Trovant, Batu yang Bisa Tumbuh Besar

Siapa sangka, ada sebuah batu yang bisa tumbuh besar di dunia ini. Ya, batu itu bernama Trovant. Trovant bisa ditemukan di sebuah desa kecil di Rumania, Costesti. Kata trovant sendiri merupakan sinonim untuk istilah Sandsteinkonkretionen dalam bahasa Jerman, yang berarti batuan pasir yang mengeras.

Batu-batu ini muncul di bumi setelah terjadi aktivitas seismik yang kuat. Menariknya, trovant memiliki bentuk menyerupai bola pasir. Seperti dikutip dari odditycentral, fenomena tersebut telah terjadi sejak 6 juta tahun yang lalu. Bahkan, Trovant akan terus tumbuh ketika mereka terkena air.

Trovant berukuran enam sampai delapan milimeter bisa tumbuh sampai enam sampai sepuluh meter. Hebatnya lagi, beberapa dari mereka bahkan bisa bergerak sendiri. Ada banyak teori ilmiah yang menjelaskan asal dan perilaku aneh dari Trovant. Namun, para ilmuwan percaya bahwa batu-batu itu mengandung kandungan mineral yang tinggi.

Jadi, ketika permukaannya basah, mineral itu mulai menyebar, dan menekan pasir hingga tampak membesar. Saat ini, batu-batu itu tetap menjadi daya tarik wisata yang populer di Rumania. Maka, Muzeul Trovantilator (Trovants Museum National Reserve) pun diresmikan pada tahun 2004 lalu, dan sekarang dilindungi oleh UNESCO. (nha)

Written by Janah

Simple Girl

STORY: Tega! Wanita Ini Mencuri Perhiasan Sahabatnya

Wah, Wajah Ulat Ini Mirip Hello Kitty!