10 Aplikasi Penghasil Dollar Milik Google Terbaru Tahun 2023

Mau mendapat penghasilan tambahan dari Google? Kamu bisa coba salah satu dari 10 aplikasi penghasil dollar milik Google berikut ini. Simak sampai habis dan raih keuntungannya.

Sebenarnya, Google telah membuat cukup banyak aplikasi untuk berbagai kebutuhan. Meskipun demikian, sebagian besar masyarakat hanya menggunakan beberapa aplikasi, seperti Gmail, Google Drive, Google Meet, Google Classroom, Google Form, dan YouTube. Semua aplikasi tersebut digunakan untuk aktivitas tertentu, seperti belajar, kuliah, bekerja, atau hanya ingin bersenang-senang.

Tak hanya membantu aktivitas, sebagian aplikasi milik Google juga bisa menghasilkan uang, terutama dalam bentuk dollar. Supaya tidak penasaran, kami akan jelaskan 10 aplikasi milik Google yang bisa menghasilkan dollar. Berikut penjelasannya.

1. Google Adsense

Aplikasi Google Adsense

Aplikasi penghasil dollar milik Google pertama adalah Google Adsense. Aplikasi ini sudah umum digunakan oleh blogger maupun YouTuber. Google Adsense menjadi tempat bagi para konten kreator untuk mendapatkan penghasilan. Bagi kamu yang memiliki channel Youtube atau blog pribadi, silakan mendaftar di aplikasi milik Google ini.

Cara mendaftarnya dengan membuka Google Adsense terlebih dahulu. Kemudian, isilah formulir yang tersedia. Setelah mengisi formulir, permintaanmu untuk dipasangi iklan akan diproses oleh pihak aplikasi. Apabila permintaanmu disetujui, iklan akan muncul di blog pribadi atau channel YouTube milikmu.

Iklan yang telah terpasang akan menjadi sumber penghasilanmu setiap bulan. Kamu bisa melihat grafik penghasilanmu di menu yang tersedia di Google Adsense. Meskipun demikian, peraturan dari pihak aplikasi mesti tetap dipatuhi supaya iklan tidak dicabut.

2. Google AdMob

Aplikasi Google Admob

Aplikasi ini sebetulnya mirip dengan Google Adsense, tetapi Google AdMob dikhususkan untuk pengguna smartphone. Google Admob merupakan program yang dibuat untuk para pembuat aplikasi supaya mereka bisa mendapat penghasilan. Adapun penghasilan didapatkan melalui iklan yang terpasang di aplikasi buatan mereka.

Cara mendaftar ke Google AdMob berbeda dengan Google Adsense. Melansir dari situs Google Support, kamu mesti menyediakan tempat untuk iklan di dalam aplikasi buatanmu. Setelah mendapat tempat, iklan tersebut akan bekerja sesuai pengaturan yang telah diatur oleh Google dan pihak pembuat iklan. Saat iklan bekerja, kamu akan mendapat penghasilan. Perlu diketahui, penghasilan bisa kamu raih bergantung pada seberapa patuhnya kamu terhadap kebijakan AdMob. Aplikasi penghasil dollar milik Google ini merupakan salah satu yang populer digunakan selain Google Adsense.

3. Google Maps

Aplikasi Google Maps

Siapa sangka jika Google Maps aplikasi penghasil dollar milik Google yang bisa menghasilkan uang? Hal itu mungkin saja terjadi bagi para pebisnis. Apabila kamu memiliki bisnis dan ingin menambah penghasilan, kamu bisa melakukan promosi di Google Maps melalui Google Street View.

Salah satu caranya dengan menyewa fotografer profesional. Menurut situs resmi Google Street View, fotografer tersebut akan mengambil foto berkualitas untuk ditampilkan di Google Maps. Kamu bisa menyewa jasa fotografer yang berada di dekat rumahmu. Selain menyewa fotografer, kamu juga mesti mengabadikan bagian dalam tempat bisnismu dalam bentuk gambar 360 derajat. Terdapat berbagai kamera yang bisa kamu pakai untuk mendapat foto 360 derajat yang bagus, seperti INSTA360 PRO2, INSTA360 PRO, RICOH THETA V, dan INSTA360 ONE.

Setelah semua cara telah diterapkan, kamu bisa melakukan promosi di Google Maps. Tunggu sampai ada yang mencari di Google dengan kata kunci ‘restoran terdekat’ atau tempat-tempat terdekat lain yang berkaitan dengan bisnismu. Ketika tempat bisnismu dianggap menarik, si pencari tersebut akan mendatangi tempatmu dan penghasilan kamu pun bertambah.

4. Google Task Mate

Aplikasi Google Task Mate

Aplikasi buatan Google LLC ini juga memungkinkan kamu untuk mendapat penghasilan tambahan. Penghasilan bisa kamu dapatkan melalui tugas-tugas yang diberikan, seperti mengisi kuesioner, mengambil foto restoran terdekat, sampai menerjemahkan suatu kalimat berbahasa Inggris ke dalam bahasa lokal yang biasa kamu gunakan.

Google Task Mate bisa kamu temukan di Google Play Store dengan menekan link ini. Terdapat beragam tugas yang bisa kamu kerjakan dengan nilai penghasilan yang berbeda. Setelah memilih dan mengerjakan tugas, total penghasilan bisa kamu lihat di bagian dasbor, tetapi terdapat batas minimum supaya penghasilanmu bisa dicairkan. Umumnya, batas minimum yang bisa dicairkan sebesar 10 dollar.

Sayangnya, aplikasi ini masih dalam versi beta dan saat ini hanya dikhususkan untuk penguji yang diundang. Jadi, berharap saja kamu bisa terpilih menjadi pengguna aplikasi ini.

5. Blogger

Aplikasi Blogger

Aplikasi ini juga merupakan buatan Google. Blogger telah lama menjadi aplikasi penghasil dollar milik Google yang mewadahi bagi setiap orang yang ingin menjadi penulis. Kamu pun juga bisa menjadi penulis artikel di blogger karena pendaftarannya yang mudah.

Pertama, buka situs blogger terlebih dahulu dan klik ‘create your blog’. Setelah blog berhasil dibuat, kamu akan melihat tampilan dasbor yang nantinya akan berisi artikel yang telah diterbitkan. Supaya mendapatkan uang, klik menu ‘penghasilan’ di menu samping kanan dasbor. Setelah diklik, akan tampil penawaran untuk memasang iklan melalui Google Adsense. Terima saja tawaran tersebut dan ikuti prosedur yang berlaku.

Umumnya, penghasilan yang didapat dari iklan tidak langsung kamu nikmati. Butuh waktu lama untuk bisa mendapatkan uang, bahkan ada yang sampai setahun. Jadi, harap bersabar jika ingin mendapat rezeki dari iklan di blog.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Penghasil Uang untuk Gamer yang Terbukti Membayar

6. YouTube

Aplikasi YouTube

Aplikasi milik Google ini pasti sudah tak asing bagimu. YouTube memang sudah populer di seluruh dunia berkat konten-konten videonya yang beraneka macam. Konten-konten tersebut dibuat oleh para kreator video atau YouTuber dari berbagai wilayah. Oleh sebab itu, siapapun bisa menjadi YouTuber, termasuk kamu.

Supaya bisa menjadi YouTuber, buatlah channel YouTube terlebih dahulu. Caranya dengan menekan menu ‘Channel Anda’ di dalam menu profil di bagian atas kanan YouTube. Setelah itu, kamu bisa upload videomu dan lihat jumlah penontonnya.

Supaya mendapat dollar dari YouTube, kamu mesti mendaftarkan channelmu ke Google Adsense. Tak hanya Google Adsense, kamu juga bisa mendaftar di fitur monetisasi lainnya, seperti langganan channel, shopping, super chat & super stickers, super thanks, dan pendapatan YouTube premium. Setiap fitur tersebut memiliki ketentuan yang berbeda. Ketentuan lengkapnya bisa kamu baca di sini.

7. Google Opinion Rewards

Aplikasi Google Opinion Rewards

Aplikasi penghasil dollar milik Google berikutnya adalah Google Opinion Rewards. Aplikasi ini cocok untukmu yang ingin mendapat uang tanpa perlu kemampuan khusus. Google Opinion Rewards menampilkan berbagai survei yang bisa kamu isi. Nantinya, kamu akan mendapat hadiah berupa saldo Google Play senilai 1 dollar. Pertanyaan yang diajukan pun mudah, seperti ‘Logo mana yang paling bagus?’, ‘Kapan kamu akan berlibur?’, dan ‘Promosi mana yang paling menarik?’.

Untuk bisa mendapat uang, silakan unduh aplikasinya. Setelah diunduh dan dibuka aplikasinya, kamu akan diberi pertanyaan tentang dirimu. Setelahnya, kamu akan diberikan survei yang akan datang sekitar seminggu sekali, meskipun bisa lebih sering atau lebih jarang. Jadi, tunggu saja hingga survei yang relevan untukmu tiba.

Hasil yang akan kamu dapat mungkin tidak seberapa. Meskipun demikian, hadiah tersebut bisa bermanfaat apabila ingin mengunduh aplikasi atau membeli produk lain sesuai keinginanmu di Google Play.

8. Google Bug Hunter

Aplikasi Google Bug Hunter

Google Bug Hunter merupakan program dari Google yang menjadi wadah berkumpulnya para bug hunter dari seluruh dunia. Adapun bug hunter adalah seseorang yang mengetahui titik kesalahan dalam suatu sistem dengan mengandalkan ilmu dan pengalaman terkait cybersecurity. Jadi, melalui Google Bug Hunter, kamu bisa bertemu bersama para bug hunter yang bertugas mencari titik kesalahan sistem di dalam suatu produk Google.

Melalui program Google ini. kamu tidak hanya bertemu, melainkan juga akan bekerja untuk menemukan titik kesalahan di dalam sistem. Tentunya, ilmu mengenai pemograman dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan ini. Selain ilmu pemograman, kamu juga membutuhkan kesabaran yang ekstra, keingintahuan yang tinggi, serta kemampuan dalam memecahkan suatu teka-teki.

Apabila kamu berhasil menemukan titik kesalahannya, kamu akan mendapatkan hadiah yang besar. Menurut situs resmi Google Bug Hunter, hadiah untuk bug hunter sukses antara 500 sampai 31.337 dollar.

9. Google Workspace Affiliate

Google Workspace

Produk Google ini juga menawarkan dollar bagi para pendaftarnya. Penghasilan dolar bisa kamu raih setelah mempromosikan produk-produk Google Workspace melalui suatu kode referral. Tak hanya kode referral, kamu juga akan diberikan perangkat promosi lainnya supaya menarik perhatian target pasar.

Apabila mendapat seseorang yang menjadi target pasar, dia mesti mendaftar sebagai pengguna baru di produk-produk yang kamu tawarkan. Penghasilan akan kamu dapat setelah dia berhasil menjadi pengguna. Adapun penghasilanmu dihitung berdasarkan jumlah produk yang didaftarkan oleh orang tersebut. Jadi, apabila orang tersebut mendaftar di 10 produk Google, kamu akan mendapat uang dari pendaftaran di 10 produk Google tersebut. Aplikasi penghasil dollar milik Google ini masih termasuk minim pesaing, kamu bisa memanfaatkan peluang untuk seriuskan ide ini.

10. Google Play Books

Aplikasi Google Play Books

Bagi kamu yang memiliki karya berupa buku digital atau buku audio, cobalah jual bukumu di Google Play Books. Terdapat banyak buku dari seluruh dunia yang dijual di sana, termasuk buku-buku dari Indonesia.

Apabila kamu tertarik, kamu bisa mendaftar sebagai mitra di Google Play Books. Caranya dengan mengakses link mitra Google Play Books ini. Setelah diakses, silakan daftar dan masuki tampilan khusus untuk mitra. Dari situ, kamu bisa menjual bukumu dengan harga yang mampu bersaing di pasar.

Nantinya, penghasilan akan kamu dapat setelah bukumu terjual dalam jumlah tertentu. Adapun presentase hasil penjualannya adalah 70% untukmu dan 30% untuk pajak dan pihak Google.

Penutup

Demikian informasi mengenai 10 aplikasi penghasil dollar milik Google yang bisa kamu coba. Silakan pilih salah satu yang menurutmu paling mudah untuk dijalankan. Semoga berhasil.

BACA JUGA: Aplikasi Penghasil Uang Tahun 2023 yang Belum Banyak Orang Tahu

Written by Zari