Cara reset explore Instagram dengan mudah

Sobat JBers, kali ini kami akan memberikan tips tentang cara reset explore Instagram yang bisa kalian coba. Mungkin kalian pernah merasa bosan dengan tampilan explore Instagram yang kurang sesuai dengan minat kalian. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kalian bisa mencoba cara berikut ini. Simak ulasan lengkapnya sampai selesai di artikel ini.

Kami sendiri memiliki beberapa akun Instagram untuk ngatur tampilan Explore, tapi kadang dari semua akun tersebut tampilan explore di IG hasilnya masih kurang sesuai dengan apa yang kami inginkan.

Oleh karena itu kami pun mencari tahu tentang bagaimana cara reset explore instagram. Rupanya caranya bisa dibilang cukup mudah dan bisa juga kamu coba sendiri.

Secara umum kamu cukup pilih postingan yang nggak kita suka dan pilih “Tidak tertarik”, nanti algoritmanya IG bakal membuat memberikan daftar explore lainnya di IG kamu.

Selain itu kamu bisa reset explore Instagram dengan cara membersihkan riwayat pencarian kamu, membersihkan cache aplikasi Instagram kamu baik pengguna iPhone maupun Android semua bisa dilakukan.

Kami sendiri telah mencobanya sebelum menuliskan artikel ini. Dan bisa dibilang cukup berhasil.

BACA JUGA: Cara Menutup & Menghapus Akun Instagram

Cara hapus riwayat pencarian di aplikasi Instagram

Cara pertama yang bisa kamu lakukan jika ingin reset explore Instagram adalah dengan menghapus riwayat pencarian. Cara ini adalah panduan yang direkomendasikan menurut laman Instagram Help Center. Jadi di laman tersebut jelas disebutkan bahwa postingan yang muncul di halaman Explore kamu dipengaruhi oleh apa yang kamu cari serta apa yang kamu sukai dan interaksi kamu di aplikasi Instagram. Hal ini termasuk di mana kamu memberikan komentar serta postingan apa yang sering kamu bagikan.

Sehingga dengan menghapus riwayat pencarian, secara otomatis alogritma Instagram pun akan membantu mereset halaman Explore kamu. Percaya atau tidak, kami tim jadiberita.com sering melakukannya setidaknya 3 bulan sekali agar riwayat pencarian bersih dari konten-konten yang tidak diinginkan.

Berikut cara untuk mereset halaman Explore Instagram dengan menghapus riwayat pencarian.

  1. Buka aplikasi Instagram, tap menu profil kamu.
  2. Setelah masuk di profil, tap icon tiga garis horizontal yang ada di pojok kanan atas.
  3. Selanjutnya, tap Your Activity.
  4. Di halaman ini kamu akan melihat daftar aktivitas yang sudah kamu lakukan di Instagram. Tap Recents Searches.
  5. Pada halaman yang menampilkan riwayat pencarian terbaru, tap Clear All di pojok kanan atas.
  6. Pada menu pop-up, ketuk Clear All lagi untuk mengonfirmasi.
  7. Sekarang kamu telah berhasil menghapus riwayat pencarian Instagram yang akan membantu mereset halaman Explore di pembahasan berikutnya.

Membersihkan Cache Aplikasi Instagram di HP Android

Setelah kita ketahui cara menghapus riwayat pencarian di aplikasi Instagram, kini saatnya kita mulai membersihkan cache. Kali ini kita mulai dengan pembahasan khusus pengguna HP Android.

Reset Explore Instagram tidak hanya bisa dilakukan di aplikasi Instagram itu sendiri. Kami menemukan cara lain yang tidak disebutkan di halaman Instagram Help Center untuk mereset tampilan halaman Explore. Salah satu caranya adalah dengan membersihkan cache pada perangkat yang kamu gunakan.

Jika kamu bingung dengan istilah Cache, jadi cache adalah adalah data sementara yang disimpan di perangkat kamu yang memungkinkan aplikasi untuk lebih cepat dibuka dan merespons interaksi penggunanya. Dalam hal ini Instagram cache, data sementara ini mempengaruhi konten yang kamu lihat di halaman Explore.

Berikut cara membersihkan cache Instagram dan mereset halaman Explore:

  1. Buka aplikasi Settings di Android kamu.
  2. Di menu Settings, tap Apps untuk melihat semua aplikasi yang terinstal di perangkat.
  3. Scroll hingga kamu melihat aplikasi Instagram dan pilih aplikasi tersebut.
  4. Selanjutnya, tap Storage untuk melihat seberapa banyak ruang yang digunakan Instagram di ponsel kamu.
  5. Kamu akan melihat rincian tentang ruang yang digunakan yang mencakup aplikasi itu sendiri serta data cache. Pilih clear cache untuk menghapus cache Instagram.
  6. Sekarang kamu berhasil membersihkan cache Instagram di perangkat Android milikmu. Cara ini akan membantu mereset tampilan halaman Explore Instagram.

BACA JUGA: 7 Aplikasi Instagram Downloader untuk iOS dan Android

Membersihkan Cache Aplikasi Instagram di iPhone

Berbeda dengan Android, kamu tidak bisa membersihkan cache tanpa menghapus aplikasi di iPhone milikmu. Ketika kamu menghapus aplikasi dan menginstal ulang, kamu sepenuhnya membersihkan cache dan ini membantu untuk mereset bagian Explore.

Berikut cara melakukannya:

  1. Buka aplikasi Settings di iPhone kamu.
  2. Setelah itu, tap General untuk melihat pengaturan umum iPhone kamu.
  3. Di menu general, tap iPhone Storage.
  4. Di sini, kamu dapat melihat bagaimana penyimpanan itu digunakan. Scroll ke bawah dan tap Instagram.
  5. Selanjutnya, tap Delete App di bagian bawah layar.
  6. Tap Delete App lagi saat muncul untuk mengonfirmasi.
  7. Setelah kamu menghapus aplikasi, buka App Store.
  8. Di App Store, ketuk ikon kaca pembesar di pojok kanan bawah untuk dapat mencari aplikasi.
  9. Cari aplikasi Instagram.
  10. Terakhir, unduh kembali Instagram dan lanjutkan menggunakannya.

Itu dia, teman-teman, cara reset Explore Instagram di iPhone dengan menghapus aplikasi dan menginstal ulang.

Kesimpulan

Itulah ulasan singkat tentang cara reset explore Instagram yang bisa sobat JBers coba. Kita seringkali merasa bosan dengan konten yang muncul di halaman Explore Instagram karena minat kita dapat berubah dari waktu ke waktu. Dengan mereset halaman Explore Instagram, kita bisa menemukan konten baru dan postingan yang sesuai dengan minat kita serta menghilangkan postingan yang tidak diinginkan.

Seperti yang dijelaskan dalam artikel, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mereset halaman Explore Instagram dan setiap caranya cukup mudah dilakukan.

BACA JUGA: Cara Melihat Instagram Story Orang Lain Tanpa Ketahuan

Written by Tantri Widya

Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.

Pasang Gambar Lucu Tema Ramadhan 2023 di Aplikasi WA & Line

Cara Hapus Draft Video di TikTok