Don't be Captious

Cara Hapus Akun Akulaku Plus Data Pribadi

Cara hapus akun Akulaku dan data pribadi adalah hal yang mungkin kamu cari sekarang-sekarang ini. Ketika sudah tidak butuh aplikasi Akulaku, tentu kamu ingin segera menghapus datamu di aplikasi tersebut. Sayangnya, datamu tidak bisa dihapus melalui aplikasi. Oleh sebab itu, kami akan memberikan cara menghapus akun Akulaku plus data pribadi. Simak sampai habis dan selamat mencoba.

Mungkin, selama ini kamu terbantu oleh Akulaku. Aplikasi tersebut telah membantumu dalam membayar cicilan ke sejumlah merchant, meminjam uang, atau berbelanja dengan sistem paylater atau bayar nanti. Bahkan, aplikasi ini juga membantumu dalam membeli kuota internet, pulsa, atau tiket transportasi.

Meskipun Akulaku telah berjasa bagimu, kamu memilih menghapus Akulaku beserta akunnya dan menggantinya dengan aplikasi lain karena suatu alasan. Mungkin kamu menghapus Akulaku karena salah satu atau beberapa alasan di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Menutup & Menghapus Akun Instagram

Alasan Menghapus Akun Akulaku

  • Adanya pemotongan dana saat peminjaman. Saat kamu meminjam di Akulaku, uangmu tidak akan diterima sesuai dengan total pinjamanmu. Hal itu karena adanya pemotongan dana pinjaman untuk membayar biaya administrasi yang ditetapkan oleh pihak Akulaku.
  • Bunga yang ditetapkan oleh Akulaku yang dirasa memberatkan. Sebagai contoh, kamu meminjam dana sebesar Rp 1.500.000, tetapi danamu akan dipotong biaya adminstrasi sebesar Rp 75.000 sehingga kamu akan mendapatkan dana Rp 1.425.000. Ketika pengembalian, kamu harus mengembalikan dana sebesar Rp 1.580.000 yang dihitung dari dana yang kamu terima sebesar Rp 1.425.000 ditambah dengan biaya admin Rp 75.000 dan bunga Rp 80.000. Besaran bunga yang bahkan melebihi biaya admin itulah yang dirasa memberatkan.
  • Tenor atau waktu pembayaran yang termasuk singkat. Perlu diketahui, pinjaman jenis Akulaku Dana Cicil dengan rentang pinjaman Rp 1,5 juta hingga Rp 2,4 juta hanya memiliki tenor selama 3 bulan. Bahkan, pinjaman dengan rentang Rp 600 ribu sampai Rp 2,5 juta hanya memiliki tenor 1 bulan.
  • Akulaku juga memiliki akses ke data pribadimu, seperti daftar kontak, nomor HP, informasi perangkat yang digunakan, dan informasi lokasi. Meskipun Akulaku menjamin keamanan semua data pribadi pengguna, tetapi kamu harus tetap berhati-hati supaya datamu tidak disalahgunakan.

Apabila mengalami salah satu atau beberapa alasan di atas, kamu boleh menghapus akunmu. Sebelum menghapus akun, pastikan kamu perhatikan hal-hal berikut.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menghapus Akun Akulaku

Cara Hapus Akun Akulaku Plus Data Pribadi
Ilustrasi Tampilan Aplikasi Akulaku
  • Hapus akun bukan berarti seluruh hutangmu juga ikut terhapus.
  • Seluruh hutangmu tetap harus dilunasi meski akunmu telah dihapus.
  • Apabila kamu memiliki tagihan dan telat dalam membayarnya, Akulaku akan tetap menjatuhkan denda ke tagihanmu.
  • Hapus akun tidak akan mengembalikan atau menghapus data yang telah dikirim.

Setelah kamu yakin ingin tetap menghapus dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, kami akan memberikan cara-cara menghapus akun Akulaku seperti berikut.

BACA JUGA: Cara Menghapus Akun Gojek yang Aman dan Permanen

Cara Hapus Akun Akulaku melalui Customer Service

Cara ini bisa menghapus akunmu secara permanen. Kamu bisa menelpon ke customer service Akulaku dengan nomor 1500920 atau bisa pula menghubungi hotline collection Akulaku dengan nomor 021-24112009. Silakan ajukan permohonan untuk menghapus akunmu secara permanen melalui salah satu dari dua nomor tersebut. Saat kamu memperoleh penjelasan, ikuti semua instruksinya dengan baik. Pastikan pula kamu sudah tidak memilikli hutang yang belum dibayar di Akulaku.

Cara Hapus Akun Akulaku melalui Email

Selain cara di atas, kamu juga bisa menghapus akun Akulaku melalui email. Cukup kirim email ke alamat cs.id@Akulaku.com, kamu akan menerima form untuk pengajuan dan penutupan akun permanen. Meskipun demikian, ada beberapa dokumen yang menjadi persyaratan, seperti lampiran foto KTP, foto selfie dengan memegang KTP, serta tanda tangan.

Cara Hapus Akun Akulaku dengan Datang ke Kantor Pusat Akulaku

Cara lainnya adalah dengan mendatangi kantor pusat Akulaku. Perlu diketahui, kantor pusat Akulaku beralamat di Sahid Sudirman Center Lantai 11-C Jalan Jenderal Sudirman Kav.86, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jakarta 10220. Walaupun demikian, Akulaku juga membuka kantor cabang di kota-kota besar lainnya, seperti Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta. Apabila tinggal di salah satu kota tersebut, kamu juga bisa mendatangi kantor cabang Akulaku yang ada di kotamu. Pastikan kamu menemui pihak yang tepat untuk mengurus penutupan akunmu.

Cara Hapus Akun Akulaku melalui HP

Cara ini dilakukan setelah kamu memastikan bahwa akunmu telah dihapus secara permanen. Adapun caranya sebagai berikut.

  • Buka menu Pengaturan di HP-mu.
  • Pilih menu Manajemen Aplikasi.
  • Pilih aplikasi Akulaku.
  • Klik Uninstall atau Copot Pemasangan.

Perlu diketahui, cara uninstall suatu aplikasi bisa berbeda penerapannya pada masing-masing HP. Oleh karena itu, sesuaikan cara di atas dengan pengaturan yang ada di HP-mu.

Penutup

Demikian informasi mengenai cara hapus akun di Akulaku. Semoga informasi ini bermanfaat bagimu, terutama bagi yang ingin hidup bebas dari hutang. Semoga berhasil.

BACA JUGA: 5 Pinjaman Online Tanpa NPWP Terbaik Tahun 2023

Latest article