yang cocok sehingga nyaman ketika dijalankan. Semoga sukses.

BACA JUGA: 10 Game Penghasil Uang Terbaru yang Wajib Kamu Coba