4 Aplikasi Pelindung Privasi di Handphone yang Wajib Kamu Install

Kamu pengguna Android harus waspada dengan aplikasi-aplikasi jahat yang disembunyikan oleh hacker dan pemilik bisnis nakal di Google Play Store. Mereka dengan mudah mengambil data pribadi kalian dan menjualnya ke orang lain tanpa izin kalian. Gak adil kan?

Nah, buat kalian yang ingin melindungi privasi dari pencuri data dan hacker, kalian butuh aplikasi privasi yang bisa membantu kalian melindungi data-data penting di smartphone kalian.

Berikut adalah daftar 4 aplikasi pelindung privasi di Handphone yang wajib kamu install.

1. Pakai VPN

Penting banget nih buat jaga-jaga biar data di ponsel kamu nggak kecuri sama orang-orang jail. Salah satunya dengan menggunakan VPN. Kamu bisa mengenkripsi dan mengarahkan semua data yang keluar-masuk dari ponsel ke server di luar lokasi fisik kamu.

Teknologi enkripsi VPN bakal mengacak-acak semua data jadi kumpulan huruf dan angka yang ribet kalo kamu pikirin cara kerjanya. Orang iseng nggak bakal bisa menemukan informasi yang kamu kirimkan.

Nggak cuma itu, VPN juga bakal mengarahkan data kamu melalui server yang dilindungi dan pribadi. Bahkan penyedia internet atau provider seluler pun nggak akan bisa melihat data yang kamu kirimkan lewat terowongan data pribadi kamu.

Pokoknya, VPN adalah solusi pertama buat ngejaga privasi kamu dan mengurangi jejak digital kamu di dunia maya. Kalau kamu nggak punya banyak dana, beli VPN aja, jangan pakai yang gratisan. Malah bisa jadi sarang virus dan spyware!

BACA JUGA: 5 Aplikasi VPN Terbaik untuk HP Android 2023

2. Pakai BitDefender Security

Kok ada aplikasi antivirus yang masuk di artikel ini? Jawabannya simpel: nggak ada privasi kalau hidup digitalmu nggak dilindungi dari malware dan hacking.

Malware ada di mana-mana: di Google Play, tempat kamu mengunduh semua aplikasi dengan sekali klik pada tautan yang kelihatan polos atau bahkan melalui instalasi tanpa klik dari gambar di WhatsApp. Kamu butuh antivirus untuk menghentikan para penjahat internet agar nggak mengambil alih ponselmu – dan hidupmu.

BitDefender adalah salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk perlindungan yang cukup aman di HP kamu. Untuk fungsi antivirusnya dan juga menyediakan perlindungan dari ransomware, manajer kata sandi, dan banyak fitur lainnya.

BACA JUGA: 10 Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Tiba-Tiba Muncul

3. Pakai DuckDuckGo

Google Chrome memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi pribadi detail tentang pengguna mereka yang tak tertandingi. Meskipun mereka telah mengurangi praktik privasi mereka selama bertahun-tahun, mereka masih memantau setiap tindakan penggunanya. Namun, Google bukan satu-satunya tukang intip data kamu. Hampir setiap browser lain juga melakukan hal yang sama.

Solusinya adalah dengan menambahkan lapisan perlindungan antara kamu dan browsermu. Meskipun namanya terdengar lucu, DuckDuckGo adalah mesin pencari yang serius. Ia menggunakan add-on browser untuk berdiri di antara kamu dan browsermu.

DuckDuckGo memblokir identitasmu saat kamu mencari untuk membatasi informasi yang bisa dikumpulkan oleh situs web atau aplikasi tentangmu. Kamu masih bisa mendapatkan hasil pencarian “normal” dari Google, Bing, Yahoo, atau mesin pencari lain yang kamu gunakan. Satu-satunya perbedaannya adalah bahwa mereka tidak tahu bahwa kamu yang melakukan pencarian. Keren kan!

4. Signal Private Messenger

Signal Private Messenger menggunakan enkripsi end-to-end. Bagus! Tapi begitu juga dengan WhatsApp, Telegram, dan aplikasi pesan lainnya. Apakah artinya WhatsApp bersifat pribadi?

WhatsApp dimiliki oleh salah satu pengumpul data terbesar: Facebook/Meta. Meta terus mengejar integrasi teknis antara Facebook, WhatsApp, dan Instagram, aplikasi pengumpul data lainnya dari Meta. Jadi, jawabannya adalah bahwa WhatsApp tidak bersifat pribadi, dan menggunakan WhatsApp sebagai saluran pesan privat adalah tidak sepenuhnya aman.

Kedua Facebook Messenger dan WhatsApp menyimpan pesan kamu di server di mana mereka menyelaraskan nomor telepon kamu, identitas asli, dan profil Facebook dan Instagram. Mereka tahu dengan siapa kamu berbicara dan apa yang kamu katakan.

Sementara aplikasi Signal Private Messenger tidak menyimpan atau catatan percakapan kamu, daftar kontak, atau informasi identifikasi lainnya. Ini adalah layanan pesan yang memprioritaskan privasi dengan rekam jejak yang jelas. Ini menjadi favorit jurnalis dan aktivis di seluruh dunia. Pengguna termasuk advokat privasi seperti Edward Snowden.

BACA JUGA: Cara Hapus Akun Facebook, Instagram, Twitter dan Whatsapp

Kesimpulan

Handphone kita tahu lebih banyak tentang kita daripada pasangan hidup kita. Semua informasi tentang kita tersimpan dalam perangkat yang ramping dan menarik ini yang hanya berukuran beberapa inci. Apa saran terbaik kita?

Kunci ponsel kamu. Selalu gunakan kata sandi yang kuat. Hapus aplikasi dengan izin aplikasi yang berlebihan. Gunakan VPN.

BACA JUGA: 10 Cara Mudah Sembunyikan Aplikasi di HP Android

Written by Dimas Drajat

Anak UI yang lagi membangun personal branding

Apakah legal akses konten yang diblokir dengan VPN?

Aplikasi Media Sosial Mirip Twitter Bluesky Sudah Tersedia di App Store