Cara Share Screen Aplikasi Whatsapp di Android

Tantri

Sobat JBers, aplikasi WhatsApp adalah salah satu aplikasi paling puler di dunia untuk urusan berbagi pesan. Aplikasi ini sudah tidak bisa dilepaskan lagi dari kehidupan sehari-hari. Pada kesempatan kali ini aku akan berbagi tentang fitur baru di aplikasi WhatsApp yang memungkinkan kamu untuk share screen ke sesama pengguna lainnya.

Menurut info yang aku kutip melalui pocket-lint.com, fitur share screen di WhatsApp bisa kamu nikmati secara resmi mulai tanggal 8 Agustus 2023. Artinya saat ini fitur ini sudah bisa kamu nikmati secara resmi. Tentunya kamu harus melakukan update di aplikasi WhatsApp kamu dengan versi yang terbaru.

Cara share screen WhatsApp di Android

Untuk kamu pengguna perangkat Android, kamu bisa menggunakan fitur share screen di aplikasi WhatsApp dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama lakukan panggilan video atau grup dengan kontak kamu di WhatsApp
  2. Lalu saat panggilan video berlangsung, akan muncul icon bertanda screen-sharing
  3. Tap Mulai sekarang untuk memulai share screen atau berbagi layar di WhatsApp Android

Cara share screen WhatsApp di iPhone

Bagi kamu user iPhone, kamu juga bisa mencoba fitur share screen di WhatsApp dengan mengikuti panduan berikut ini:

  1. Lakukan panggilan video atau grup dengan kontak di WhatsApp
  2. Setelah panggilan video berlangsung, ketuk icon bertanda screen-sharing untuk memulai berbagi layar
  3. Ketuk Mulai sekarang untuk memulai share scren atau berbagi layar di WhatsApp iPhone

BACA JUGA: Cara Mudah Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus Tanpa Backup

Cara Mengatasi Fitur Share Screen Error di WhatsApp

Sebagai fitur baru yang baru rilis, tentunya fitur share screen di WhatsApp mengalami error saat kamu gunakan. Namun jangan khawatir, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba saat mengalami error di fitur ini.

1. Memperbarui WhatsApp ke Versi Terbaru

Langkah pertama yang harus kamu coba saat mengalami masalah share screen error di WhatsApp adalah memastikan bahwa kamu menggunakan versi terbaru dari aplikasi ini. Pembaruan perangkat lunak terbaru sering kali mengandung perbaikan bug dan peningkatan keamanan yang dapat memengaruhi kinerja fitur berbagi layar.

2. Periksa Koneksi Internet Kamu

Koneksi internet yang tidak stabil dapat menjadi penyebab utama masalah share screen error. Pastikan kamu terhubung ke jaringan Wi-Fi yang kuat atau memiliki sinyal seluler yang cukup baik. Sebaiknya hindari berbagi layar jika kamu berada dalam kondisi jaringan yang lemah.

3. Aktifkan Izin Akses

WhatsApp memerlukan izin akses untuk menggunakan fitur berbagi layar. Pastikan kamu telah memberikan izin ini ke aplikasi WhatsApp di pengaturan perangkat kamu. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan di perangkat kamu.
  2. Pilih Aplikasi atau Aplikasi Terinstal.
  3. Cari WhatsApp dalam daftar aplikasi dan ketuk.
  4. Gulir ke bawah dan temukan opsi Izin.
  5. Pastikan izin akses Kamera, Mikrofon, dan Penyimpanan diaktifkan.

4. Tutup Aplikasi Lain

Beberapa aplikasi lain yang berjalan di latar belakang dapat mengganggu fitur berbagi layar WhatsApp. Pastikan untuk menutup semua aplikasi yang tidak diperlukan sebelum kamu mencoba berbagi layar.

5. Reboot Perangkat Kamu

Kadang-kadang, masalah teknis dapat diatasi dengan rebooting perangkat kamu. Ini akan membersihkan sementara semua proses dan dapat membantu memulihkan fungsi normal WhatsApp.

6. Hubungi Dukungan WhatsApp

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, kemungkinan kamu menghadapi masalah teknis yang lebih serius. Dalam hal ini, sangat disarankan untuk menghubungi dukungan WhatsApp atau mencari bantuan dari komunitas pengguna WhatsApp secara online.

BACA JUGA: 17 Trik Rahasia WhatsApp untuk Pengguna Android

Bagikan:

Tantri

Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.