Don't be Captious

Cara Daftar Mudik Gratis 2023

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Table of contents

Halo Sobat JBers, pada musim mudik lebaran tahun 2023, Kementerian Perhubungan membuka program mudik gratis untuk masyarakat. Namun, ada perbedaan pada tahun ini, dimana masyarakat harus mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi.

Menurut direktur angkutan jalan, Soeharto, langkah ini merupakan yang pertama kalinya program mudik gratis harus menggunakan aplikasi untuk pendaftaran pesertanya. Hal ini disebabkan karena pengalaman tahun lalu, pendaftaran tanpa aplikasi membuat banyak masyarakat yang mendaftarkan dirinya di sejumlah tempat yang berbeda, meski orangnya sama. Akibatnya, banyak sekali bus yang telah disiapkan terjadi kekosongan penumpang.

Untuk mendaftar, masyarakat hanya perlu mendownload aplikasi di playstore atau Appstore. Soeharto juga berharap dengan pendaftaran melalui aplikasi, kejadian serupa bisa diminimalisir di tahun ini, sehingga satu orang yang sudah mendaftarkan diri berdasarkan NIK tidak bisa mendaftarkan lagi untuk tujuan lain. Bagi kalian yang ingin melakukan pendaftaran mudik gratis ini mulai dibuka dari tanggal 13 Maret 2023 hingga 14 April 2023.

Syarat Mudik Gratis 2023

Berikut adalah persyaratan bagi masyarakat yang berminat menjadi peserta mudik gratis 2023 dari Kemenhub.

  1. Peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah saat mendaftar, baik kartu tanda penduduk atau KTP, Surat Izin Mengemudi atau SIM, atau kartu keluarga.
  2. Peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik. Peserta yang mengikuti mudik dan balik atau pulang pergi, maka pendaftaran arus balik dilakukan bersamaan dengan pendaftaran arus mudik.
  3. Peserta hanya diberikan waktu selama 7 hari setelah tanggal pendaftaran untuk melakukan registrasi atau validasi ulang di posko yang telah ditentukan.
  4. Setelah lewat dari 7 hari dan peserta tidak melakukan validasi ulang, maka dianggap gugur atau hangus dan tidak diperbolehkan mendaftar ulang.
  5. Peserta yang mudik balik dengan sepeda motor wajib membawa kelengkapan surat kendaraan penyerahan motor sesuai tanggal yang ditentukan atau H-1 sebelum tanggal seremonial bus.
  6. Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani saat keberangkatan arus mudik atau balik. Peserta wajib datang minimal 1 jam sebelum keberangkatan. Setelah mendaftar pada aplikasi, peserta diharuskan untuk menyiapkan bukti tiket mudik gratis berupa kode QR. Nantinya, peserta yang sudah mendapatkan e-tiket berupa kode QR tersebut harus datang ke lokasi validasi untuk mendapatkan tiket.

[adace-ad id=”160792″]

[adace-ad id=”160792″]

Latest article