5 Aplikasi penting untuk lindungi privasi kamu untuk HP Android

Privasi itu aneh banget ya di era digital yang kita jalani sekarang ini. Banyak orang pengin banget menjaga privasi dalam hidup mereka, tapi seringkali, masukin fitur keamanan pribadi ke dalam aspek digital sehari-hari tuh rasanya kayak ngeribetin dan bikin kerjaan baru. Tapi untungnya, kita yang pake Android punya banyak pilihan nih buat privasi digital, mulai dari aplikasi gratis sampe yang bayar.

Dari VPN yang gampang banget dipake, sampe aplikasi yan bisa ngelacak jejak digital kita sendiri, aplikasi privasi dan keamanan tuh banyak banget di Google Play Store. Cukup pake beberapa tambahan keamanan simpel ini, kita bakal punya semacam tameng yang ngebantu jaga data hape kita aman dan informasi pribadi kita jauh dari tangan-tangan jahat. Salah satu pilihannya yang paling gampang tuh aplikasi secure browser, tapi itu aja nggak cukup kok kalo kamu emang beneran khawatir soal privasi.

jadiberita telah merangkum dari berbagai sumber tentang 5 aplikasi penting untuk lindungi privasi di HP Android kamu. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

DuckDuckGo

Foto Source: www.insider.gr

DuckDuckGo itu pelopor banget nih di dunia secure browser—mereka bahkan lagi eksperimen pake alat AI yang bakal bikin pengalaman pengguna makin lancar dan seru saat browsing. Browser yang kamu pake buat ngakses internet ternyata lebih penting dari yang kamu sadari loh. Jadi, browsing internet tuh udah jadi kegiatan sehari-hari buat hampir semua orang di dunia ini.

DuckDuckGo menawarkan layanan browser gratis yang bisa kamu pake secara online atau sebagai aplikasi browser yang bisa kamu unduh langsung ke hape Android kamu. Mereka nggak ngumpulin datamu, dan nggak ngizinin situs yang kamu kunjungi buat ngumpulin info tentang kamu juga. DuckDuckGo maksa situs buat pake koneksi terenkripsi kalo ada, biar datamu tetap aman.

Aplikasi ini juga punya fitur ngeblokir iklan, pemantau pelacak, dan plugin keamanan. Pokoknya, nggak peduli berapa lama kamu browsing, kalo kamu nggak pake browser privasi buat ngeliat-liat internet, kamu tuh ngizinin Google atau perusahaan teknologi lainnya buat ngumpulin dan (seringkali) jual data kamu ke pihak ketiga.

Akibatnya, kamu bakal dapet iklan yang nargetin kamu, aplikasi pelacak, dan lain-lain. Paling parah, datamu bisa dijual atau bocor ke pihak ketiga yang nggak peduli sama privasi sama sekali dan malah bisa ngeresikoin kamu dengan informasi yang mereka punya.

BACA JUGA: 5 Aplikasi VPN Terbaik untuk HP Android 2023

Bitwarden

Foto Source: www.techradar.com

Bitwarden merupakan aplikasi pengelola kata sandi yang cocok buat pengguna Android. Ini layanan gratis yang juga merupakan aplikasi open-source (dengan materi sumber di GitHub). Ini berarti pengembang independen bisa liat-liat file sumber aplikasinya dan nemuin kelemahan yang mungkin ada.

Dengan komunitas yang aktif, nemuin dan memperbaiki kelemahan struktural jadi lebih cepet. Pengguna yang biasa-biasa aja juga bisa ngintip file sumbernya buat ngulik aplikasinya lebih jauh!

Pengelola kata sandi itu penting banget buat semua orang. Kamu kan tiap hari pake banyak banget situs internet, dan banyak di antaranya adalah tempat digital yang kamu masukin pake akun. Mulai dari rekening bank sampe sumber berita yang kamu baca, ada jejak cookie informasi pribadi yang tersebar di sepanjang riwayat browsingmu (kalo kamu biarin aja ngikutin kamu terus).

Langkah selanjutnya buat mengamankan jejak digital kamu setelah pake browser aman adalah pake pengelola kata sandi. Bitwarden pake enkripsi AES-256 dan PBKDF2-SHA-256, plus hashing yang disalted buat melindungi perangkat kamu dan kata sandi yang kamu simpen di dalamnya.

GlassWire

Foto Source: Youtube Byte My Bits

Aplikasi berikutnya yang bisa kamu andalkan dalam melindungi privasi adalah GlassWire. GlassWire itu alat privasi yang canggih dan bisa mengamankan dalam rutinitas digital kamu.

Kombinasi alat pencarian aman, VPN, dan pengelola kata sandi dengan fitur pemantauan yang ditawarin GlassWire bisa jadi tameng keamanan lengkap buat perangkat Android kamu dan kehidupan digitalmu secara umum.

GlassWire ngebantu kamu pantau perubahan profil konektivitas digitalmu. Aplikasi ini ngasih liat penggunaan data secara real-time dari aplikasi yang terpasang di hape kamu.

Kamu juga bisa lihat cuplikan historis buat ngeliat perubahan yang mungkin terjadi dalam penggunaan kamu. Terus, GlassWire juga ngebantu kamu dapetin gambaran yang lebih jelas soal penggunaan data tiap aplikasi. Khususnya, aplikasi ini ngejelasin aplikasi mana aja yang ngirim data ke server pengembang, dan kapan itu terjadi.

GlassWire ini aplikasi yang mungkin kamu bayar (untuk semua fiturnya, harganya $4.99 per tahun) jika ingin menggunakannya. Pengembangnya ngasih versi gratis yang punya fitur pemantauan lalu lintas dan berbagai fitur keamanan lainnya, tapi kalo pake yang bayar, kamu bisa manfaatin lebih banyak lagi alat keamanan buat pastiin perangkat kamu selalu terlindungi dari berbagai ancaman.

Di antara fitur keamanan yang keren-keren itu adalah deteksi Evil Twin (layanan yang mengidentifikasi profil koneksi internet yang dicerminkan dan dibuat sama pelaku jahat), profil firewall yang bisa disesuaikan, dan fitur minta buat terhubung dan kunci.

BACA JUGA: 2 Cara Beralih Password Manager Lama ke yang Baru

Proton VPN

VPN itu wajib banget buat semua hape. VPN ngasih lapisan keamanan lewat akses server terenkripsi yang melindungi data dan informasi geografis kamu dari orang-orang jahat. VPN bikin kamu bisa menyembunyikan lokasi, akses konten yang khusus negara tertentu, dan ngatasi masalah gangguan yang mungkin bikin streaming atau riset kamu kacau.

Proton VPN itu salah satu pilihan terbaik buat pengguna Android. Proton VPN dibuat oleh tim yang sama yang bikin Proton Mail yang fokus pada privasi. VPN ini ngasih koneksi internet lewat 67 negara dengan 2.733 server yang tersebar di seluruh dunia. Proton punya kebijakan tanpa-log, jadi penyedia privasi ini nggak bakal bikin profil data tentang penggunaan internet kamu. Mereka juga ngebuat mode Stealth dan VPN Accelerator yang bisa ngeboost kecepatan internet kamu saat pake layanan keamanan ini sampe 400% lebih cepat.

Proton VPN bisa dibeli dengan langganan berbayar ada dua level (Plus dan Unlimited). Pelanggan Plus bayar $4,99 per bulan buat 10 perangkat yang terhubung sekaligus, double hop (koneksi VPN ganda yang bikin lalu lintas kamu lebih aman), dan fitur-fitur terintegrasi lainnya.

Tapi Proton VPN juga bisa dipake secara gratis loh. Dengan download gratis, kamu bisa terhubung ke server yang ada di AS, Belanda, dan Jepang (dengan total lebih dari 100 server yang ada di jaringan ini).

Smart AppLock

Foto Source: aptoide.com

Smart AppLock itu juga aplikasi yang nggak kalah penting buat pengguna Android. Alat ini mengatasi kebocoran data yang timbul dari pencuri yang canggih, dan bisa ngamankan data pribadi dan aplikasi hape kamu bahkan setelah kode sandi udah dimasukin buat buka perangkat.

Smart AppLock emang nggak bakal ngebantu ngejauhin pencuri hape buat ngambil perangkat Android kamu, tapi alat ini bakal jaga semua data kamu tetap aman kalo misalnya hape kamu ilang atau dicuri.

Daripada ngunci semua hape pake kode sandi atau kata sandi, aplikasi ini ngasih kamu kemampuan buat ngontrol izin akses buat semua yang terpasang di perangkat kamu secara individual. Ini artinya kamu bisa set lapisan perlindungan tambahan buat foto-fotomu, aplikasi komunikasi, dan lain-lain.

Kode sandi kedua, pola geser, atau kata sandi bakal pastiin data di hape kamu tetap pribadi. Alat ini juga bisa diatur buat foto pengguna kalo salah masukin kata sandi.

Ini juga berguna buat mereka yang sering ngasih hape ke orang lain buat liat video atau dokumen. Orangtua yang ngasih hape ke anak-anak buat hiburan, misalnya, bisa tenang karena anak-anak mereka nggak bisa masuk ke akun situs belanja online dan mulai beli barang!.

BACA JUGA: 4 Aplikasi Pelindung Privasi di Handphone yang Wajib Kamu Install

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Cara Mudah Unsend Email yang telah terkirim di Gmail

Tak mau kalah, Adobe perkenalkan AI image generator bernama Firefly