Tawon: Sahabat Terbaik Manusia yang Baru!


Ahli Entomologi Melatih Serangga untuk Bertindak seperti Anjing Pengendus

Jika dihargai dengan air gula, tawon dapat dilatih dalam hitungan menit untuk mengikuti bau tertentu. Sensor penciuman di antena mereka dapat merasakan bahan kimia di udara pada konsentrasi sekecil beberapa bagian per miliar. Tawon dapat membantu biaya yang efektif dalam mencari bahan peledak, bahan kimia beracun, dan bahkan jamur pada tanaman.

ATHENS, Ga. â?? Tawon bukanlah teman terbaik manusia â?? mungkin mereka adalah yang terburuk. Tetapi ketika mereka datang untuk mencium masalah, para ilmuwan percaya bahwa mereka mungkin lebih baik daripada anjing. Mereka mengusir penyusup, melacak penjahat, menemukan bom dan mendeteksi bahan kimia beracun, tetapi anjing secepatnya dapat digantikan oleh tawon. Mereka memiliki deteksi bau yang sama sensitif sebagaimana anjing dan saat ini sedang dilatih untuk mengendus masalah.

“Keuntungan dari tawon di atas seekor anjing adalah Anda dapat menghasilkan mereka dalam jumlah ribuan. Mereka benar-benar murah dan Anda dapat melatih mereka dalam hitungan menit,â? kata Joe Lewis, seorang ahli entomologi penelitian di University of Georgia kepada DBIS.

Beliau dan seorang enjinir Biologi dan Pertanian Blen Rains melakukannya seperti itu. Sensor penciuman pada antena tawon dapat mencium bau bahan kimia dalam konsentrasi sekecil beberapa bagian per miliar di udara.

“Sejauh ini, mereka telah mampu mendeteksi, untuk tingkat tertentu, setiap bahan kimia yang telah kami latih kepada mereka,â? kata Rains pada DBIS.

Pelatihan sederhana dan cepat. Tawon diberi makan air gula. Pada saat yang bersamaan mereka diperkenalkan dengan sebuah bau selama 10 detik. Proses ini diulang dua kali lagi. Lewis mengatakan, â??Kita dapat melatih tawon dalam hitungan 10 hingga 15 menit.â? Sebagai contoh, sekumpulan tawon dilatih untuk mendeteksi bau kopi. Ketika mereka dimasukkan ke dalam wadah yang sederhana, web cam kecil mengamati tindakan mereka. Ketika bau jeruk dipompa ke dalam pipa, tidak ada reaksi. Tetapi ketika itu adalah kopi, tawon akan berkerumun di sekitar bau.

Sejauh ini, Rains dan Lewis belum menemukan apapun mengenai tawon tidak bisa dilatih untuk mendeteksi. Mereka dapat dilatih untuk mendeteksi apapun dari obat-obatan hingga manusia hingga jamur atau tanaman pertanian. Mereka suatu hari bahkan akan bisa mendeteksi penyakit mematikan seperti kanker.

LATAR BELAKANG: Para ilmuwan dari University of Georgia dan USDA Agricultural Research Service melatih tawon untuk mendeteksi tanda bau dari bahan peledak yang tersembunyi, obat-obatan dan manusia, dan mungkin suatu hari suatu penyakit tertentu seperti kanker. Mereka saat ini sedang menyelidiki apakah mungkin untuk melatih nyamuk sebagai detektor bau yang hidup juga, dan berencana untuk akhirnya mempelajari serangga lain dengan kemampuan mengendus yang sangat baik, seperti lebah madu dan ngengat.

BAGAIMANA CARA KERJANYA: Para ilmuwan Georgia telah membangun sebuah perangkat yang mereka sebut dengan Tawon Pemburu (Wasp Hound): sebuah perangkat pendeteksi bau dengan harga sekitar $60. Perangkat tersebut terbuat dari tabung PVC kecil berisi lima tawon yang dapat dilatih untuk mendeteksi berbagai bau target dalam beberapa menit. Perangkat ini memiliki kipas di bagian atasnya, yang menarik bau ke dalam tabung melalui sebuah filter. Jika tawon menangkap bau apapun yang mereka telah dilatih untuk menciumnya, mereka akan berkerumun di sekitar lubang di filter tersebut.

Sebuah web cam di dalam tabung tersambungkan ke sebuah computer, yang memberikan peringatan kepada operator untuk reaksi tawon dengan bunyi beep atau lampu berkedip. Tawon Pemburu dapat digunakan oleh petani untk memantau tanaman terhadap penyakit dan hama, atau untuk memeriksa bahan peledak di aplikasi keamanan Bandar Udara; untuk membantu dokter memantau penyakit, atau bahkan untuk usaha pertahanan mencari ranjau darat yang terkubur.

KEUNGGULAN: Tidak seperti anjing dan sensor elektronik yang lebih umum digunakan saat ini, tawon murah dan sekali pakai. Biayanya hanya sen dan memakan waktu hanya hitungan menit untuk melatih mereka: Beri makan mereka air gula sambil memperkenalkan mereka pada suatu bau target selama 10 detik; beri mereka istirahat 30 detik, ulangi proses dua kali lebih banyak, dan mereka benar-benar telah dilatih untuk melacak bau tunggal.

TENTANG TAWON: Tawon memiliki sensor penciuman pada antena yang mereka gunakan untuk tetap hidup. Sebagai contoh, satu kecenderungan dari tawon bertelur di dalam suatu varietas spesifik ulat. Serangga tertarik dengan ulat karena bahan kimia yang dikeluarkan oleh tanaman sebagaimana ulat banyak pada mereka – sejenis sinyal SOS dari tanaman. Hal ini juga bagaimana tawon menarik pasangan. Tawon bisa merasakan bahan kimia dalam konsenrasi yang sangat kecil sebagai bagian per miliar di udara ý kisaran yang sama dimana anjing dan sensor kimia sensitif. Beberapa spesies dapat mengambil aroma pada konsentrasi serendah satu bagian dalam seribu miliar, dimana seratus ribu kali lebih lemah dari konsentrasi yang terdeteksi oleh â??hidung elektonikâ? komersial.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak