10 Tempat Wisata di Subang Terbaru 2023

Apakah kamu sedang berada di Subang dan ingin refreshing? Yuk, mampir sejenak ke salah satu dari 10 tempat wisata di Subang terbaru tahun 2023. Simak sampai habis dan selamar berlibur.

Sebelum masuk ke pembahasan selanjunya, perlu diketahui bahwa Subang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Wilayah kabupaten ini terdiri dari pantai hingga dataran tinggi. Bukan hanya itu saja, kabupaten ini juga memiliki potensi budaya dan sejarah. Oleh sebab itu, Kabupaten Subang memiliki banyak tempat wisata.

Saat ini, terdapat lebih dari 40 tempat wisata di Subang yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa bermain ke pantai, menikmati sejuknya kebun teh, mandi di air panas, sampai mandi di air terjun. Dari sekian banyak tempat wisata di Subang, kami hanya memilih 10 tempat yang patut kamu kunjungi sebagai berikut.

1. Pemandian Air Panas Sariater

Pemandian Air Panas Sariater (Foto: Tripadvisor.com – verraxtina)

Tempat wisata di Subang pertama ada Pemandian Air Panas Sariater. Tempat ini cocok untukmu yang ingin melepas lelah dengan berendam di kolam air panas. Adapun air panas di sini bersumber dari Gunung Tangkuban Perahu. Karena luasnya yang mencapai 30 hektar, kolam air panas Sariater tidak hanya memiliki satu kolam. Untuk menambah kepuasan, tempat ini menyediakan beberapa kolam beserta sarana penunjang seperti toilet, taman, dan lain-lain.

Pemandian Air Panas Sariater terletak di Jalan Raya Subang-Bandung, Desa Ciater, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang. Harga tiketnya Rp 40.000 saat hari biasa dan Rp 45.000 saat akhir pekan.

BACA JUGA: 5 Sumber Air Panas Terbaik Indonesia Ini Dijamin Kamu Jadi Betah Main Air

2. Bukit Pamoyanan

Bukit Pamoyanan (Foto: Instagram @kurdykurniawan11)

Tempat inilah yang dijuluki sebagai “Negeri di Atas Awan” di Subang. Bukit Pamoyanan bisa memanjakanmu dengan pemandangan awan yang indah. Pemandangan tersebut akan semakin cantik ketika matahari terbit. Apabila merasa kurang, terdapat pula spot foto untuk berselfie serta gazebo.

Untuk bisa melihat pemandangan awan, kamu perlu mendaki terlebih dahulu. Jalur pendakian sudah dipermudah dengan adanya kumpulan anak tangga. Apabila kamu merasa lelah, kami sarankan untuk berkemah di lokasi sebelum puncak Bukit Pamoyanan. Ketika berkemah, jangan sampai bangun kesiangan supaya tidak melewatkan pemandangan cantik ketika matahari terbit.

Tempat wisata di Subang ini berada di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang. Harga tiketnya Rp 5.000 per orang dan belum termasuk sewa tenda. Meskipun demikian, harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

3. Kebun Teh Ciater

Kebun Teh Ciater (Foto: Instagram @sle_pwalker)

Tempat wisata di Subang ini cocok untuk healing karena terasa menyejukkan. Kebun Teh Ciater memiliki hamparan tanaman teh yang tertanam mengikuti kemiringan tanah. Hamparan pohon teh tersebut menciptakan warna hijau yang menyejukkan mata. Tak hanya sejuk di mata, saat menghirup udara di sana, kamu akan merasa nyaman dengan udara khas dataran tinggi.

Kebun Teh Ciater berada di Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Letak kebun teh ini terbilang strategis karena berada di pinggir jalan. Mengenai biaya masuk, kamu hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000. Untuk parkir motor, dikenakan biaya Rp 2.000, sedangkan parkir mobil sebesar Rp 5.000.

4. Mata Air Cipondok

Mata Air Cipondok (Foto: Instagram @jabar_pisan)

Objek wisata ini cocok untuk yang ingin tetap hits di medsos. Mata Air Cipondok mempunyai sumber air yang begitu jernih. Awalnya, sumber mata air ini tidak diperuntukkan untuk wisata, melainkan untuk bahan baku produk Aqua. Lama-kelamaan, karena kejernihan air di dalamnya, Mata Air Cipondok dimanfaatkan untuk berwisata, terutama bagi anak muda. Di tempat wisata di Subang ini, kamu bisa mengambil foto di dalam air yang jernih dengan beragam properti yang kamu miliki.

Mata Air Cipondok terletak di Kampung Cipondok, Pasanggrahan, Kasomalang, Subang. Mengenai harga tiket, kamu cukup membayar seharga Rp 2.000.

5. Curug Cijalu

Curug Cijalu (Foto: Instagram @fahrulaziz)

Tempat berikutnya masih berkaitan dengan air. Curug Cijalu merupakan air terjun setinggi kurang lebih 70 meter dengan debit air yang tidak begitu deras. Curug ini telah dibuka sejak 1984 sehingga fasilitasnya telah dikembangkan, salah satunya adalah jalan setapak menuju air terjun. Karena sudah ada jalan setapak, kamu tidak akan kesulitan untuk menjangkau air terjun ini.

Ketika sudah sampai Curug Cijalu, kamu akan menjumpai kolam alami dengan kedalaman yang berbeda. Semakin dekat dengan air terjun, semakin dalam pula kolamnya. Oleh karena itu, apabila membawa anak, kamu harus mengawasi anakmu karena kolam yang paling dalam memiliki kedalaman setinggi dada orang dewasa.

Curug Cijalu berada di Desa Cipancar, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang. Biaya tiket masuk Curug Cijalu sebesar Rp 17.500.

BACA JUGA: Segarkan Suasana Hatimu dengan Berkunjung ke Curug Cibareubeuy, Subang

6. Pantai Cirewang

Pantai Cirewang (Foto: Instagram @ritafauziah__)

Selain curug, Subang juga memiliki pantai, yaitu Pantai Cirewang. Pantai ini memiliki ciri khas berupa hutan bakau. Hutan tersebut tertanam di sepanjang sungai menuju pantai. Kamu bisa mengunjungi hutan bakau tersebut untuk berfoto sembari menikmati udara sejuk.

Selain hutan bakau, kamu juga bisa mencoba spot foto lainnya yang tersedia di Pantai Cirewang. Tentunya, spot foto tersebut berlatar belakang pantai yang indah. Bahkan, bagi yang berminat, pantai ini juga bisa dijadikan lokasi pre-wedding.

Pantai Cirewang berada di Desa Pengarengan, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang. Biaya tiketnya hanya Rp 10.000 dengan biaya parkir sewajarnya.

7. Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa Wisata Sari Bunihayu (Foto: Rinando Aidil fitrio)

Bukan hanya wisata alam, Subang juga memiliki wisata budaya. Desa Sari Bunihayu menawarkan edukasi tentang hal-hal terkait budaya masyarakat Sunda, seperti belajar bercocok tanam, menggunakan perkakas tradisional, serta mengenal buah-buahan langka seperti Matoa, Gandaria, Kawista, dan Somolo. Bukan hanya itu, desa wisata ini juga menampilkan pagelaran seni khas Sunda seperti sisingaan, interaktif angklung, dan lain-lain.

Selain pengenalan budaya, desa wisata ini juga memiliki sejumlah fasilitas. Fasilitasnya pun memanjakan, seperti villa, restoran, kolam renang, kolam pemancingan, dan taman bermain. Jadi, kamu tak perlu keluar dari desa untuk sekedar beristirahat atau melakukan aktivitas hiburan lainnya.

Tempat wisata di Subang ini terletak di Jalan Desa Sari Bunihayu, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang. Untuk biaya tiket masuk, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 9.000 per orang.

8. Capolaga Adventure Camp

Capolaga Adventure Camp (Foto: Instagram @zyapilong)

Bagi kamu yang menyukai wisata alam dengan konsep adventure, tempat ini bisa jadi pilihan. Di sini, kamu bisa berkemah di tempat-tempat yang tersedia, seperti di pinggir sungai, di sekitar air terjun, atau atau di tempat yang dikelilingi pohon pinus. Mengenai air terjun, terdapat 3 air terjun yang bisa dikunjungi, yaitu Curug Sawer, Curug Karendong, dan Curug Goa Badak.

Apabila belum puas, kamu bisa mengikuti outbound, seperti rock climbing dan flying fox. Fasilitas outbound cocok untuk kamu apabila datang bersama rombongan, entah dari kantor, sekolah, atau keluarga. Apabila masih kurang, silakan coba aktivitas seru lainnya seperti rafting atau arung jeram.

Capolaga Adventure Camp berada di Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang. Harga tiket masuknya seharga Rp 10.000 per orang dengan biaya parkir motor Rp 2.000, parkir mobil Rp 5.000, dan parkir truk Rp 10.000. Perlu diketahui, biaya tiket masuk belum termasuk biaya untuk menikmati fasilitas lainnya seperti camping.

9. Kumpay Waterpark

Kumpay Waterpark (Foto: Aman Jaelani)

Tidak hanya wisata air alami seperti curug, Subang juga memiliki wisata air buatan. Kumpay Waterpark memiliki berbagai kolam yang bisa kamu coba. Semua kolam tersebut terbagi menjadi dua lantai, yaitu lantai atas dan lantai bawah. Meskipun demikian, kolam lantai bawah lebih banyak kolamnya ketimbang kolam lantai atas. Beberapa contoh kolam lantai bawah seperti Lazy River, Adventure Island, dan Kids Party Zone.

Meski kalah jumlah dengan lantai bawah, kolam lantai atas pun tak kalah seru. Terdapat beberapa seluncuran yang bisa kamu coba. Masing-masing seluncuran memiliki sensasi yang berbeda. Bukan hanya menikmati seluncuran, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam sembari berenang di kolam lantai atas.

Kumpay Waterpark terletak di Desa Kumpay, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang. Harga tiketnya berkisar Rp 30.000 untuk hari biasa dan Rp 40.000.

10. Rumah Sejarah Kalijati

Rumah Sejarah Kalijati (Foto: GT)

Bagi kamu yang berminat dengan sejarah Indonesia, tempat ini tidak boleh dilewatkan. Rumah Sejarah Kalijati pernah menjadi saksi bisu penyerahan kekuasaan Belanda kepada Jepang pada 8 Maret 1942. Sejak saat itu, Jepang menjadi penguasa baru di Indonesia hingga tahun 1945.

Untuk lebih mengetahui peristiwa penyerahan kekuasaan tersebut, tersedia berbagai koleksi bersejarah yang ada di rumah ini, seperti prasasti perjanjian, meja perundingan, serta foto-foto saat perundingan. Selain koleksi bersejarah, terdapat pula makam Sersan Kinoshita, seorang sersan Jepang yang gugur saat melawan Belanda di Kalijati.

Tempat wisata di Subang ini beralamat di Kompleks Garuda, No.6 Lanud Suryadharma Kalijati, Kabupaten Subang. Tempat ini pun tidak dikenakan biaya tiket.

Penutup

Itulah 10 tempat wisata di Subang yang bisa kamu kunjungi. Pilihlah tempat wisata yang sesuai selera dan budget-mu. Selamat berlibur.

BACA JUGA: Menyambangi Air Terjun Bertingkat 5 yang Tersembunyi di Subang

Written by Zari

10 Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Kamu Kunjungi

Cara Mudah Beli Koin di TikTok 2023