Cara Hapus Akun Facebook, Instagram, Twitter dan Whatsapp

Terkadang kamu hanya gunakan beberapa sosial media, sisanya dibiarkan begitu saja.

Cara Hapus Akun Facebook, Instagram, Twitter dan Whatsapp
Foto: www.today.com

Cara hapus akun Facebook, Instagram, Twitter dan Whatsapp ternyata menjadi salah satu hal yang ingin dilakukan oleh sebagian penggunanya. Beragam alasan yang menjadi sebab beberapa diantara kamu ingin memutuskan untuk menghapus akun. Jika kamu adalah salah satu yang ingin melakukannya simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Jejaring sosial Facebook, Instagram, Twitter, dan Whatsapp kini sudah tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa menghabiskan banyak waktu hanya untuk bermain media sosial. Hingga terkadang kamu bisa lupa tugas-tugas lain yang sebenarnya lebih penting.

Kini media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Whatsapp memiliki sejumlah masalah terkait dengan pelanggaran privasi penggunanya. Sebab dengan adanya jejaring sosial, privasi kamu sudah seperti tidak ada lagi. Dimana semua data-data pribadi kamu, foto-foto pribadi banyak berada di media sosial tersebut.

Pertanyaannya adalah apakah kamu akan membiarkan data-data pribadi kamu tersebar?, Jika jawabannya tidak maka sudah saatnya kamu mungkin menghapus beberapa akun sosial media yang sudah tidak kamu gunakan lagi.

Berbicara soal menghapus akun sosial media memang bukanlah hal yang mudah. Ternyata tidak semua akun media sosial menunjukkan langkah mudah kepada penggunanya untuk dapat menghapus akun di tempat mereka.

Tentu hal ini cukup beralasan, sebab pengembang jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Whatsapp tidak ingin kehilangan kamu sebagai salah satu penggunanya.

Nah, untuk itu jadiberita.com telah menyusun langkah-langkah cara hapus akun Facebook, Instagram, Twitter, dan Whatsapp yang bisa kamu simak jika ingin menghapus akun sosial media. Tentunya dengan aman dan dijamin data kamu pun juga tidak disalahgunakan.

Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Cara hapus akun Instagram

Instagram adalah salah satu layanan aplikasi jejaring sosial berbasis aplikasi. Kamu tidak diizinkan untuk melakukan banyak aktivitas jika membuka Instagram melalui browser. Jika kamu ingin menghapus akun Instagram, kamu tidak bisa melakukannya melalui aplikasi saja.

Pada aplikasi Instagram, kamu hanya diberikan opsi untuk menonaktifkan akun sementara. Artinya opsi ini hanya akan menyembunyikan profil, foto, like, dan komentar saja. Jika kamu berniat untuk hanya menonaktifkan akun Instagram sementara saja silakan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Buka instagram.com lewat HP atau ponsel.
  2. Masuk ke akun Instagram kamu.
  3. Klik gambar profil pada sudut kanan atas.
  4. Pilih Edit Profil.
  5. Untuk menghapus akun sementara, klik “Nonaktifkan Sementara Akun Saya”.
  6. Pilih alasan dari pertanyaan “Mengapa kamu menonaktifkan akun?”.
  7. Masukkan kembali kata sandi kamu.
  8. Klik “Nonaktifkan Sementara Akun Saya”.

Sementara itu jika kamu ingin berniat untuk menghapus akun Instagram kamu secara permanen. Silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Buka instagram.com/accounts/remove/request/permanent/.
  2. Masuk ke akun Instagram kamu.
  3. Pilih alasan mengapa kamu menghapus akun kamu.
  4. Masukkan kembali kata sandi kamu.
  5. Pilih “Hapus Akun Saya Secara Permanen”.

Dulu saat kamu ingin menghapus akun Instagram secara permanen diwajibkan untuk memasukkan nomor telepon. Namun kabar baiknya, kini sudah tidak diperlukan lagi.

BACA JUGA: Cara Menyembunyikan Foto Instagram dengan Mudah

2. Cara hapus akun Facebook

Banyak diantara kamu sudah menggunakan Facebook sangat lama hingga pada akhirnya kamu mungkin sudah bosan atau tidak terlalu sering aktif menggunakan Facebook saat ini. Banyak postingan-postingan pribadi kamu di masa lalu masih berada di Facebook hingga saat ini. Saat ingin menghapusnya satu persatu sepertinya terlalu banyak yang ingin kamu hapus dan cukup memakan banyak waktu.

Jika kamu pernah menonaktifkan akun Facebook, mungkin kalau diperhatikan semuanya akan kembali seperti apa adanya saat kamu ingin bermain Facebook kembali. Seolah-olah akun kamu tidak sepenuhnya di hapus oleh Facebook.

Rupanya jejaring sosial Facebook tidak akan menghapus semua data-data kamu saat pengguna hanya menonaktifkan akun. Jadi artinya menonaktifkan akun dan menghapus akun itu sama sekali berbeda di mata Facebook.

Saat kamu menonaktifkan akun, Facebook hanya menyembunyikan semua data-data akun dan informasi pribadi kamu dari pencarian dan teman kamu di Facebook. Meskipun tidak ada yang bisa melihat akun kamu, data-data kamu masih tetap tidak terhapus di server Facebook. Sehingga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, data kamu masih belum sepenuhnya aman.

Untuk kamu yang ingin menonaktifkan akun Facebook bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Dari profil utama kamu, klik account di kanan atas Facebook.
  2. Pilih “Pengaturan & Privasi”, lalu klik “Pengaturan”.
  3. Klik “Informasi Facebook kamu” di kolom kiri. Jika kamu memiliki akses Facebook ke halaman dengan pengalaman Halaman baru: Klik “Privasi”, lalu klik Informasi Facebook kamu.
  4. Klik “Penonaktifan” dan “Penghapusan”.
  5. Pilih “Nonaktifkan Akun”, lalu klik Lanjutkan ke Penonaktifan Akun dan ikuti petunjuk untuk mengkonfirmasi.

Lalu untuk menghapus akun Facebook kamu secara permanen silakan ikuti caranya sebagai berikut:

  1. Masuk ke profil Facebook kamu.
  2. Klik “ikon tanda panah bawah” yang berada di pojok kanan atas.
  3. Pilih “Pengaturan & Privasi”.
  4. Klik “Pengaturan”.
  5. Klik “Informasi Facebook” pada kolom sebelah kiri.
  6. Klik “Penonaktifan” dan “Penghapusan”.
  7. Pilih “Hapus Akun”.
  8. Klik “Lanjutkan ke Penghapusan Akun”.
  9. Klik “Hapus Akun”, Masukkan kata sandi.
  10. Klik “Lanjutkan”.

Jika kamu ingin menghapus akun Facebook tetapi tidak ingin kehilangan semua data-data penting kamu. Kamu bisa download semua data-data yang sebelumnya berada di server Facebook. Beberapa data penting yang bisa kamu download adalah semuanya termasuk foto, status, postingan, iklan yang kamu klik hingga IP yang kamu gunakan.

Cara download data kamu di Facebook bisa dengan cara mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Klik “ikon panah bawah di pojok kanan atas” beranda Facebook kamu.
  2. Pilih “Pengaturan & Privasi” Klik “Pengaturan”.
  3. Pada kolom kiri, klik “Informasi Facebook kamu” di samping, download informasi kamu.
  4. Klik “Lihat” untuk menambahkan atau menghapus kategori data dari permintaan kamu, klik “kotak di sisi kanan Facebook”.
  5. Pilih “opsi lainnya”, termasuk format permintaan unduhan kamu, kualitas foto, video, dan media lainnya, rentang tanggal informasi spesifik.
  6. Klik “Buat File” untuk mengkonfirmasi permintaan download.
  7. Setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas, permintaan kamu akan ditinjau kembali oleh Facebook dan berstatus “Menunggu Persetujuan” di bagian “Salinan Tersedia”.

BACA JUGA: 5 Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Dari Facebook

3. Cara hapus akun Twitter

Tahukah kamu membangun akun twitter itu lebih sulit daripada akun sosial media lainnya. Namun saat kamu ingin menghapus akun rupanya tidak memerlukan waktu yang lama dan termasuk mudah. Sebagai contoh bagi kamu yang ingin menghapus tweet lama kamu sekaligus, tapi tidak ingin menghapus akunnya. Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti TweetDelete.

Bagaimana caranya? silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka situs web TweetDelete pada tautan berikut ini KLIK DI SINI.
  2. Klik “Sign in with Twitter”.
  3. Klik “Autorize App”.
  4. Buka menu “Age of tweets to delete”.
  5. Pilih “tweet kapan saja yang ingin kamu hapus”.
  6. Jika kamu ingin melakukan filter untuk tidak menghapus tentang topik tertentu maka pilih menu “Only tweets containing this word/phrase”.
  7. Selanjutnya masukkan kata atau frasa target. Namun diingat, kata atau frasa tersebut harus tepat. Namun jika tidak ada pengecualian, kamu bisa mengosongi bagian ini.
  8. Kamu juga dapat menghapus tweet dengan mengatur waktu tertentu pada menu “Run this task”.
  9. Kemudian centang bagian kotak pernyataan di bawah yang menerangkan bawah kamu memahami setelah tweet dihapus, tweet tersebut tidak dapat dipulihkan.
  10. Klik “Delete my tweet”.
  11. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit untuk diselesaikan. Setelah itu seluruh tweet yang dipilih akan hilang dari akun Twitter kamu.

Lalu jika kamu ingin menghapus akun Twitter secara permanen, kamu dapat melakukannya dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka laman Twitter terlebih dahulu, kemudian login.
  2. Klik “More” kemudian “Setting and privacy”.
  3. Klik “Deactivate your account”.
  4. Baca dan pahami dulu informasi terkait penonaktifan yang akan dilakukan.
  5. Klik “Deactivate” Masukkan kata sandi kamu untuk mengonfirmasi bahwa kamu ingin melanjutkan proses penonaktifan, kemudian klik “Deactivate”.
  6. Selama 30 hari, jangan login ke dalam akun kamu, maka setelahnya Twitter akan terhapus secara permanen.

BACA JUGA: Akun Twitter yang Bisa Ramal Masa Depan Jadi Berita

4. Cara hapus akun Whatsapp

Whatsapp atau WA adalah salah satu aplikasi paling populer digunakan sebagai alat mengirimkan pesan. Sejak perannya kini menggantikan BBM messenger dulu, Whatsapp sudah menjadi salah satu aplikasi yang wajib terinstall di HP kamu.

Jika kamu berniat ingin menghapus akun Whatsapp, pastikan dulu kamu memahami akibat yang akan terjadi jika akun Whatsapp kamu telah dihapus. WA kini sudah menjadi salah satu daftar kontak yang terhubung ke teman-teman hingga saudara kamu. Jika kamu tidak menggunakan Whatsapp, pikirkanlah bagaimana kamu berkomunikasi dengan mereka.

Nah, jika sudah yakin, silakan kamu ikuti langkah-langkah cara hapus akun Whatsapp dengan mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama, silakan buka aplikasi WhatsApp di HP kalian.
  2. Cari “ikon titik tiga”, lalu klik ikon tersebut.
  3. Setelah muncul beberapa opsi, silakan klik “Pengaturan”, lalu pilih “Akun”.
  4. Kamu akan masuk ke halaman akun dan pilih “Hapus akun saya”.
  5. Lanjut masukkan nomor telepon kalian.
  6. Klik “Hapus akun saya”.
  7. Masukkan alasan kalian ingin menghapus akun WA.
  8. Klik “Hapus akun saya”.
  9. Lanjutkan lagi, untuk terakhir kalinya klik “Hapus akun saya”.

BACA JUGA: Cara Agar Isi Chat Whatsapp Kamu Nggak di Intip Orang Lain

Written by Dimas Drajat

Anak UI yang lagi membangun personal branding